//
Anda membaca...
Sejarah dan Politik

Alasan Wagub Deddy Mizwar Tetap Main Sinetron

Akting Deddy Mizwar dalam Para Pencari Tuhan Jilid 8

Inilah alasan Wagub Gubenur DKI Jakarta, Deddy Mizwar yang menjadi pembelaan dirinya mengapa dia tetap sibuk main sinetron ‘Para Pencari Tuhan’ jilid 8 dan iklan selama bulan Ramadhan. Aktivitas pria berusia 59 tahun ini sempat diprotes dan diadukan sejumlah tokoh pada Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Jawa Barat saat sebulan pertama menjabat wakil gubernur Jawa Barat.

Kala itu dia menjanjikan akan merenegosiasi kontrak yang masih mengikatnya sebagai aktor film. Dikabarkan, bapak dua anak ini tak hanya sering muncul sebagai salah satu pemeran tetapi juga berada di balik layar sebagai produser walaupun Deddy membantahnya. “Saya pemain saja. Undang-undang tidak membolehkan jadi direktur, komisaris. Belum dilantik (menjadi wakil gubernur) sudah selesai,” kata Deddy.

Sebelumnya pada tanggal 7 Juli 2014, Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi menyatakan akan menegur Wakil Gubernur Jawa Barat tersebut karena terlalu sibuk syuting sinetron dan iklan. Teguran akan dilayangkan jika Deddy terbukti berperan aktif dalam proses produksi syuting itu.

“Kalau berusaha melalui sinetron itu tak boleh, kalau hanya sebagai pemain belum ada larangannya. Saya belum tahu dia sebagai apa,” kata Gamawan. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang pemerintah daerah tak diatur tegas larangan perihal kegiatan seni kepala daerah. Meski demikian, menurut Gamawan, aturan telah secara tegas melarang kepala daerah untuk menjadi komisaris, berbisnis, dan punya usaha. “Memang meski diingatkan, tapi saya harus cek dahulu,” kata dia.

Berikut pembelaan Deddy saat ditemui wartawan media online di Gedung Sate, Bandung, Jabar, Selasa, 8 Juli 2014 seperti yang diberitakan detik.com.

1. Telah Diberi Izin oleh Gubernur Jabar

Deddy sangat tenang saat menanggapi pertanyaan dirinya yang aktif bermain sinetron di samping tugasnya sebagai Wagub Jabar. Sebab Deddy sudah mengantongi dukungan dari Gubernur Jabar Ahmad Heryawan atau Aher. “Pak Gubernur malah tetap saja bilang ambil iklan dan syuting sebanyak-banyaknya. Kan enggak melanggar,” jelas Deddy Mizwar. “Tapi kan tugas sebagai Wagub harus tetap dijalankan,” imbuhnya.

2. Sinetron Yang Dibintanginya Memberikan Inspirasi

Deddy sebagai wagub mempunyai tanggung jawab pada masyarakat untuk memberikan sinetron bermutu. Karena itu, sinetron yang dibintanginya bukan sinetron kacangan, melainkan sinetron bermutu dan dapat berdakwah.

“Ini kan film menginspirasi. Kewajiban saya sebagai Wagub memberikan tontonan yang baik kepada seluruh rakyat Indonesia. Daripada nonton yang enggak-enggak. Kewajiban saya memberikan inspirasi kepada masyarakat,” jelas Deddy. “Karena yang bicara mungkin tidak mengerti cara membuat film. Jadi maafkanlah di bulan Ramadan,” tambahnya.

3. Dapat Menghindarkan Diri dari Korupsi

Deddy tak merinci berapa penghasilan sebagai pemain sinetron. Dengan bermain sinetron, Deddy menyebut dapat terhindar dari korupsi. “Lebih gede main sinetron dong. Saya enggak boleh jadi produser, secara UU kan saya enggak boleh jadi komisaris dan direktur dan produser. Sebelum dilantik sudah beres. Dapat uang juga dari sinetron, sehingga terhindar dari korupsi,” terang Deddy.

4. Tidak Mengganggu Tugasnya Sebagai Wakil Gubernur

Deddy mengatakan aktivitasnya itu tidak mengganggu tugasnya sebagai wakil gubernur. “Yang lain kan main golf, atau shooping di mana. Saya enggak melakukan itu, saya gunakan untuk yang juga manfaat untuk orang banyak, menginspirasi banyak dan alhamdulillah karena itu dapat uang juga. Saya terhindar dari niat korupsi,” ucap dia.

Menurut dia, sejumlah pihak yang mempersoalkan kemunculannya di sejumlah sinetron saat Ramadan ini tidak memahami teknis membuat film. Kegiatan syuting itu kerap dilakukan malam hari saat tidak ada agenda kerja sebagai wakil gubernur. Dia mencontohkan, syuting yang digeber 4 jam bisa untuk tayang 5 episode. “Lokasi syuting biasanya di Bekasi. Ada beberapa scene yang tempatnya sama,” kata dia.

“Sekarang ada waktu kosong, kan bisa saya manfaatkan. Daripada main golf atau ke mal, main sinetron kan bermanfaat dan menginspirasi orang banyak,” kata Deddy. Deddy pun menganggap biasa saja kritik yang masuk soal aktivitas bermain sinetron. “Biarin saja. Karena yang bicara mungkin tidak mengerti cara membuat film. Jadi maafkanlah di bulan Ramadan,” terang Deddy. Deddy siap berdialog dengan mereka yang protes. “Makanya susah, mesti ketemulah sama yang protes. Jadi yang pertama ini suhu Pilpres yang meningkat, ini bully,” terang Deddy dengan terkekeh.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: