//
Anda membaca...

Sinopsis Film Animasi The Wind Rises (2013)

Sinopsis Film Animasi The Wind Rises (2013)

The Wind Rises (2013)

The Wind Rises (2013) merupakan film drama animasi Jepang, yang ditulis dan disutradarai oleh Hayao Miyazaki berdasarkan biografi fiksi Jiro Horikoshi (1903-1982) yang merupakan perancang pesawat tempur Mitshubishi A5M yang digunakan Jepang selama Perang Dunia ke-2. Film ini merupakan yang terlaris pada tahun 2013 yang mendapatkan pujian dan penghargaan termasuk nominasi film animasi terbaik pada ajang Academy Award.

Sinopsis Singkat
Pada tahun 1918, Jiro Horikoshi seorang anak laki-laki bermimpi menjadi pilot pesawat tempur namun terkendala oleh penglihatannya yang buruk. Setelah membaca majalah penerbangan, Jiro memimpikan seorang perancang pesawat asal Italia yang bernama Caproni yang mengatakan kepadanya bahwa membangun pesawat terbang lebih baik dari sekedar mengemudinya.

Beberapa tahun kemudian, Jiro bekerja di industri pesawat terbang, Mitsubishi dan menjadi salah anggota tim perancang. Dia dikirim ke Jerman untuk melakukan penelitian dan memperoleh lisensi untuk membuat pesawat terbang Junkers. Tahun 1932, dia kemudian dipromosi menjadi kepala perancang untuk ikut serta dalam kompetisi pesawat tempur yang disponsori oleh angkatan laut namun berakhir dengan kegagalan.

Jiro kemudian mengunjungi sebuah resor panas dan bertemu Naoko, teman yang dikenalnya di Universitas Tokyo. Mereka segera bertunangan namun karena Naoko mengidap TBC, dia menolak menikah sampai dia sembuh. Namun Jiro bersikeras menikahinya dalam sebuah pernikahan tradisional ala Jepang.

Jiro akhirnya menghasilkan rancangannya pesawat tempur Mitsubishi A5M yang berhasil dalam uji coba penerbangan. Karena merasa mau meninggal dunia, Naoko secara rahasia kembali ke sanitorium dan meninggalkan surat untuk suaminya. Setelah Jepang kalah Perang Dunia II, Jiro bermimpi berkomunikasi dan meminta maaf kepada Caproni karena pesawat terbang buatannya digunakan untuk perang.

« Sebelumnya Berikutnya »

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s