Iklan
//
Anda membaca...
Teknologi

Daftar 6 Drone (Pesawat Tanpa Awak) Buatan Indonesia

Inilah daftar 6 drone (pesawat tanpa awak) karya atau buatan anak bangsa, Indonesia. Drone memang ramai diperbincangkan akhir-akhir ini termasuk sebagai salah satu kebijakan Jokowi seperti yang dipaparkannya dalam debat presiden pada tanggal 22 Juni 2014 malam. Jokowi menyatakan bahwa drone akan digunakan untuk mengawal negara kepulauan Indonesia yang akan dipasangkan di tiga wilayah Indonesia. Selain untuk pertahanan nasional Indonesia, drone dapat memberikan manfaat untuk ekonomi khususnya melindungi kekayaan laut Indonesia.

Apakah sebenarnya drone tersebut?

Drone atau pesawat tanpa awak (unmanned aerial vehicle) adalah sebuah pesawat tanpa pilot yang dapat dikontrol jarak jauh oleh sistem komputer yang terprogram di dalamnya atau dikendalikan oleh manusia di darat atau di pesawat lainnya. Walaupun tidak secanggih pesawat tempur, drone sekarang banyak digunakan untuk beberapa aplikasi operasi militer dan khusus serta untuk pengawasan keamanan oleh polisi, pemadaman kebakaran hutan, dan pengawasan sistem perpipaan.

Walaupun ide atau konsep penggunaan pesawat tanpa awak sudah ada sejak abad ke-19, namun inovasi teknologi ini baru dikenal pada awal tahun 1990-an yang awalnya dulunya digunakan sebagai sasaran tembak untuk latihan personil militer. Pada bulan Februari 2013, dikabarkan terdapat sedikitnya 50 negara menggunakan drone untuk berbagai keperluan seperti China, Amerika Serikat, Israel dan Oran. AS sendiri mengoperasikan lebih dari 5 ribu drone termasuk drone yang dilengkapi dengan peluru kendali AGM-114 Hellfire. Pesawat ini juga membantu pihak AS untuk melacak keberadaan Osama Bin Laden. Malaysia, negara tetangga berhasil mengembangkan drone ini sejak tahun 2007 dan sukses mengembangkan produksi dalam negerinya, baik untuk kepentingan sipil maupun militer.

Sebenarnya drone bukanlah teknologi yang baru untuk Indonesia. Beberapa lembaga penelitian serta universitas sudah membuat prototipenya seperti yang dilakukan beberapa ilmuwan di LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional) dan BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi ). Pesawat ini memang didesain untuk melakukan pemotretan udara, untuk keperluan meterologi dan pengintai untuk jangkau kecil. Berikut adalah daftar 6 drone karya anak bangsa Indonesia. Klik gambar untuk mengetahui penjelasannya.

Selain keenam drone diatas, ada juga dua pesawat tanpa awak karya anak bangsa seperti PUNA Gagak (buatan BPPT) dan Unmanned Aerial Vehicle (UAV) Autopilot Super Drone (buatan Universitas Surya).

Iklan

Diskusi

One thought on “Daftar 6 Drone (Pesawat Tanpa Awak) Buatan Indonesia

  1. Keren banget ya, drone karya anak bangsa.

    Posted by bisnismomentarkini | Desember 15, 2016, 4:49 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: