//
Anda membaca...
Sejarah dan Politik

Kronologi Konflik Ruhut Sitompul Vs Nurhayati

Gambar Debat Nurhayati Said Aqil dan Ruhut Sitompul

Ruhut Sitompul memang sosok kontroversi, kali ini terdengar berita konflik atau perseteruan dirinya dengan Nurhayati Ali Assegaf, Ketua Fraksi Demokrat di DPR RI. Sebenarnya sudah beberapa kali konflik diatara mereka berdua walaupun hubungan mereka pasang surut. Namun hubungan mereka kembali memanas setelah Ruhut mendukung pasangan Jokowi-JK pada Senin (23/6) pukul 19.00, di sebuah restoran di bilangan Jakarta Pusat.

Ini adalah beberapa kronologi perseteruan antara Ruhut Sitompul dan Nurhayati yang diperoleh dari berbagai sumber.

1. Sebutan Nenek Lampir untuk Nurhayati (5/7/2012)

Inilah perseteruan pertama antara Ruhut dan Nurhayati. Awalnya Ruhut meminta KPK segera menetapkan status tersangka kepada Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum karena korupsi kasus Hambalang. Ruhut pun mendapat peringatan keras dari Nurhayati yang dibalas dengan perkataan Ruhut “Siapa pun itu, Anas, Ruhut, Saan, Nenek Lampir itu tak bisa menaikkan polling Demokrat. Hanya tokoh SBY yang bisa membesarkan partai,” kata Ruhut. Akibatnya Anas memecat Ruhut Sitompul dari Departemen Informasi dan Komunikasi Partai Demokrat.

Ruhut juga dipindahkan dari Badan Legislatif menjadi wakil ketua Fraksi Politik Hukum dan Keamanan (Polhukam) MPR. “Saya malas meladeni ketua Fraksi (Nurhayati Ali Assegaf), kayak Nenek Lampir, Mak lampir. Biarlah anjing menggonggong kafilah berlalu,” kata Ruhut. Menurut Ruhut cara kerja Nurhayati itu sangat tidak cerdas. Pasalnya, Nurhayati mencopot orang-orang yang ahli di bidang hukum. “Bikin Undang-Undang itu tidak mudah, Ini kok orang-orang ahli hukum dicopot,” katanya. Ruhut juga mengatakan “Hanya Bapak SBY, Pemimpin kami, yang bisa pecat saya. Tidak ada yang bisa pecat saya.” (baca okezone.com)

2. Ruhut Sebut Nurhayati Kegenitan ke Rumah Anas Urbaningrum (6-3-2013)

Kedatangan Ali Assegaf ke rumah mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum disebut sebagai bentuk kegenitan. “Ngapain SBY dan Ani Yudhoyono nyuruh, ngapain SBY nyuruh ibu-ibu naik ojek tengah malam. Itu kegenitan Bu Nurhayati saja,”kata Ruhut di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu, 6 Maret 2013. Ruhut memperkirakan Nurhayati ingin jadi pahlawan kesiangan. Ia berniat menjembatani Anas dan SBY supaya mantan Ketua Umum PB Himpunan Mahasiswa Indonesia itu berhenti bernyanyi di media massa. (baca metrotvnews.com)

3. Ruhut Sebut Nurhayati Si Ibu Cantik Jelita (18-9-2013)

Ruhut menyebut Nurhayati sebagai ‘ibu cantik jelita’ saat diajukan oleh FPD sebagai Ketua Komisi III DPR. Namun mimpi Ruhut menjadi Ketua Komisi III tinggal kenangan saat anggota komisi hukum itu menolak kepemimpinan Ruhut. Kabarnya ada sejumlah elite PD termasuk Nurhayati yang tak mau Ruhut jadi Ketua Komisi III DPR. Hubungan Ruhut dan Nurhayati pun kembali renggang.

“Aku tak tahu (akan segera diangkat jadi Ketua Komisi III). Cuma aku kadang dipanggil Pak SBY, Pak Jero, Pak Syarief dan tadi oleh Bu Nurhayati cantik jelita,” ujar Ruhut di Jakarta, Rabu, 18 September 2013. “Sudah damai sama Bu Nurhayati?” Tanya wartawan. “Kalau aku dari dulu begitu (damai). Mungkin dia yang begitu (tak damai),” jawab Ruhut. (baca beritasatu.com)

4. Nurhayati menyarankan Ruhut untuk meninggalkan PD (23-6-2014)

Setelah Ruhut Sitompul menyatakan diri mendukung pasangan capres dan cawapres Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK)., Ketua FPD DPR Nurhayati Ali Assegaf menyarankan Ruhut untuk meninggalkan PD. Menurut Nurhayati, sikap mendukung Jokowi-JK itu menyalahi hasil Rapimnas PD. Meskipun Ketum PD SBY menegaskan sikap PD netral. “Coba yang lain di kubu Jokowi suruh mundur. “Mak Lampir jangan banyak omong!” balas Ruhut. “Saya dengar ada ancaman-ancaman dari Nurhayati. Mungkin dia lupa saya ketua FKPPI, anak TNI, saya ini Ketua Pemuda Pancasila. Organisasi dua ini saya geluti di atas 20 tahun. Saya senior, jadi nggak usah lah ngancam-ngancam aku,”bali pada tanggal 23 Juni 2014. (Baca detik.com)

5. Ruhut Sebut Nurhayati, Hey Arab (24 Juni 2014)

Nurhayati Ali Assegaf menyatakan Ruhut menyebut dia dengan panggilan bernada rasis. “Ruhut telepon saya bilang, Hey Arab!” tutur Nurhayati di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (24/6/2014). Meski nampak emosional dan akan melaporkan Ruhut ke partai, namun Nurhayati mengaku masih bersabar. Dia juga mengisahkan anggota fraksi Demokrat tak terima atas pelakuan Ruhut.

“Anggota saya marah semua. Tidak terima ketua fraksinya dihina-hina,” katanya. Nurhayati mengaku bermaksud memperingatkan Ruhut karena sikapnya yang dinilai tak sejalan dengan partai. Namun Ruhut malah bereaksi dengan sikap kurang etis. Dia menilai sikap Ruhut sebagai sikap kasar dan akan dilaporkan Ketua Fraksi Demokrat DPR ke DPP Demokrat. (Baca detik.com)

6. Nurhayati Depak Ruhut dari Komisi III (24 Juni 2014)

Ruhut Sitompul menerima sanksi dari Ketua Fraksi Partai Demokrat Nurhayati Ali Assegaf lantaran mendukung Jokowi-JK dengan mengklaim telah mengantongi izin Ketum Demokrat SBY. Sanksi tersebut berupa pemindahan komisi, dari Komisi III ke Komisi VI DPR. “Saya pindahkan dari Komisi III ke Komisi VI DPR,” kata Ketua Fraksi Nurhayati Ali Assegaf di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (24/6/2014). Ruhut juga dinilai Nurhayati telah menyerangnya secara personal. Bahkan, ketika diperingatkan, Ruhut juga dinyatakan Nurhayati telah berkata dengan nada rasis kepadanya. (Sumber detik.com)

Bagi sebagian orang Ruhut adalah seorang pelawak dipanggung politik karena ucapan dan omongannya yang menjadi hiburan tersendiri di dunia politik Indonesia. Namun demikian, hingga kini Ruhut merupakan salah satu politisi yang terbukti bersih dari isu korupsi. Kita lihat aksi Ruhut seterusnya, bagaimana serangannya kepada Kubu Prabowo-Hatta.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: