//
Anda membaca...
Olahraga

Daftar Stadion Untuk Piala Dunia 2014 Brazil

Inilah daftar stadion yang akan digunakan atau dipersiapkan sebagai venue Piala Dunia 2014 di Brazil lengkap dengan fotonya termasuk untuk partai pembukaan dan final. Berlangsung dari tanggal 12 Juni hingga 13 Juli 2014, ini merupakan kedua kalinya bagi Brazil menyelenggarakan Piala Dunia, dimana pertama kali pada tahun 1950. Sebenarnya ada 18 lokasi yang dipersiapkan untuk kota tuan rumah namun hanya 12 kota yang terpilih yaitu Belo Horizonte, Brasília, Cuiabá, Curitiba, Fortaleza, Maceió, Manaus, Natal, Porto Alegre, Recife, Rio de Janeiro, Salvador dan São Paulo.

FIFA awalnya menyarankan satu kota boleh memiliki tidak lebih 2 stadion sehingga jumlah kota yang menjadi tuan rumah hanya berkisar 8 hingga 10. Namun proposal dari Ricardo Texeira, yang merupakan presiden dari CBF (Konfederasi Sepak Bola Brasil) diterima FIFA pada Desember 2018 sehingga terdapat 12 kota tuan rumah yang masing-masing menyumbang satu stadion (lihat peta kota penyelanggara dibawah).

Peta 12 Kota Penyelenggara Piala Dunia 2014 Brazil

Peta 12 Kota Penyelenggara

Dua belas kota penyelanggara ini memang tersebar merata di wilayah Brazil, lebih baik daripada Piala Dunia tahun 1950 yang berpusat di bagian tenggara dan selatan. Namun hal ini membuat tim peserta membutuhkan jarak perjalanan yang jauh untuk mencapai tiap kota penyelenggara. Total dana yang dihabiskan untuk membangun proyek stadion ini adalah $3,47 Juta, yang semuanya berasal dari pemerintah Brazil dimana 5 diantaranya merupakan stadion baru.

Stadion Nasional Brasília Mané Garrincha yang terletak di Brasilia dihancurkan dan dibangun ulang sementara 6 stadion lain direnovasi. Stadion Maracanã yang pernah memegang rekor jumlah penonton terbanyak (199.854 orang) pada final Piala Dunia 1950 antara Uruguay dan Brazil menjadi stadion terbesar dan merupakan penyelenggara final turnamen ini. CBF (PSSI-nya Brazil) sebenarnya menginginkan Stadion Morumbi sebagai penyelenggara pertandingan pembuka namun digantikan oleh Arena Corinthians karena masalah keuangan.

Stadiun baru pertama adalah Castelão, yang terletak di Fortaleza, Ceará dan beroperasi sejak Januari 2013. Enam stadion sudah digunakan dalam pertandingan Piala Konfederasi yaitu Mineirão, Arena Pernambuco, Stadion Nasional Mané Garrincha, Arena Fonte Nova, Castelão dan Stadion Maracanã. Berikut adalah daftar lengkap stadion yang akan digunakan dalam perhelatan Piala Dunia 2014, Brazil. Klik gambar untuk mengetahui info lebih rinci termasuk kapasitas dan letak lokasi.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: