//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa

Kronologi Konflik dan Serangan Udara Israel Ke Gaza Palestina

7 Juli 2014

Menteri Luar Negeri Israel, Avigdor Lieberman mengatakan partainya telah mengakhiri aliansi dengan Partai Likud (kubu Perdana Menteri Benjamin Netanyahu). Keputusan itu diumumkan dalam konferensi pers setelah terjadi perselisihan sengit antara Lieberman dan Netanyahu dalam berbagai masalah.
Lieberman, yang memimpin sayap kanan nasionalis Yisrael Beiteinu, telah menjalin aliansi dengan Netanyahu sekitar 20 bulan yang lalu.

Pada Senin (7/7), Lieberman mengaku bahwa perbedaan pendapat dengan Netanyahu merupakan alasan utama mengakhiri hubungan dengan Partai Likud. ieberman mengecam keras rencana Netanyahu dalam menangani kasus Palestina dan seruannya melakukan operasi militer besar-besaran di Jalur Gaza yang terkepung. Perkembangan ini terjadi setelah gerakan perlawanan Palestina, Hamas, mengatakan tujuh anggotanya tewas dalam serangan udara Israel di Gaza dan mengancam akan membuat Tel Aviv “membayar mahal.”

8 Juli 2014

Jumlah korban akibat serangan udara Israel di Gaza terus bertambah. Dua hari aksi membabi buta itu dilancarkan, sebanyak 43 nyawa melayang, 22 diantaranya perempuan dan anak. Sejak serangan dilakukan dua hari lalu, jumlah korban terus meningkat. Sebanyak 370 orang mengalami luka akibat serangan keji tersebut. Dari jumlah korban tewas, kata Juru Bicara Pelayanan Darurat Ashraf al-Qudra seperti dikutip AFP, tercatat sembilan orang anak-anak dan enam perempuan menjadi korban serangan militer Israel.

Namun, belum diketahui korban tewas lainnya adalah warga sipil atau gerilyawan. Selama sore hari, rudal menghantam sebuah rumah di Al-Maghazi, sebuah kamp pengungsi di dekat pantai Deir al-Balah di Gaza tengah, menewaskan seorang ibu dan empat anaknya. Sebelumnya, dua perempuan dan empat anak-anak tewas dalam serangkaian serangan di utara dan timur Kota Gaza.

Kelompok militan Palestina, Hamas telah menembakkan roket ke kota-kota Israel sementara Israel melancarkan lusinan serangan udara ke Gaza, pada saat pertempuran makin meningkat. Israel mengatakan empat roket mengenai Israel selatan Selasa malam (8/7) dan bahwa penembakan roket masih terus berlanjut pada hari Rabu (9/7), dengan lebih banyak tembakan diarahkan ke Tel Aviv dan Ashkelon.

9 Juli 2014

Presiden Palestina Mahmud Abbas, Rabu (9/7/2014), menuding Israel tengah melakukan genosida dengan serangan besar-besaran yang digelar sejak Selasa (8/7/2014). Sejauh ini 43 warga Palestina sudah tewas karena serangan tersebut. “Ini genosida. Pembunuhan seluruh keluarga adalah genosida oleh Israel terhadap rakyat Palestina,” kata Abbas dalam pertemuan menyikapi krisis Palestina di Ramallah, Tepi Barat, Palestina, Rabu.

“Apa yang terjadi sekarang adalah perang terhadap rakyat Palestina secara keseluruhan, bukan (perang) dengan faksi (militan),” tegas Abbas. “Kami sedang bergerak dengan beberapa cara untuk menghentikan agresi Israel yang menumpahkan darah Palestina, termasuk bicara dengan Presiden Mesir (Abdel Fattah) al-Sisi dan Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon.”

10 Juli 2014

Israel meningkatkan serangan di Jalur Gaza yang dikuasai Hamas untuk hari ke-tiga dengan serangan besar. Palestina mengatakan sekurang-kurangnya 80 orang telah tewas, termasuk banyak warga sipil. Tidak ada korban fatal di pihak Israel. Pesawat-pesawat tempur Israel menghantam lebih dari 320 sasaran di Gaza yang dikaitkan dengan kelompok militan Islam Hamas yang berkuasa. Pihak militer mengatakan serangan-serangan itu menghancurkan jaringan-jaringan terowongan, lokasi peluncuran roket dan rumah-rumah komandan Hamas.

Sejak ofensif dimulai hari Selasa, Israel telah menghantam lebih dari 750 target di Gaza. Jurubicara militer Israel Peter Lerner mengatakan, tujuan operasi tersebut adalah menghentikan peluncuran roket-roket Palestina yang mengancam penduduk sipil. Hamas membalas dengan terus menembakkan roket ke kota-kota Israel, termasuk Tel Aviv, meskipun banyak roket yang berhasil ditembak jatuh oleh sistem anti misil pertahanan udara, Iron Dome.

11 Juli 2014

Israel terus menekan pada hari keempat serangannya ke Gaza pada Jumat, memukul kantung-kantung yang dikuasai Hamas dari udara dan laut sementara pejuang Palestina melancarkan serangan roket ke negara Yahudi itu. Setidaknya 82 warga Palestina, kebanyakan warga sipil, terbunuh dalam serangan yang menurut Israel diluncurkan untuk mengakhiri serangan roket terus menerus ke populasi sipil, beberapa mencapai Tel Aviv dan Jerusalem.

Pemimpin Israel menyatakan kemungkinan invasi menggunakan serangan darat dan siap mengerahkan sekitar 20.000 tentara cadangan, demikian seperti dilansir kantor berita Reuters.

Kembali Ke Halaman Depan..

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: