//
Anda membaca...

Pasukan Elit Kaibiles dari Guatemala

Pasukan Elit Kaibiles dari Guatemala

Kaibiles

Pasukan Elit Kaibiles merupakan bentukan militer Guatemala yang dilatih untuk misi dalam taktik perang hutan dan operasi kontra-pemberontakan.Prajurit korps ‘dibedakan dari tentara reguler dengan baret merah marun dengan patch bantalan pedang menyala. Motonya, terinspirasi oleh Henri de la Rochejaquelein, adalah: “Jika saya terlebih dahulu, ikuti saya Jika saya berhenti, mendorong saya di Jika saya mundur, membunuh saya…”

Pada 5 Desember 1974, pemerintah militer Guatemala menciptakan Sekolah Komando nya (Escuela de Comandos). Tiga bulan kemudian, pada tanggal 5 Maret 1975, itu menamainya Kaibil Operasi Khusus Training Centre (Centro de Adiestramiento y Operaciones Especiales Kaibil). Nama “Kaibil” berasal dari Kayb’il B’alam (Kaibil Balam), pemimpin adat Mam yang lolos dari penangkapan oleh conquistador Spanyol Pedro de Alvarado bawah.Awalnya, Pusat Kaibil terletak pada dua perkebunan, El Infierno (“neraka”) dan La Polvora (“Gunpowder”) di kotamadya Melchor de Mencos, departemen Petén. Pada tanggal 12 Januari 1989, itu dipindahkan ke bekas markas militer Zona 23, di Poptun, Peten.

Semua orang bisa mengikuti rekrutmen satuan elit ini, meskipun ada beberapa ketentuan dan tes fisik dan mental yang harus ditemui. Pelatihan satuan ini mencapai 2 tahun atau paling cepat 60 hari. Hanya 64 orang yang lolos satu angkatan dengan umur tidak boleh lebih dari 28 tahun. Keberhasilan terbesar yang mereka capai adalah menangkap Jenderal pertahanan militer Uganda saat kekerasan di Kongo terjadi. Namun akibat peristiwa itu 8 anggota Kaibiles terbunuh dan 5 lainnya luka.

« Sebelumnya Berikutnya »

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s