//
Anda membaca...
Olahraga, Teknologi

Teknologi Baru dan Canggih pada Piala Dunia 2014

Inilah beberapa penerapan atau perangkat teknologi baru yang canggih yang digunakan pada Piala Dunia 2014 di Brasil yang membuat turnamen ini penuh dengan inovasi mulai dari pakaian pemain yang dirancang agar pemain nyaman dan tetap sejuk, sepatu yang mengoptimalkan kecepatan dan skill, perangkat cat semprot yang digunakan wasit, teknologi garis gawang dan penggunaan teknologi digital serta aplikasi yang keren pada smartphone (Android dan iOS) untuk supporter sepakbola.

Teknologi pertama yang mendapat perhatian adalah Brazuca (baca nama bola untuk Piala Dunia 2014) karena akan digunakan dalam setiap menit pertandingan sepakbola turnamen ini. Bola ini terbuat dari 6 panel material polimer Poliuretana datar putih berbentuk baling-baling yang lalu diwarnai dan direkatkan pada kantong karet berbentuk bola. Jahitan disegel, bola dipanaskan, dan dikompresi untuk menghasilkan bentuk yang sempurna. Bola seharga $160 perbuah ini dibuat oleh perusahaan yang berada di Pakistan.

Kelebihan bola Brazuca adalah mempunyai tingkat kestabilan yang baik di udara baik jika ditendang atau dilempar karena bentuk geometrinya. Bola ini diharapkan memperbaiki Jabulani, yang digunakan pada Piala Dunia 2010 Afrika Selatan. Teknologi selanjutnya adalah smart ball yang diproduksi Adidas untuk membantu pemain dalam latihan. Teknologi menggunakan microchip yang dipasang pada bola sehingga dapat diketahui seberapa kuat bola ditendang sehingga memudakan pemain belajar dan menguasai berbagai teknik tendangan dan kontrol yang baik.

Untuk mengatasi panasnya cuacanya di Brasil, tim Inggris menyediakan banyak minuman penyegar dengan zat elektrolit yang berbeda untuk setiap pemain, yang membantu setiap pemain untuk pulih dan bertenaga lebih cepat. Disamping itu, setiap pemain mendapatkan tablet iPad yang berisikan instruksi dan taktik bagaimana kelemahan dan cara menaklukkan setiap pemain lawan. Bagaimana dengan teknologi lainnya? Klik gambar di bawah ini untuk mengetahui jawabannya.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: