//
Anda membaca...
Teknologi

Badai Matahari Dahsyat Tertangkap Kamera NASA

Gambar Badai Matahari Besar pada Juni 2014

NASA

Kamera pada observatorium NASA menangkap gambar yang memperlihatkan dua badai besar atau dahsyat pada matahari sekitar pukul 7.42 am ET (20.42 WIB) dan 8.52 am ET (21.52 WIB) pada hari Selasa, 10 Juni 2014. Berbahayakah hal ini untuk manusia yang tinggal di bumi atau menimbulkan dampak apa?

Ledakan kecil mungkin aja mempengaruhi komunikasi radio pada frekuensi tinggi di Bumi namun para ilmuwan NASA (Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat) mengatakan badai ini tidak mengancam makhluk hidup di bumi. Bahkan, jika menggunakan semua tenaganya, matahari tidak mampu melepaskan energi panas dalam bentuk bola api sejauh 93 juta mil ke bumi, seperti yang diberitakan cnn.com.

Badai matahari adalah semburan dahsyat radiasi yang menghasilkan gas, plasma dan material lainnya ke dalam tata surya. Radiasi badai ini memang berbahaya namun tidak dapat menembus atmosfer bumi sehingga tidak mempengaruhi manusia. Namun dengan intensitas tertentu, ledakan yang ditimbulkan dapat menganggu sinyal komunikasi dan GPS di bumi.

Klasifikasi Badai Matahari

Badai matahari pertama diklasifikasikan sebagai badai kelas X2.2 yang biasanya berwarna lebih terang. Seperti gempa bumi dan tornado, para ilmuwan mengklasifikasikan badai matahari berdasarkan ukuran. Kelas X termasuk berukuran besar dan dapat memicu matinya sistem komunikasi radio. Kelas badai lain adalah M untuk ukuran medium dan C untuk ukuran kecil yang sangat jarang menimbulkan dampak pada bumi. Sementara untuk ukuran terkecil lainnya adalah kelas B dan A. Kelas terbesar adalah Z yang menghasilkan energy lebih besar dari 1/1000 W per meter persegi atau 40 kali lebih besar dari X1.

Angka pada pengelompokan kelas badai menyatakan kekuatan badai. X2 artinya dua kali lebih besar intensitasnya dibandingkan X1 sedangkan X3 berarti tiga kali lebih kuat. Ledakan pada badai matahari dapat berukuran beberapa kali lipat dari ukuran bumi. Badai kedua yang terjadi diklasifikasi sebagai kelas X1,5. Gambar atau citra ini dipotret Observatorium Dinamika Matahari Nasa yang selalu mengamati matahari selama 24 jam.

Badai matahari memang hal tidak biasa dimana aktivitas ini meningkat selama beberapa tahun terakhir. NASA telah mencatat beberapa badai yang terjadi dengan ukuran besar dan medium pada tahun 2004. Badai matahari terbesar yang tercatat pada tahun 1859 dimana kekuatannya diklasifikasikan sebagai X40 atau kelas Z.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: