//
Anda membaca...
Sejarah dan Politik

Tulisan Allan Nairn terbaru: Prabowo, Wiranto dan Suharto

Prabowo mengaku pengabdiannya kepada doktrin dari dua jenderal Perang Saudara/Perang Sipil AS, William Tecumseh Sherman dan Ulysses S. Grant (kemudian presiden AS), keduanya telah memeluk taktik yang kadang-kadang membunuh banyak warga sipil. Prabowo mengatakan, “Saya tahu lebih banyak tentang sejarah AS daripada sejarah Indonesia.”

Ketika kita berbicara, aku terpana oleh emosi Prabowo saat ia berbicara tentang Amerika. Prabowo mengatakan kepada saya, dengan nada yang makin marah, perwira Indonesia sering mengejek dia, menyebut dia “Perwira Amerika” karena ia begitu dekat dengan Amerika Serikat. Dia mengatakan bahwa mereka mengolok-oloknya – dan tersirat dia kurang jantan – karena bahasa Inggris-nya sangat baik dan ia menghabiskan begitu banyak waktu dengan orang asing.

Prabowo mengatakan bahwa dia adalah “teman yang sangat baik dengan DIA (Defence Intelligence Agency-Badan Intelijen Pertahanan AS) kembali ke George Benson.” Benson menghabiskan puluhan tahun masuk dan keluar dari Indonesia untuk intelijen AS. Benson bekerja dengan unsur-unsur ABRI dalam operasi rahasia CIA yang didukung untuk menggulingkan Sukarno, menyediakan intelijen AS untuk tahun 1958 serangan terhadap Padang, Sumatera Barat.

Benson kemudian secara efektif menjalankan operasi rahasia AS-ABRI terhadap Sukarno menjelang menggulingkan Sukarno tengah pertengahan 1960-an yang didukung AS pembantaian yang menewaskan ratusan ribu warga sipil Indonesia. Untuk karyanya di Indonesia Kolonel Benson dilantik ke Badan Intelijen Pertahanan “Hall of Fame.” Setelah meninggalkan DIA itu, Benson mewakili perusahaan minyak Pertamina Soeharto di Washington, dan menjadi promotor utama masuknya perusahaan AS ke Indonesia.

Pada tahun 1994 Benson, lingkaran Prabowo, dan bisnis AS, tokoh diplomatik, intelijen dan membantu meluncurkan Amerika Serikat – Indonesia Society (USINDO). USINDO bekerja untuk melawan gerakan akar rumput naik untuk memotong bantuan AS untuk Soeharto ABRI (gerakan yang saya sangat terlibat), dan untuk membela kepentingan perusahaan AS di Indonesia seperti penambang besar Freeport McMoRan.

Ayah Prabowo, Sumitro, dan saudara Hashim duduk di USINDO papan. USINDO telah membentuk persekutuan untuk menghormati Sumitro. Sponsor perusahaan dari USINDO telah menyertakan Lippo Group, Freeport McMoRan, Texaco, Mobil, Raytheon, GE, Hughes Aircraft dan Merril Lynch. Prabowo dilaporkan, melalui istrinya, putri Soeharto Titiek, terlibat dalam bisnis dengan Merril Lynch. USINDO adalah kelompok yang memberikan Hashim 2013 pidato Washington yang menjanjikan bahwa presiden Prabowo akan memperlakukan Amerika Serikat sebagai “mitra istimewa.”

Prabowo mengatakan bahwa dia “sering bertelponan dengan intel AS, McFetridge dan yang lainnya, mungkin mingguan atau lebih.” Dia merujuk Kolonel Charles D. (Don) McFetridge dari DIA (Defense Intelligence Agency) ini. McFetridge adalah salah satu penerus Kolonel George Benson di Indonesia, dan 1994 – ’98 US Atase Pertahanan di Jakarta. McFetridge juga berurusan langsung dengan Kopassus Grup 4 Komandan Prabowo, Kolonel Chairawan, menurut wawancara saya dengan para pejabat Chairawan dan AS.

DIA (Defense Intelligence Agency) bekerja dengan Prabowo dan Chairawan sepanjang waktu mereka terlibat dalam penculikan, penyiksaan, dan pembunuhan para aktivis Jakarta (1997 – ’98). Tiga belas orang korban penculikan yang masih hilang, diperkirakan tewas. Salah satu pemimpin kampanye Prabowo , Jendral Kivlan Zein – mengatakan dia tahu di mana mayat dikuburkan. Kolonel McFetridge, yang menghadiri SESKOAD, staf tentara Indonesia dan sekolah perintah, pergi untuk membantu menjalankan keamanan untuk multinasional minyak dan gas raksasa BP, terutama pada proyek ekstraksi gas BP-Tangguh mereka di Papua Barat.

Pengakuan Prabowo kepada saya tentang urusan dia dengan intelijen AS itu konsisten dengan apa yang orang lain mengatakan kepada saya. Saya melaporkan selama krisis 1998: “Sebagai seorang pejabat [AS] kedutaan dijelaskan jika bagi saya pada puncak penghilangan: ‘Prabowo adalah anak laki-laki berambut pirang kami, ia adalah orang yang bisa berbuat salah’. Pada tanggal 26 Mei 1999 di sebuah wawancara di rumahnya di Jakarta, salah satu arsitek dari sistem intelijen Indonesia, yang dilatih Laksamana Sudomo, kepala keamanan tua Suharto, mengatakan kepada saya bahwa “Prabowo juga memiliki hubungan intelijen yang erat dengan Amerika Serikat. ”

Tapi Prabowo kerja AS memperpanjang jauh melampaui kecerdasan. Saat ia dijelaskan kepada saya ia bekerja sama erat dalam tindakan militer AS, termasuk membawa tentara AS ke bumi Indonesia. Pernyataan Prabowo kepada saya sepenuhnya konsisten dengan intern Pentagon dan Departemen Luar Negeri dokumen, yang, antara lain, mendukung klaim untuk memfasilitasi perencanaan invasi AS.

Dokumen-dokumen ini juga menunjukkan sesuatu Prabowo tidak menyebutkan kepada saya: bahwa AS Pasukan Khusus Prabowo dibawa dilakukan setidaknya dua operasi rahasia di Indonesia bahwa Pentagon menjelaskan kepada Kongres AS. Dokumen juga menjelaskan bahwa dari sudut pandang pemerintah AS, Pentagon menggunakan Prabowo untuk melemahkan nasionalis Indonesia. Sepanjang kerja samanya dengan AS, yang membentang karier militer Prabowo, Prabowo sering ditangani langsung oleh pejabat Pentagon dari tingkat tertinggi dari kekuasaan AS.

Mereka termasuk Menteri Pertahanan, Pacific Komandan di Kepala dan Operasi Khusus AS Komandan. Saya melaporkan pada tahun 1998: “Meskipun menikmati pribadi Prabowo untuk kekejaman legendaris (seorang laki-laki Timor mengatakan kepada saya memiliki kaki dan gigi patah oleh Prabowo nya), tingkat tinggi pejabat AS diarak dia tahun ini karena krisis politik berkumpul uap Pada bulan Januari,. Menteri Pertahanan William Cohen memuji “sangat mengesankan … disiplin” dari KOPASSUS.

Saya melaporkan kemudian: “[Cohen] tajam menolak untuk meminta ABRI menahan diri dalam menangani demonstrasi jalanan Ditanya tentang keseluruhan pesan yang disampaikan oleh kunjungan, kata seorang pejabat,.” Ini sederhana AS dekat dan mencintai tentara.. “… Asisten Menteri Luar Negeri Stanley Roth telah makan sering dengan [Prabowo] baru-baru ini. Ketika Sekretaris Cohen dikunjungi, ia mengangkat alis di Jakarta dengan pergi ke markas KOPASSUS dan tertunda tiga jam di sisi Prabowo.

Sebuah buku oleh Dana Priest dari Washington Post – yang mewawancarai petugas AS yang bekerja dengan Prabowo – mengatakan bahwa Prabowo “menjadi dikenal di kalangan korps diplomatik di Jakarta sebagai ‘Washington man di Indonesia”.” Imam melaporkan bahwa sementara Prabowo masih muda “dengan cepat menjadi kesayangan militer Amerika, dari mana ia mengumpulkan pengalaman baik dan kehormatan.”

Imam menceritakan sebuah anekdot tentang bagaimana Prabowo dipestakan seorang komandan mengunjungi AS (Panglima Komando Pasifik AS [CINCPAC], Laksamana Joseph Prueher) dengan meletakkan pada Kopassus demonstrasi khusus untuk menghormatinya. “Prabowo mengakhiri acara lain untuk … Prueher dengan nya [Prabowo] tentara berdiri bahu-membahu menyanyikan versi Indonesia dari [US] Divisi 82 lagu Airborne Division. Prueher senang dan bersemangat .

Cerita ini adalah contoh menarik, karena Prabowo mengatakan kepada saya bahwa ada pemimpin Pentagon lain dengan siapa dia dekat daripada dia bersama Prueher. Satu ia menyebutkan adalah CINCPAC dari Maret 1991 sampai Juli ’94, Laksamana Charles R. Larson, yang kemudian menjadi direktur Northrop Grumman Corporation. Prabowo bahkan menceritakan beberapa internal yang Gedung Putih – Pentagon gosip tentang Admiral Larson, mengatakan bahwa ia telah “sesuai untuk menjadi CNO [AS Kepala Operasi Angkatan Laut, posisi tertinggi Angkatan Laut AS], melainkan menjadi komandan Annapolis.

Klik Halaman 3

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: