//
Anda membaca...
Hiburan

Daftar 15 Film Korea Terbaik Sepanjang Masa

Anda mungkin dapat berdebat film Korea manakah yang terbaik sepanjang masa dengan genre komedi, drama, romantis, action dan lainnya. Daftar 15 film dibawah ini diperoleh bukan berdasarkan parameter atau kriteria yang memperoleh pemasukan terbesar (baca Wikipedia), memenangi penghargaan dari beberapa festival atau dianggap paling bagus oleh kritikus film, tetapi berdasarkan film yang paling banyak dicari di Google dan banyak mendapat ulasan dari berbagai situs di Internet.

Kepopuleran film Korea di dunia tidak terlepas dari momen Korean wave (hallyu) yang terjadi pada tahun 1990-an hingga sekarang, dimana terjadi suatu neologisme yang meningkatnya popularitas budaya Korea Selatan di seluruh dunia. Korean wave awalnya berlangsung karena makin terkenalnya drama televisi Korea yang disebut K-dramas di Asia Timur dan Asia Tenggara. Kemudian hal ini menjadi fenomena, termasuk dengan populernya film bioskop dan video musik pop Korea terutama di Youtube dan menjadi favorit anak muda serta remaja di Amerika Latin, India, Timur Tengah, Afrika Utara dan imigran di dunia barat.

Film Korea Selatan pernah mencapai zaman emasnya pada periode tahun 1953-1973 karena Presiden saat itu Syngman Rae mengeluarkan kebijakan tanpa pajak pada film. Film paling terkenal pada saat itu adalah Chunhyang Jeon yang diproduksi tahun 1955 dan The Housemaid pada tahun 1960. Pada periode tahun 1973-1979, merupakan momen terburuk untuk dunia perfilman Korea karena faktor kualitas dan serbuan film barat di bioskop lokal.

Pada akhir tahun 1990-an, pemerintah Korea mengeluarkan kebijakan untuk membatasi jumlah film asing yang beredar di bioskop setiap tahun serta kuota film domestik ditambah di televisi dan jaringan TV kabel. Sejak saat itu film Korea menjadi tuan rumah di negeri sendiri mengalahkan film Box Office Amerika di pasar lokal. Beberapa film dari negeri ginseng ini memang terkenal akan kualitasnya, terbukti dengan banyaknya yang mendapat penghargaan internasional seperti pada tahun 2012 dimana film Pietà yang mendapatkan penghargaan tertinggi Golden Lion pada Festival Film Venice.

Jika anda tidak suka atau belum pernah menonton film Korea dan berniat menontonya, ada baiknya anda membaca daftar film yang menjadi rekomendasi banyak orang dibawah ini. Klik gambar untuk mengetahui lebih rinci termasuk alur cerita (sinopsis) dan info lainnya.

Selain 15 film diatas, film lainnya juga layak dijuluki sebagai film Korea terbaik sepanjang masa, diantaranya adalah 200 Pounds Beauty (2006), A Millionaire’s First Love (2006), The Berlin File (2013), The Man from Nowhere (2010), Silmido (2003), The Thieves (2012), King and the Clown (2005) dan lainnya. Baca juga informasi tentang film animasi dan romantis Hollywood terbaik.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: