//
Anda membaca...
Teknologi

Apa itu Iron Dome dan Bagaimana Sistem Kerjanya?

Cara Iron Dome Bekerja Melindungi Udara Israel

Apa itu Iron Dome dan bagaimana sistem pertahanan udara Israel ini berkerja menahan serangan roket yang diluncurkan pihak Hamas dari jalur Gaza ke wilayah pemukiman Israel? Sistem ini berkerja seperti kubah atau gelembung pelindung yang pernah menahan lebih dari ratusan hingga ribuan serangan roket yang mengarah ke kota penting Israel, seperti Tel Aviv, Ashdod, Ashkelon, Kiryat Gat dan wilayah lainnya. Jumlah korban dari pihak Israel sangat minim dengan adanya sistem perlindungan ini.

Menurut berita yang dirilis Cnn.com, sejak rabu malam 9 Juli 2014, angkatan udara Israel pada Rabu malam (9/7) menghantam lebih dari 300 target Hamas di Jalur Gaza dalam aksi yang dilakukan untuk merespons serangan-serangan roket dari wilayah Palestina yang terkepung. Israel menyatakan para pejuang Gaza telah menembakkan sekitar 300 roket ke Israel sejak negara Yahudi itu memulai Operation Protective Edge (Operasi Perlindungan Tepi) untuk membasmi serangan roket. Pada Rabu malam, Israel berhasil mencegah 56 serangan roket dari jalur gaza yang menargetkan lokasi Jerusalem, Tel Aviv, Ashdod, Ashkelon, dan Kiryat Gat.

Apa itu Iron Dome?

Iron Dome dibangun karena pada tahun 2006, sekitar 4 ribu roket jenis Katysha ditembakkan oleh Hezbollah ke wilayah Haifa dan bagian utara Israel yang menyebabkan 44 orang tewas dan 250 ribu penduduk dievakuasi. Antara tahun 2000-2008, lebih dari 4 ribu mortar dan 4 ribu roket (kebanyakan jenis Qassams) ditembakan dari jalur Gaza ke Israel bagian utara. Untuk mengatasi masalah tersebut Kementrian pertahanan Israel memutus kan untuk mengembangkan sistem pertahanan udara mobil pada tahun 2007.

Bagaimana Sistem Kerja Iron Dome?

Iron Dome berfungsi seperti gelembung atau kubah untuk melindungi kota dari serangan roket dan rudal dan menghancurkannya di udara. Awalnya suatu sistem baterai yang dilengkapi radar pelacak akan melakukan scan suatu area untuk mendeteksi serangan roket. Sistem ini dapat dengan mudah dipindahkan dan hanya membutuhkan sekitar beberapa jam. Jika terdeteksi, software Iron Dome akan menghitung lokasi dan jenis roket tersebut. Jika roket itu akan menyerang area yang terlindungi atau ada penduduk, roket itu akan diintersep. Namun jika roket menuju area kosong tidak berpenduduk, akan dibiarkan karena setiap intersep yang dilakukan memakan biaya sekitar $95 juta.

Seberapa Efektif Iron Dome Bekerja?

Selama operasi pertahan yang dilakukan Israel pada tahun 2012 ketika Israel bertempur dengan Hamas, 1500 roket diluncurkan dari jalur Gaza ke Israel. Iron Dome mampu menghancurkan 426 roket dengan laju kesuksesan intersep sekitar 84 persen. Pemerintah Israel menyebut Iron Dome sebagai sistem penyelamat nyawa banyak orang. Seorang ahli pertahanan dari Amerika Serikat menyebut Orpn Dome sebagai sistem paling efektif melindungi udara dan wilayah Israel dari serangan rudal dan roket.

Peran Amerika Serikat dalam Pembuatan Iron Dome

Pengembangan awal sistem Iron Dome memang dilakukan oleh Rafael, sebuah perusahaan asal Israel yang bergerak di bidang teknologi pertahanan. Namun sistem ini disponsori oleh Amerika Serikat (AS). Pada tahun 2014, AS telah mengeluarkan dana sebesar $235 juta untuk riset, pengembangan dan produksi Iron Dome. Presiden Obama sendiri menyatakan program Iron Dome sangat penting untuk menjaga keamanan dan keselamatan rakyat Israel. Program ini telah dilakukan uji coba dan terbukti sukses mencegah roket menyerang Israel.

Namun sistem pertahanan udara ini tidak murah, setiap baterei dome membutuhkan biaya sekitar US$ 50 juta. Misilnya senilai US$ 62.000. Negara lain tertarik untuk membeli sistem ini seperti India, Korea Selatan, Amerika Serikat dan negara anggota NATO lainnya di Eropa yang mempunyai pasukan militer di Afghanistan. Salah satu negara di Asia Tenggara, Singapura sedang berunding dengan Israel untuk mengembangkan sistem serupa di negaranya.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: