//
Anda membaca...
Sejarah dan Politik

Benarkah Prabowo Mengatakan Kampret kepada Jokowi?

Gambar Video Prabowo Bilang Kampret ke Jokowi
Benarkah Prabowo mengatakan “Kampret” kepada Jokowi pada debat capres kedua yang berlangsung tanggal 15 Juni 2014? Jika benar dan bukan video editan, hal ini memang menghebohkan dan membuat masyarakat semakin mengetahui watak asli seorang Prabowo Subianto. Berita ini memang pertama kali dirilis oleh pedomannews.com, situs yang dimiliki oleh salah satu mantan aktivis mahasiswa pada tahun 1980 hingga 1990-an, Fadroel Rachman sekaligus pengamat politik serta pendukung Jokowi.

Umpatan “kampret” tersebut memang terdengar jelas pada saat Jokowi berkesempatan bertanya kepada Prabowo mengenai TPID (Tim Pengendalian Inflasi Daerah). “Bapak Prabowo, kami ingin bertanya bagaimana cara meningkatkan peran, ini soal rakyat, peran TPID. Terima kasih,” tanya Jokowi. Prabowo yang tak tahu singkatan “TPID” langsung menanyakannya kepada Jokowi. “Apa singkatan TPID, Pak Jokowi?” tanya Prabowo diikuti tawa penonton debat.

Jokowi kemudian menjawab, “Tim pengendali inflasi daerah.” Prabowo kemudian bertanya balik mengenai singkatan TPID kepada Jokowi. “Karena saya tidak menguasai setiap singkatan, kampret,” ujarnya. Memang Prabowo menjawab pertanyaan tersebut dengan mengumpat “kampret” kepada Jokowi. Hal ini dapat ditunjukkan oleh video yang direkam oleh beberapa stasiun Televisi seperti TVOne, Metro TV dan Kompas TV. Lihat video dibawah ini. Silahkan buffer, karena video dibawah memiliki durasi singkat. Biar jelas gunakan headphone atau headset dengan volume terbesar.

1. Rekaman dari TVOne

2. Rekaman Metro TV

Apa sebenarnya makna dan arti “kampret” tersebut?

Secara harfiah, kampret merupakan sebutan untuk kelelawar yang berukuran kecil pemakan serangga. Dalam bahasa ilmiahnya disebut Microchiroptera dan ini bukanlah binatang brengsek. Namun di masyarakat, kampret adalah kata yang biasanya digunakan untuk memaki orang atau sejenis umpatan yang banyak digunakan orang Sumatera, Jakarta, dan di daerah lain Indonesia sebagai bentuk mencerca orang lain dengan cara tidak santun. Kampret memang identik sebagai umpatan seperti Cangak Sia dalam bahasa Sunda atau jancuk dalam bahasa Jawa.

Walaupun demikian, kadang umpatan begitu familiar dan memunculkan suasana keakraban karena niat hati dan bahasa tubuh yang dihadirkan memang dalam canda tawa terutama dalam hubungan pertemanan yang akrab. Lihat contoh percakapan di bawah ini.
A: Bro, kayaknya gue gak bisa bayar utang deh bro. Uangnya kepake buat beli henpon baru bro.
B: Ah kampret lo!

Kesimpulan yang dapat ditarik adalah kata kampret memang benar terucap dari bibir Prabowo dan video diatas bukanlah editan. Makna kampret dapat memberikan makna yang berbeda-beda, tergantung suasana, hubungan dengan lawan bicara dan kebiasaan seseorang dalam berbahasa. Bagaimanakah menurut anda? Apakah Prabowo Subianto dalam kondisi emosional sehingga mengucapkan kata kampet tersebut dan merupakan watak aslinya seperti seperti video menolak ciuman pipi?

Diskusi

7 respons untuk ‘Benarkah Prabowo Mengatakan Kampret kepada Jokowi?

  1. hancur Negara kalau presiden indonesia mulutnya ngak dikasih sekolah seperti ini

    Posted by ded | Juni 19, 2014, 6:23 am
    • Hancur Negara kalo orang2 nya seperti anda, gampang ter propokasi….anda dengarkan baik2…itu hanya ulah orang2 yang tidak bertanggung jawab…..coba anda lebih pintar sedikit saja, supaya indonesia ini tidak mudah di adu domba…..

      Posted by Hadi Slaman | Juli 9, 2014, 5:42 am
  2. Gak ada itu

    Posted by Kam vret | Juni 19, 2014, 1:13 pm
  3. Rakyat sekarang sudah lebih dari cerdas, sensasi-sensasi yang tendensius tidak akan dapat membalikkan kecerdasan menjadi kebodohan. Demi menjaga keharmonisan kehidupan demokrasi, jangan mau kita digiring-giring untuk percaya pada isu-isu sensasional yang ujung-ujungnya memberi kesempatan orang ingin mendapatkan ikan dengan cara memancing di air keruh.

    Posted by Sulisyono Imam | Juni 30, 2014, 4:45 am
  4. alah kor gaean kuwi…. di fitnah aq ra popo…. prabowo menang !!!

    Posted by subianto | Juni 30, 2014, 8:45 am
  5. Dasar para KAMPRET!!! Beraninya ngomong di belakang doank!! Ntar kalo gue dah jadi Presiden, gue bantai kalian semua KAMPRET SIALAN! #genocide

    Posted by wowo subiyanto | Juli 3, 2014, 2:26 am
  6. bohong bgt infonya… saya jelas sekali menonton acara debat tsb.. tdk ada kata2 terlontar begitu.. mohon jgn memfitnah..

    Posted by mamel | Juli 12, 2014, 11:52 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: