//
Anda membaca...

Sejarah dan Letak Taman Putroe Phang di Aceh

Sejarah dan Letak Taman Putroe Phang di Aceh

Taman Putroe Phang

Taman Putroe Phang dengan letak lokasi di Teuku Umar, Kota Banda Aceh merupakan tempat wisata sejarah yang dengan mudah dijangkau pengunjung. Sejarah taman ini mirip dengan monument Taj Mahal di India dimana taman ini dibangun oleh Sultan Iskandar Muda (1608-1636) untuk permaisurinya yang paling terkenal, Putri Kamalia dari Kerajaan Pahang, Malaysia yang dikenal dengan sebutan Putroe Phang. Taman ini dapat disebut sebagai simbol hubungan sejarah yang harmonis antara Aceh dan Malaysia.

Desain taman ini memang didasarkan akan kerinduan Putri Pahang akan kampung halamannya sehingga dibangun seperti taman sari dimana disekelilingnya terdapat bukit hijau yang indah dimana terdapat pintu khop (penghubung taman dan istana) dan kolam pemandian untuk sang permaisuri yang dikenal penasihat sultan dalam bidang pemerintahan serta pemrakarsa terciptanya hukum untuk perlindungan anak dan wanita.

Sebagai tempat wisata dan sarana belajar sejarah, Taman Putroe Phang selalu mengadakan pertunjukan seni pada akhir pekan. Tempat ini juga salah satu lokasi yang cocok untuk hunting foto di Banda Aceh. Tiket masuk mengunjungi tempat bersejarah ini adalah gratis.

« Sebelumnya Berikutnya »

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s