//
Anda membaca...
Permainan

Profil Honinbo Shusaku, Legenda Permainan Go Jepang

Gambar Honinbo Shusaku Sebagai Doodle Google

Banyak orang yang penasaran dan mencari informasi dan profil lengkap Honinbo Shusaku, sang legenda permainan catur ala Jepang, Go, setelah Google menampilkan gambarnya dalam Doodle mesin pencarinya untuk memperingati hari ulang tahun ke-185 tokoh terkenal ini. Siapakah beliau sehingga warga dunia harus tahu dan apa yang telah dilakukannya?

Honinbo Shusaku merupakan pemain professional permainan Go (Igo, go, weiqi, atau baduk) dan termasuk legenda atau terbaik pada zaman keemasan permainan ini pada petengahan abad ke-19. Berikut adalah pembahasan mengenai sosok Honinbo Shusaku yang diperoleh dari berbagai sumber online seperti theguardian.com dan Wikipedia.org.

DAFTAR ISI
1. Biografi Singkat
2. Kehidupan Awal
3. Puncak Karir
4. Kompetisi Sanjubango
5. Kematian

.

Biografi Singkat

Honinbo Shusaku mendapat julukan dengan nama “tidak terkalahkan” karena meraih skor sempurna dengan 19 kemenangan berturut-turut dalam sebuah kompetisi atau turnamen tertinggi permainan go. Walaupun demikian, banyak pengamat mengatakan bahwa Shusaku tidak sehebat gurunya, Honinbō Shuwa. Shusaku selalu menolak untuk bertanding melawan gurunya dengan alasan menghormatinya. Lawan yang paling hebat dianggap Shusaku adalah Ōta Yūzo walaupun gurunya dengan mudah mengalahkannya. Sebenarnya hanya dua orang di dunia ini yang mendapatkan gelar Kisei (gelar tertinggi dalam permainan go) yaitu Shusaku dan Honinbō Dosaku.

Kembali ke halaman atas

.

Kehidupan Awal

Honinbo Shusaku lahir pada tanggal 6 Juni 1829, di Pulau Innoshima, Hiroshima, Jepang dengan nama Kuwabara Torajiro karena ayahnya bernama Kuwabara Wazo, seorang saudagar kaya. . Asano Tadahiro, pemilik istana Mihara merupakan orang pertama yang memperkenalkannya pada permainan go dimana Honinbo Shusaku diperbolehkan dilatih oleh guru privadi Asano, Hoshin, seorang pemain professional. Pada usia 8 tahun, Shusaki hampir menjadi pemain professional. Dia meninggalkan rumah untuk belajar di sekolah Honinbo (sekolah yang dikenal menghasilkan pemain go papan atas). Pada tanggal 3 Januari 1840, beliau mendapat gelap diploma pertamanya, Shodan.

Kembali ke halaman atas

.

Puncak Karir

Pada tahun 1840, Shusaku meninggalkan Edo (nama Tokyo zaman dulu) dan kembali ke kampung halamanya selama beberapa tahun. Selama periode itu, peringkatnya naik dan mencapai posisi level ke-4 pada tahun 1844. Pada tahun 1846, dia kembali ke Kota Edo dan bertanding melawan Gennan Inseki, pemain terhebat pada zaman itu dan mengalahkannya dengan selisih dua angka. Akhirnya Shusaku promosi ke level 5 dan mendapat gelar Honinbo Shuwa serta berhak menjadi kepala Rumah Honinbo.

Setelah itu, peringkat Shisaku menanjak terus dan mencapai level 7 pada sekitar tahun 1849-1853. Setelah mengalahkan rival berat sekaligus sahabat akrabnya, Ōta Yūzo , dia dianggap sebagai pemain terhebat pada masa itu, selain gurunya, Shuwa.

Kembali ke halaman atas

.

Kompetisi Sanjubango

Sanjubango merupakan kompetisi permainan Go dimana dua pemain memainkan 30 games yang melibatkan pertandingan antara Honinbo Shusaku (usia 24 tahun dan level 6) and Ota Yuzo (berusia 46 tahun dan level 7) yang dimulai pada tahun 1853. Game ini dimainkan satu kali seminggu, lebih cepat dari Jubango (jumlah 10 game). Ota bermain baik dan hampir selalu menang pada 10 game awal. Mulai game ke-11 Shusaku mulai bangkit dan unggul 4 games pada game ke-17. Game ke-23 dimainkan hampir 24 jam dan berakhir remis (imbang). Secara keseluruhan, pertandingan Sanjubango dimenangkan oleh Shusaku.

Kembali ke halaman atas

.

Kematian

Pada tahun 1862, wabah penyakit kolera melanda Jepang dan Shusaku menjadi penyakit pasien mematikan itu ketika dia tinggal di Rumah Honinbo. Akhirnya pada tanggal 10 Agustus, beliau menghembuskan napasnya pada usia 33 tahun. Nama Shusaku tetap melegenda sampai sekarang dan digunakan sebagai nama metode pembukaan pada game go serta menjadi inspirasi pada berbagai anime, kartun Jepang.

Kembali ke halaman atas

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: