//
Anda membaca...
Fauna

Jenis Burung Hantu Yang Ada di Indonesia

Inilah jenis burung hantu yang ada di Indonesia. Terdiri lebih dari 200 spesies di seluruh dunia, hewan ini dapat ditemukan di setiap wilayah di bumi kecuali di kawasan Artatika. Burung yang menjadi lambang Kota Manado (Burung Manguni) ini dikenal sebagai hewan karnivora (pemakan daging), nokturnal (hewan yang suka beraktivitas pada malam hari) dan termasuk hewan soliter (menghabiskan sebagian hidupnya sendirian termasuk berburu makanan dan berkelana).

Walaupun di sebagian besar wilayah Indonesia, burung hantu identik dengan kematian atau pertanda maut, namun di Barat, hewan ini dianggap sebagai simbol yang baik yang melambangkan kebijakasanaan. Makanan utama yang biasanya diburu hewan ini adalah mammalia berukuran kecil, serangga, burung lainnya, ikan, tikus dan lainnya.

Ciri fisik burung hantu adalah mempunyai mata berukuran besar dan menghadap ke depan dengan wajah datar dan telinga besar serta bentuk paruh seperti rajawali sehingga mungkin terlihat menyeramkan bagi sebagian besar masyarakat. Bulu pada bagian mata berbentuk seperti piringan yang bentuknya biasanya berubah jika hewan ini fokus mendengarkan suara dari jarak jauh. Meskipun burung hantu mempunyai penglihatan binokular, namun bola matanya yang lebar cenderung tidak dapat digerakkan sehingga burung ini harus memutar kepalanya untuk mengganti pandangan.

Hewan yang disebut dengan manuk dares di Jawa ini memang memiliki pandangan tajam untuk jarah jauh namun kurang jelas melihat objek yang hanya berada beberapa cm di depan matanya. Keistimewaan burung hantu adalah mampu memutar kepala dan lehernya sampai dengan 270 derajat sehingga lebih fleksibel karena hewan ini mempunyai 14 tulang leher, dibandingkan manusia yang hanya mempunyai 7.

Berikut adalah daftar 9 jenis burung hantu yang ada di Indonesia. Klik gambar untuk mengetahui penjelasannya termasuk ciri fisik, ukuran dan lainnya.

Selain 9 jenis Burung Hantu di atas, terdapat juga spesies lain seperti Celepuk Rajah, Beluk Watu Jawa, Beluk Telinga Pendek dan lainnya. Baca juga informasi lain mengenai Burung Kakatua dan Burung Cendet.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: