//
Anda membaca...
Hiburan

Daftar 9 Film India Terlaris Sepanjang Masa

Inilah daftar 9 film India atau Bollywood terlaris dan terbaik sepanjang masa yang ditunjukkan dengan pemasukan terbesar yang diperoleh dari seluruh dunia. Hum Aapke Hain Koun..! (1994) merupakan film pertama yang memperoleh pemasukan di atas $1 juta.

Bollywood merupakan sebutan untuk film berbahasa Hindi, yang terletak di Kota Mumbai atau Bombay. Secara etimologi, Bollywood gabungan dua kata, Bombay dan Hollywood, pusat industri film Amerika walaupun keduanya tidak mempunyai tempat secara fisik. Sebutan ini digunakan mulai tahun 1970-an ketika India mengalahkan Amerika sebagai produsen film terbanyak di dunia. Film pertama Bollywood adalah Raja Harishchandra (tahun 1913) yang juga merupakan film bisu pertama diproduksi di India. Sedangkan film pertama dengan suara adalah Ardeshir Irani’s Alam Ara (1931) yang sukses secara komersil.

Masa keemasan perfilman India terjadi pada periode setelah negara ini merdeka yaitu mulai akhir 1940-an hingga 1960-an. Sebagian besar film yang ada pada masa itu mengambil tema cerita social khususnya yang menyangkut kehidupan kelas pekerja disana, seperti film Awaara (1951) and Shree 420 (1955). Sementara untuk periode film modern yang dimulai tahun 1970-an hingga sekarang banyak mengambil tema cinta dan aksi serta cenderung melodrama. Industri film India sekarang ini memang lebih menyukai tema yang dapat diterima semua segmen masyarakat dan jarang sekali membuat film untuk kalangan tertentu.

Menurut Gokulsing dan Dissanayake dalam bukunya yang berjudul Indian Popular Cinema: A Narrative of Cultural Change, ada 6 faktor utama yang mempengaruhi perkembangan dunia perfilman dan bioskop India yaitu cerita epik kuno India (Mahabharata dan Ramayana), Kesusastraan Sanskerta, cerita rakyat, teater Parsi, Hollywood (dimana film musikal sangat popular pada periode 1920-1950) dan televisi musik barat (MTV).

Hampir semua film Bollywood memang berbau musikal dimana terdapat lagu dan tarian dalam beberapa adegan. Jadi kesuksesan film di negara ini bergantung juga kualitas musik yang ditawarkan. Bahkan untuk meningkatkan jumlah penonton bioskop, musik film tersebut dirilis terlebih dahulu sebelum film beredar di bioskop. Namun secara umum, sekarang ini film India cenderung mirip seperti Hollywood karena India memang dikenal sebagai negara yang menggunakan Bahasa Inggris dan pengaruh budaya barat.

Berikut adalah daftar 9 film India yang memegang rekor sebagai yang terlaris dimana Dhoom 3 menjadi yang tersukses secara komersial seperti yang dirilis oleh Wikipedia. Klik gambar untuk mengetahui info lebih rinci termasuk cerita atau sinopsis.

Dari 9 film diatas, 4 diantaranya dibintangi oleh Salman Khan yang memang dikenal sebagai ikon Bollywood untuk film laga (action). Baca juga info tentang film Korea terbaik dan film Hongkong terlaris.

Diskusi

3 respons untuk ‘Daftar 9 Film India Terlaris Sepanjang Masa’

  1. I like it

    Posted by bermainapi32 | Mei 16, 2014, 6:30 am
  2. Thanks

    Posted by Anita Khumaida | Juli 17, 2014, 9:39 pm
  3. Aamir Khan, u’re the best actor 🙂

    Posted by Hasan | September 14, 2014, 1:56 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: