//
Anda membaca...
Sejarah dan Politik

Hasil dan Pemenang Debat Capres III 22 Juni 2014

Foto Prabowo dan Jokowi Berpelukan di Debat Capres 3

Sumber: detik.com

Walaupun hasil dan pemenang debat capres-cawapres III pada tanggal 22 Juni 2014 masih dapat diperdebatkan karena masing-masing pengamat mempunyai pendapat yang berbeda tentang siapa yang paling bagus dan cemerlang menyatakan pendapat, misi dan visi sesuai dengan tema Politik Internasional dan Ketahanan Nasional sesuai dengan pertanyaan moderator Hikmahanto Juwana. Debat ini diselenggarakan oleh KPU (Komisi Pemilihan Umum) dimana acaranya berlangsung di Hotel Holiday Inn, Kemayoran, Jakarta Pusat, pukul 20.00 WIB.

Sebelum debat ini berlangsung, banyak pengamat komunikasi politik menjagokan Prabowo Subianto akan unggul dibanding Joko Widodo karena banyak mengemukakan soal ketidakberdayaan Indonesia di dunia internasional selama kampanye, termasuk lemahnya diplomasi luar negeri Indonesia. Walaupun demikian, tim sukses Prabowo-Hatta mengatakan untuk menghadapi debat ini, Prabowo tidak memiliki persiapan khusus.

Ketua Tim Pemenangan Jokowi-JK, Tjahjo Kumolo mengatakan prioritas Jokowi-JK ke depan adalah untuk memperkuat institusi TNI, Polri, dan PNS, serta BUMN dan BUMD strategis untuk mendukung penguatan alutsista TNI-Polri demi menjaga pertahanan negara yang berdaulat dan keamanan, ketertiban nasional. Jika anda belum sempat menonton acara debat ini, lihat video Youtube (full) di bawah ini.

Hasil dan Rangkuman Debat Capres III

Segmen 1. Visi dan Misi Politik Luar Negeri dan Ketahanan Nasional

Prabowo:
“Kalau kita bicara politik luar negeri dan ketahanan nasional, mau tidak mau kita bicara tentang tujuan kita bernegara, yaitu tentunya untuk mencari keamanan bersama. Tetapi kemudian, yang lebih penting adalah kita mencari kemakmuran bersama. Karena itu, politik luar negeri adalah cermin dari kondisi dalam negeri,” kata Prabowo. Menurut Prabowo, politik luar negeri tidak akan berarti kalau kekuatan dalam negeri kita lemah.

Hal ini yang membuat dia terus menerus berbicara bagaimana mengamankan kekuatan dan kekayaan nasional. Ketahanan nasional, keamanan nasional, keselamatan nasional, terletak pada kesejahteraan dan kemakmuran rakyat. Menurut Prabowo, letak geografis Indonesia sangat strategis. Karena itu negara harus memiliki konsep kuat untuk ketahanan nasional.

Jokowi:
Jokowi menyatakan ada 4 prioritas pada program politik luar negeri dan ketahanan nasional, yaitu:

  • Perlindungan WNI menyangkut TKI.
  • Perlindungan sumber daya alam dan perdagangan.
  • Peningkatan produktivitas dan daya saing.
  • Keamanan regional kawasan dan menjaga ketertiban dunia

Selain itu, Jokowi juga berjanji akan mendukung penuh Palestina untuk masuk anggota PBB.

Joko Widodo membeberkan 3 strategi diplomasi dalam menghadapi ketahanan nasional, yaitu:

  • Hubungan internasional antar pemerintah, antar pelaku bisnis dengan pelaku bisnis dan antar negara dengan negara lainnya.
  • Membangun ketahananan nasional yang kuat melalui peningkatan kesejahteraan prajurit TNI dan keluarganya serta modernisasi alat pertahanan termasuk cyber dan hybrid.
  • Modernisasi dan industri pertahanan

Jokowi juga menyebutkan masalah geo-politik dan geo-ekonomi Indonesia menjadi bagian dari strategi diplomasinya.

Segmen 2: Pertanyaan Moderator dan Penegasan Visi dan Misi

Moderator menanyakan kekayaan nasional dan kepentingan nasional ketika berhadapan negara lain.
Jawaban Prabowo:
Prabowo mengatakan kekayaan alam Indonesia ini harus dijaga. Kekayaan Indonesia tak boleh bocor ke luar. Dia mencontohkan soal pengelolaan bauksit di Indonesia. Bauksit dari dalam negeri diekspor dalam bentuk bahan baku, lalu diimpor lagi dalam bentuk produk.

Prabowo Subianto menegaskan bahwa politik luar negeri itu adalah cerminan kondisi dalam negeri. Kondisi dalam negeri harus dibuat makmur lebih dulu baru kemudian membangun ketahanan nasional agar disegani luar negeri. Dalam hubungan luar negeri, diplomasi dengan kata-kata boleh saja. Namun, imbuhnya, ujung-ujungnya dunia internasional akan melihat kekuatan nasional Indonesia.

Moderator Hikmahanto Juwana menanyakan kepada capres Joko Widodo soal langkahnya melindungi sumber daya alam dan program modernisasi alutsista.
Jawaban Jokowi:
Jokowi menjawab fokus pada potensi kehilangan pemasukan di sektor keluatan. Terutama menyangkut ilegal fishing. Menurutnya, ada Rp 300 triliun potential loss di kawasan tersebut. Drone bisa jadi membantu penyelesaian masalah ini.

Segmen 3: Pertanyaan moderator kepada kedua capres

  • Pertanyaan 1.

Moderator menanyakan bagaimana presiden menangani dinamika politik luar negeri seperti masalah penetapan batas, klaim tumpang tindih dan penanganan pencari suaka tanpa merusak hubungan baik antara negara. Apakah ada ruang untuk diplomasi militer?
Jawaban Prabowo:
Prabowo mengatakan butuh persahabatan dengan semua negara termasuk negara tetangga tetapi keutuhan wilayah Indonesia tidak satu jengkal pun dilepas dan harus dipertahankan dengan kekuatan nasional. Prabowo juga mengatakan tugas utama pemerintah adalah untuk melindungi kepentingan nasional bangsanya. Menurutnya, ketika kedaulatan terusik oleh negara lain, maka pemerintah harus mempertahankan kepentingan nasionalnya.

Jawaban Jokowi:
Capres Jokowi lebih mengutamakan diplomasi ketimbang perang untuk mencari solusi terhadap berbagai masalah dengan bangsa lain. Di antara permasalahan itu, seperti soal penetapan batas negara hingga pengamanan pencari suaka. Jika diplomasi antar pemerintah tidak menghasilkan solusi, capres nomor urut satu ini mengatakan akan mencari jalan lain dan menghindari jalan peperangan. Salah satunya dengan membawa permasalah ke Mahkamah Internasional.

  • Pertanyaan 2:

Moderator menanyakan upaya perlindungan warga negara di luar negeri terutama TKI dan kebijakan untuk mengambil peranan penting agar Indonesia dihormati negara lain, terutama sebagai pemimpin ASEAN.
Jawaban Joko Widodo:
Jokowi menekankan pentingnya persiapan di dalam negeri sebelum para TKI itu diberangkatkan. Utamanya adalah soal pelatihan dan seleksi TKI. Kalau sudah dikirim, data di Kedubes harus komplit. Artinya kita harus bisa memberikan perlindungan dan tentu saja itu harus dikontrol, harus ada cek setiap bulannya, apa kondisi mereka baik, apa kondisi mereka disiksa. Ini tugas KBRI. Jokowi juga mengatakan tak akan mengirim TKI ke negara yang tak memiliki aturan perlindungan bagi TKI.

Mengenai peran negara Indonesia, Jokowi mengatakan Indonesia bisa membangun poros maritim dunia yang baik sehingga peran kita jelas. Negara lain mau tidak mau mendekati kita karena mereka punya kepentingan masuk ke perairan kita. Peran-peran itu jadi kunci negara kita berwibawa dan dihormati. Konferensi internasional seperti Konferensi Asia Afrika dapat diulang penyelenggaraannnya di Indonesia. Dengan begitu nama baik Indonesia menjadi berkibar.

Jawaban Prabowo:
Prabowo sempat bicara tentang latar belakang seorang TKI bekerja ke luar negeri. Menurutnya itu karena kemiskinan. Prabowo kemudian mengutarakan pendapatnya yang sama dengan Jokowi. Yakni, menseleksi, mendidik dan menyiapkan sertifikasi para calon TKI. Menurutnya, uang adalah faktor utama dalam permasalahan TKI dan akan disegani negara lain bukan karena konferensi tetapi ekonomi, rakyat makmur dan sejahtera.

Segmen 4: Pertanyaan antar Capres

  • Pertanyaan Jokowi: Bagian mana dari kebijakan luar negeri pemerintah sekarang yang harus diubah?

Jawaban Prabowo: Prabowo menjawab dengan mengatakan Jokowi salah mengerti soal perubahan yang diusungnya. Prabowo mengatakan hal yang sudah baik dari pemerintah saat ini tak perlu diubah. Di politik luar negeri Indonesia sekarang, di bawah pemerintahan SBY sudah ada di jalan yang benar.

  • Pertanyaan Prabowo: Peran Indonesia di dalam World Trade Organization (WTO), ikut atau tidak.

Jawaban Jokowi: Jokowi menyatakan daya saing bangsa Indonesia yang rendah menjadi kendala. Meningkatkan daya saing menjadi tugas pemerintahan yang akan datang terkait organisasi internasional di bawah PBB itu. Secara umum, Jokowi menilai Indonesia mendapatkan manfaat positif dan negatif dari WTO. Menurunya, jika barang Indonesia sulit masuk, maka barang dari luar pun akan mengalami hal yang sama saat masuk ke Indonesia.

  • Pertanyaan Jokowi: Apa pertanyaan ancaman dalam dan luar negeri terbesar apa yang sedang dan mungkin dihadapi Indonesia?

Jawaban Prabowo: Prabowo menyebut ancaman terbesar dari luar negeri adalah klaim dari negara luar atas wilayah Indonesia. edangkan ancaman terbesar dari dalam negeri menurut Prabowo adalah kemiskinan.

  • Pertanyaan Prabowo: Bagaimana strategi dan kebijakan Jokowo jika wilayah nasional diduduki atau diklaim negara lain. Bagaimana jawabannya capres nomor urut dua itu?

Jawaban Jokowi: Diplomasi pemerintah dengan pemerintah kita ke depankan lebih dulu. Kemudian ada tahapan-tahapannya menuju ke sana. Kalau tapal batas, maritim, patok belum jelas, diplomasi pemerintah dengan pemerintah kita ke depankan, Namun jika tapal batas itu jelas milik Indonesia, pasangan cawapres Jusuf Kalla ini mengatakan akan melakukan apa pun untuk mempertahankannya.

Untuk segmen 5 dan 6 dapat anda lihat dalam video diatas dan sebaiknya anda tidak lewatkan karena membahas mengenai penjualan Indosat di masa pemerintahan Megawati, hubungan dengan Australia, Visi Komunitas Asia dan tentara cadangan.

Pemenang Debat Capres 3

Untuk pemenang, penulis akan menjawab secara diplomatis bahwa untuk menentukan pemenang dalam debat ini merupakan hal subjektif dan tergantung sudut pandang masing-masing penonton. Secara objektif, pemenang dapat kita tentukan pada tanggal 9 Juni 2014 ketika dilakukan pemilihan umum dan perhitungan suara. Apapun hasil debat, elektabilitas kedua calon diprediksi para pengamat hanya akan naik sedikit karena jumlah swing voters atau pemilih yang belum menentukan pilihan hanya sekitar 10-20%.

Walaupun demikian, siapa yang unggul dalam debat sesi ketiga dapat kita lihat dari respon masyarakat lewat media sosial terutama di Twitter. Political Wave, sebuah organisasi Indonesia yang memantau secara sistematis percakapan yang terjadi di media sosial berkaitan dengan berbagai isu politik nasional maupun regional, menyatakan bahwa Hashtag yang paling banyak dipercakapkan pengguna Twitter didominasi oeh hashtag dukungan terhadap Jokowi, yaitu #TegasPilih2 dengan 78.296 percakapan yang berasal dari percakapan masyarakat pengguna Twitter, sementara dukungan untuk Prabowo adalah #PrabowoHattaNo1 mendapatkan 22.636 percakapan, lebih banyak digenerate oleh akun BOT (akun robot), bukan pemilik asli akun.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: