//
Anda membaca...

Alamat dan Jam Buka Museum Tsunami Banda Aceh

Alamat dan Jam Buka Museum Tsunami Banda Aceh

Museum Tsunami

Museum Tsunami Aceh dengan alamat lokasi di Sultan Iskandar Muda, Banda Aceh, nomor telepon 0821-63946010 dan jam buka setiap hari, diresmikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 23 Februari 2009 dengan arsitek Ridwan Kamil (Walikota Bandung sekarang). Museum ini terdiri dari 4 lantai dengan luas sekitar 2500 meter persegi yang dimaksudkan untuk mengenang peristiwa bencana alam, gempa bumi dan tsunami Aceh pada 26 Desember 2004 dengan korban jiwa sekitar 240 ribu jiwa. Selain sebagai sarana edukasi, museum ini juga dirancang sebagai tempat evakuasi jika bencana tsunami kembali melanda.

Keistimewaan yang ditawarkan museum ini ketika kita mengunjunginya adalah pengunjung dapat merasakan dashyatnya tsunami melalui simulasi yang memperlihatkan suasana hiruk pikuk dan kepanikan ketika bencana yang memilukan itu terjadi. Desain bangunan museum ini cukup unik dan megah baik dari tampilan bagian luar maupun dalam dimana terdapat 55 koleksi yang terdiri dari foto, alat pelage, ruang simulasi gempa dan alat peraga lainnya.

Namun banyak pengunjung yang merasa tidak puas mengunjungi museum tsunami ini dikarenakan beberapa koleksi atau alat peraga tidak berfungsi dengan baik dikarenakan perawatan kurang maksimal dan ulah tangan jahil. Museum dengan harga tiket masuk gratis ini memang hanya dikelola dengan jumlah pegawai yang sedikit dengan honor yang rendah.

« Sebelumnya Berikutnya »

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s