//
Anda membaca...
Hiburan, Kesehatan

Olga Syahputra Menderita Kanker Getah Bening Stadium 4

Foto Olga Syahputra di Rumah Sakit Singapura
Olga Syahputra dikabarkan menderita kanker kelenjar getah bening (limfoma) stadium 4 seperti yang dikatakan seorang psikolog ternama Indonesia, Tika Bisono melalui pesan BBM berantai. Penyakit pembawa acara dan komedian berusia 31 tahun ini memang penuh misteri. Beberapa waktu lalu dia dikabarkan mengidap penyakit meningitis. Kabarnya kanker ini sudah menyerang bagian otak dan menyebabkan Olga akan koma selama sebulan serta mempunyai harapan sembuh yang tipis.

Olga Syahputra sebelumnya memang mendapat perawatan intensif dan kemoterapi di Rumah Sakit Mount Elizabeth selama sebulan. Kabar ini memang menjadi pembicaraan hangat di sosial media terutama pembahasan jumlah biaya yang harus dikeluarkan Olga untuk mendapat perawatan intensif lebih khusus, dikabarkan sekitar Rp.1,1 M hingga Rp.1,8 M. (Baca showbiz.liputan6.com)

Olga memang dikabarkan sudah dibawa pulang ke tanah air setelah sekian lama berobat di sebuah rumah sakit di Singapura walaupun sempat beredar rumor bahwa dia akan dibawa ke Jerman untuk perawatan lebih lanjut. Sebenarnya apa kanker getah bening itu, gejala dan penyebabnya serta seberapa parah kondisi Olga yang dikabarkan dalam kondisi kritis dengan stadium 4? Berikut adalah pembahasannya.

Apa itu kelenjar getah bening?

Kelenjar getah bening atau KGB (lymph node) merupakan kelenjar seukuran kacang polong dengan jumlah lebih dari 600 kelenjar di tubuh kita yang merupakan bagian dari sistem limfatik, suatu sistem sirkulasi sekunder yang berfungsi mengalirkan limfa atau getah bening di dalam tubuh sebagai bagian penting dalam sistem kekebalan tubuh melawan penyakit. Kelenjar ini berfungsi menyaring cairan limfa dari bakteri, virus dan substansi asing yang kemudian dihancurkan oleh sel darah merah atau limposit.

KGB terdapat di daerah submandibular (bagian bawah rahang bawah; sub: bawah;mandibula:rahang bawah), ketiak atau lipat paha yang teraba normal pada orang sehat. KGB dapat ditemukan dalam kelompok atau tunggal.

Penyebab Kanker Kelenjar Getah Bening

Penyebab utama pembengkakan kelenjar getah bening adalah infeksi bakteri, virus dan jamur serta gangguan sistem kekebalan tubuh (HIV), radang sendi (artritis rheumatoid) serta penyakit kanker lain seperti leukemia, kanker payudara, kanker tenggorokan, kanker paru-paru, kanker perut, kanker kulit, Limfoma Hodgkin (HL), dan Limfoma non-Hodgkin (NHL) dimana HL dan NHL merupakan dua tipe kanker kelenjar getah bening. Menurut penelitian, penggunaan obat-obatan dapat memicu terjadinya penyumbatan ini seperti konsumsi phenytoin untuk obat kejang-kejang dan vaksin tifoid.

Sedangkan penyebab kanker getah bening tidak diketahui secara pasti. Ada dua jenis penyakit kanker ini yaitu Limfoma Hodgkin (LH), dan Limfoma non-Hodgkin (LNH) dimana LNH sering terjadi, hampir 90% dari semua kasus limfoma yang pernah ditemukan. Adapun penyebab timbulnya kanker LNH tidak diketahui secara pasti dan kadang diasumsikan sebagai faktor resiko. Yaitu:
1.Usia dan jenis kelamin
Walaupun NHL dapat terjadi pada usia berapapun, namun secara statistik, 60% kasus terjadi pada orang berusia 65 tahun keatas dan pada umumnya adalah pria.
2. Sistem kekebalan tubuh melemah yang dapat diakibatkan oleh beberapa sebab antara lain HIV atau AIDS, penyakit autoimun, mengkonsumsi obat tertentu dan kondisi yang dibawa sejak lahir.
3. Infeksi virus dan bakteri
4. Mengalami penyakit celiac (usus kecil)
5. Riwayat kesehatan keluarga
6. Karena kanker lain seperti leukemia.

Gejala Kanker Kelenjar Getah Bening

Gejala umum pada kanker kelenjar getah bening tipe NHL adalah terjadi pembengkakan yang kadang tidak diiringi rasa sakit pada leher, ketiak, dan selangkangan. JIka pembengkakan tidak hilang selama 6 minggu, ada baiknya anda periksakan diri anda ke rumah sakit atau dokter spesialis karena kemungkinan besar pembengkakan itu adalah tumor yang dapat menjadi kanker kelenjar getah bening.

Gejala lainnya adalah

  • Keringat berlebihan terutama pada malam hari
  • Demam tinggi berulang-ulang
  • Penurunan berat badan
  • Gatal-gatal terutama setelah minum minuman beralkohol
  • Batuk dan sesak napas
  • Sakit pada bagian perut dan muntah setelah mengkonsumsi minuman alcohol
  • Lemah, letih dan lesu
  • Hilang nafsu makan

Apa yang terjadi pada Stadium 4

Angka stadium menggambarkan dimana sel kanker berada, menyebar dan mempengaruhi organ atau bagian tubuh lainnya. Dokter biasanya menggunakan beberapa test dan diagnose untuk menyatakan stadium kanker kelenjar getah bening. Pada stadium 4, sel kanker telah menyerang organ tubuh lain melalui kelenjar getah bening yang pada umumnya menyerang otak, hati, sumsum tulang dan paru-paru.

Walaupun tergantung pada organ yang diserang kanker, stadium 4 masih dapat disembuhkan jika dirawat dengan intensif dengan kemoterapi, radiasi, kombinasi penggunaan obat dan transplantasi sel batang. Angka ketahanan hidup pasien kanker ini bervariasi. Menurut American Cancer Society, harapan hidup 5 tahun sebesar 67% dan 55% untuk 10 tahun.

Jadi jika Olga Syahputra dikabarkan menderita kanker getah bening (limfoma) pada tahap stadium 4 terutama menyerang bagian otak, makan pengobatan tambahan akan diberikan termasuk kemoterapi. Pada umumnya kanker kelenjar getah bening dapat disembuhkan namun penyakit ini berpeluang menyerang kembali.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: