//
Anda membaca...
Olahraga, Sejarah dan Politik

Apa Alasan PSSI dan Indra Sjafri Mendukung Prabowo?

Foto La Nyala, PSSI dan Indra Sjafri Mendukung Prabowo

Apa alasan La Nyalla Mattalitti, PSSI dan Indra Sjafri mendukung Prabowo-Hatta? Pelatih timnas (tim nasional) sepakbola U-19 ini menyerukan dukungannya secara terang-terangan lewat kicauannya di twitter resminya, @IndraSjafri. “Pemimpin yang mampu membawa bangsa ini menjadi berwibawa dan berdaulat. #Prabowo-HattaNomor1,” tulis akun @indra_sjafri, Minggu, tanggal 22 Juni 2014. Sampai jam 16.30 WIB, tercatat sebanyak akun lain 1.454 yang me-retweet kicauan ini.

Selain dukungan oleh pria berusia 51 tahun yang lahir di Sumatera Barat ini, dukungan dari PSSI juga mengalir ke kubu Prabowo Hatta seperti kicauan yang diserukan oleh Akun twitter pssi.org, @pssiofficial dimana akun ini mengunggah foto hasil editing dengan tagline “KAMI BERTEKAD MENJADI #MACANASIA”. Dalam foto tersebut hadir sejumlah pemain PSSI termasuk Timnas U-19 dengan pose seolah-olah angka satu.

Beberapa saat setelah muncul banyak protes, akun official ini segera menghapus gambar. Namun sayangnya tidak ada keterangan lebih lanjut. Akun ini juga tidak mengeluarkan klarifikasi terkait unggahan foto ini. Sebelumnya tanggal 14 Juni 2014, akun ini mengunggah foto mantan pelatih Timnas, Alfred Riedl dengan gestur menunjuk. Foto ini diyakini sejumlah follower sebagai bentuk kampanye politik. Pasalnya dalam keterangan foto disebutkan “#ONE Who Will Bring Indonesian National Team as Asian Tiger” identik dengan jargon “Macan Asia” milik Prabowo Subianto.

Kicauan yang lain terlihat dari beberapa foto sekelompok orang (termasuk anggota DPR RI dari Partai Gerindra, Rachel Maryam) dengan memakai baju dukungan terhadap Prabowo dimana kicauan ini menyatakan “Tweeps Yth. Pada dasarnya kami menerima pihak mana pun yg ingin majukan sepakbola. Kami siap jadi tuan rumah yg baik.”

Twit terakhir akun ini juga berkicau “Sesuai petunjuk Bapak Waketum @LaNyallaMM1 akun ini stop beroperasi. Pernyataan resmi PSSI via sosmed dialihkan ke @PSSI__FAl.” Kicauan @PSSI__FAl sepertinya bernada memihak Prabowo-Hatta dengan adanya gambar Ketua BTN, La Nyalla, Sekjen PSSI dan Indra Sjafri mengacungkan tangan satu.

Sebenarnya apakah alasan PSSI ikut ikut campur dalam urusan kegiatan politik praktis? Sampai saat ini belum ada alasan resmi dari PSSI akan dukungan ini, bahkan mereka mengalihkan dukungannya dengan membuka akun Twitter baru, @PSSI__FAl. Banyak orang menyayangkan hal ini dan menganggap sebagai organisasi dipakai untuk kampanye politik sehingga wajar mereka mempertanyakan bedanya Prabowo dengan Nurdin Halid karena seolah-olah menghalalkan segala cara untuk mendapatkan dukungan. Prabowo sebelumnya berjanji akan membangun tim nasional sepak bola yang kuat dan bisa ikut Piala Dunia.

Sebelumnya, Prabowo-Hatta telah menuai dukungan dari kalangan atlet. Mei lalu, ratusan mantan atlet dari cabang olahraga sepak bola, bulu tangkis, balap sepeda, senam, panahan, anggar, silat, tinju, taekwondo, softball, otomotif, sepak takraw, tenis, karate, judo, dan atletik mendeklarasikan dukungan untuk pasangan Prabowo-Hatta. Dalam deklarasi itu turut hadir beberapa mantan atlet yang cukup dikenal masyarakat, seperti Susi Susanti, Yayuk Basuki, Moreno Suprapto, dan Donny Kusuma.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: