Iklan
//
Anda membaca...
Hiburan

Daftar 12 Film Gangster Terbaik Sepanjang Masa

Inilah daftar film gangster atau mafia terbaik sepanjang masa di dunia dimana keseluruhannya merupakan produksi Hollywood dengan bintang terkenal seperti Robert De Niro dan Al Pacino. AFI atau American Film Institute memberi definisi untuk film gangster sebagai genre yang berpusat pada kelompok kriminal terorganisasi dalam seting abad ke-20. Film ini biasanya di setting dalam suasana kota yang erat hubungannya dengan dunia malam.

Film gangster pertama adalah The Black Hand yang diproduksi tahun 1906 pada era film bisu kemudian diikuti oleh The Musketeers of Pig Alley yang menceritakan kejahatan di jalanan Kota New York. Pada tahun 1930-an, alur cerita film genre ni mulai berkembang dengan mengkombinasi sudut pandang politik dengan masalah ekonomi dan sosial. Popularitas film gangster dimulai pada tahun 1970-an dimana muncul salah satu film mafia fenomenal, The Godfather yang diadaptasi dari novel karya Mario Puzo yang diikuti oleh dua sekuelnya sehingga menjadi trilogy.

Pada tahun 1990-an, banyak film yang diproduksi berdasarkan kisah kejahatan sebenarnya dari sudut pandang pelaku. Film ini membuat beberapa nama aktor semakin terkenal dan identik dengan film mafia seperti Al Pacino, Robert De Niro, Joe Pesci dan Chazz Palminteri dimana pada decade ini muncul film yang terkenal seperti Goodfellas yang diadaptasi dari kisah nyata keluarga mafia Lucchese. Nama Al Pacino juga mencapai popularitas pada masa ini dengan membintangi film Carlito’s Way, Donny Brasco dan The Godfather III (1990).

Pada era tahun 2010-an, tren film gangster lebih fokus pada kehidupan mafia pasca Perang Dunia II dan masa pelarangan peredaran minuman beralkohol di Amerika Serikat seperti yang menjadi tema film Lawless (2012), dimana film ini berkisah tentang tiga bersaudara yang menjalankan bisnis minuman keras illegal selama tahun 1920-an. Film gangster yang terkenal terakhir diproduksi adalah Gangster Squad (2013) yang mengangkat kisah polisi dan detektif LAPD yang mencoba membuat kota Los Angeles aman dari kelompok mafia yang dipimpin Mickey Cohen.

Lalu bagaimana dengan film gangster di negara lain? Di Hong Kong sendiri, genre ini sudah ada sejak era hitam putih, tahun 1950-an dan mulai terkenal sejak tahun 1970-an dimana temanya banyak mengangkat aktivitas judi illegal, penyeludupan dan perang antar pemimpin mafia (triad) seperti yang diusung film The Duel (1971). Di Bollywood (India), film gangster mulai populer sejak tahun 2000-an walaupun tema ini jarang dipilih oleh sineas karena fokus ke genre drama atau komedi romantis.

Berikut ini adalah 12 film gangster terbaik sepanjang masa di dunia seperti yang dirilis oleh filmsite.org dan imdb.com. Klik gambar untuk mengetahui sinopsis, pemeran utama, sutradara dan info lainnya.

Iklan

Diskusi

One thought on “Daftar 12 Film Gangster Terbaik Sepanjang Masa

  1. The Godfather

    Posted by lbbmpc | Desember 31, 2014, 4:09 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Iklan

Berita Terbaru: Aneka Info Unik

Kami tidak dapat memuat data blog saat ini.

%d blogger menyukai ini: