//
Anda membaca...
Sejarah dan Politik

Bocoran Transkrip Pembicaraan Megawati dengan Jaksa Agung

Foto Sosok Faizal Assegaf dan Bocoran Transkrip
Ada kabar baru menyatakan beredar bocoran transkrip isi percakapan yang diduga antara Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri dengan Jaksa Agung Basyrief Arief yang berisikan pembicaraan dan instruksi tentang kasus korupsi TransJakarta yang menyeret nama Jokowi selaku Gubernur DKI Jakarta. Transkrip ini didapatkan oleh Ketua Progress 98, Faizal Assegaf dan pertama kali diberitakan oleh inilah.com, sebuah portal berita yang kerap memojokkan salah satu kubu calon presiden.

Faizal Assegaf mengaku mendapat transkrip itu dari salah seorang anak buah atau utusan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Bambang Widjojanto. Anggota KPK itu juga sempat memperdengarkan rekaman digital pembicaraan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Jaksa Agung Basrief Arief. Faizal yang datang ke Kejagung membawa transkrip itu sempat didesak wartawan guna menunjukkan rekaman, namun dia mengaku tak bisa. Dia hanya menujukkan kerta transkrip. Faizal mengaku oleh sumbernya yang dia sebut dari KPK sempat didengarkan saja soal rekaman itu.

Apakah isi pembicaraan ini benar adanya dan menunjukkan kongkalingkong antara Megawati dengan Basyrief Arief atau sekedar black campaign yang memang marak menjelang pilpres 9 Juli 2014 dimana kubu Jokowi paling banyak diserang seperti peredaran tabloid Obor Rakyat, surat palsu Edgar Jonathan dan isu berbau SARA. Faizal menyebut pembicaraan itu terjadi pada 3 Mei 2014 pukul 23.09 WIB dengan durasi 2 menit 13 detik. Penasaran dengan isi transkripnya, mari kita simak?


Basrief Arief: … Terima kasih bu, arahannya sudah saya terima, langsung saya rapatkan dengan teman-teman…”

Megawati: “… Itu anu, sampean jangan khawatir, soal media saya serahkan ke Pak Surya, nanti beliau yang berusaha meredam…”

Basrief Arief: “… Makasih bu, eskalasi pemberitaan beberapa hari agak naik, tapi alhamdulillah trendnya mulai menurun. Tim kami sudah menghadap Pak Jokowi meminta yang bersangkutan agar tidak terlalu reaktif ke media massa…”

Megawati: “… Syukurlah kalau begitu, intinya jangan sampai masalah ini (kasus TransJakarta) melemahkan kita, bisa blunder hadapi Pilpres, tolong diberi kepastian, soal teknis bicarakan langsung dengan Pak Trimedia dan mas Todung, aku percaya sama sampaean…”

Basrief Arief: “… Tadi sore kami sudah berkoordinasi, insyallah semuanya berjalan lancar, mohon dukungan dan doanya Bu, saya akan berusaha maksimal, Pak Trimedia juga sudah menjamin data-datanya…”

Megawati: “… Amien, semua ini ujian, semoga tidak berlarut-larut, apa sih yang ga dipolitisir, apalagi situasi kini makin dinamis, tapi saya percaya sampean dan kawan-kawan bisa meyakinkan ke media, saya percaya bisa diatasi, jangan kasus ini Pak Jokowi jadi terseret dan membuat agenda kita semua berantakan…”

Basyrief Arief: “… Insyallah saya usahakan, sekali lagi terima kasih kepercayaan ibu kepada saya dan teman-teman, kita komit kok Bu, untuk urusan ini (kasus TransJakarta) saya pasang badan…”


Beberapa Tanggapan Tentang Transkrip Ini

Tanggapan Kejaksaan Agung
Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung Tony Spontana yang mewakili Jaksa Agung Basrief Arief menyatakan membantah pernah melakukan percakapan per telepon dengan Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Ketua Progress 98 Faizal Assegaf dianggap melakukan fitnah.
“Saat memberi sambutan di depan para Purnawirawan, beliau (Basrief) mengatakan itu adalah fitnah yang keji. Jadi kita terjemahkan itu tidak benar,” ujar Tony. Pihak Kejaksaan Agung belum mengambil sikap karena laporan dari Faizal baru diserahkan kepada Kejaksaan Agung siang tadi. Jika laporan tersebut mengganggu institusi Kejaksaan Agung, kata Tony, pihaknya akan menyerahkannya kepada kepolisian untuk ditindaklanjuti. (Baca indonesiasatu.kompas.com)

Tanggapan KPK
Juru Bicara KPK Johan Budi ketika dikonfirmasi mengatakan alur cerita itu saja sudah tidak masuk akal. KPK tidak asal melakukan penyadapan. Adapun proses penyadapan hanya dilakukan terkait dengan perkara yang diselidiki KPK. “KPK tidak pernah merekam pembicaraan pihak-pihak yang tidak terkait dengan penanganan perkara di KPK,” kata Johan. (Baca news.detik.com)

Tanggapan Timses Jokowi
Juru bicara tim pemenangan pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla, Hasto Kristyanto heran dengan beredarnya isu percakapan telepon antara Jaksa Agung Basrief Arief dan Megawati terkait TransJ. Hasto menegaskan hal itu sama sekali tidak benar. Hasto menegaskan tim hukum Jokowi akan mengusut isu tersebut. Dia juga menyampaikan jika hal ini sangat keterlaluan karena mencederai institusi hukum, seperti KPK dan Kejagung. (Baca detik.com)

Siapakah Sebenarnya Sosok Faizal Assegaf?

Faizal Assegaf, Ketua Progres ’98 (organisasi yang mengklaim terdiri dari mantan aktivis 1998) merupakan orang pertama yang membeberkan isi transkrip dugaan tersebut dan mengklaim menerima sebuah transkrip rekaman dari seseorang yang mengaku utusan Bambang Widjojanto. Ini bukanlah aksi pertama kali Faizal. Pada tanggal 5 Mei 2014, sekelompok orang yang mengatasnamakan Progress 98 yang dipimpin oleh Faizal melaporkan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo ke Komisi Pemberantasan Korupsi karena langkah Jokowi yang menggalang sumbangan dana masyarakat untuk maju sebagai calon presiden 2014 bersama dengan calon wakilnya, Jusuf Kalla. (Baca nasional.kompas.com)

Faizal Assegaf yang biasa dipanggil FA atau Ical, merupakan seorang aktivis kelahiran Pulau Buru. Di halaman blog pribadinya di kompasiana.com (dibekukan oleh admin kompasiana) dan visibaru.com, banyak tulisan beliau mengkritik kebijakan pemerintahan SBY serta Jokowi dan Ahok termasuk Densus 88. Faizal memang dikenal sebagai jurnalis muda yang pernah meluncurkan sebuah buku berjudul Ironi Palestina dimana kata pengantar buku tersebut ditulis oleh mantan Presiden PKS, Hidayat Nur Wahid.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: