//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa

Dampak Ledakan Pipa Gas di Sudirman, Listrik Padam

Foto Pipa Gas Terbakar di Depan SCBD Menyebabkan Kemacetan

Detik.com

Dampak peritiwa kebocoran atau ledakan pipa gas milik PT Perusahaan gas Negara Tbk (PGN) di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, depan Mapolda Metro Jaya mengakibatkan listrik di 40 gedung sekitarnya, mati dan terjadi kemacetan panjang akibat penanganan terutama di SCBD, Arteri Slipi arah ke Semanggi, seperti yang diberitakan oleh TMC Polda Metro Jaya, @TMCPoldaMetro .

Seperti yang diberitakan kompas.com, Kepala Departemen Komunikasi PT PGN Ridha Ababil, mengatakan gedung yang terkena dampak adalah perumahan, hotel, dan perkantoran yang menjadi pelanggan gas dari perusahaan milik negara. Dia mengungkapkan, Jalan Jenderal Sudirman sampai Jalan MH Thamrin terkena dampak mati lampu.

“Karena pipa gas yang berada di gorong-gorong, jalurnya ditutup dari Dukuh Atas. Gedung itu memiliki PLTG kecil yang listriknya disuplai dari kami (PGN),” kata Ridha, saat dihubungi di Jakarta, Kamis (17/7/2014). Di samping itu, ia membantah kebocoran pipa gas PGN itu mengakibatkan ledakan. Pasalnya, pipa yang bocor akibat pemasangan fiber optik itu bertekanan rendah.

Sementara, semburan api dan kebakaran akibat kebocoran pipa gas itu ditengarai karena ada petugas yang merokok di dekat lokasi. “Sekarang tinggal asapnya saja yang tersisa,” kata Ridha. Sekadar informasi, ledakan yang disebabkan kebocoran pipa gas di depan Mapolda Metro Jaya itu terjadi Rabu (16/7/2014) sekitar pukul 23.25 malam. ‎ Sebanyak tujuh mobil pemadam kebakaran dari sektor Setiabudi, Jakarta Selatan, dikerahkan untuk memadamkan kebakaran itu. Tidak ada korban jiwa akibat peristiwa tersebut.

Ledakan Diduga Akibat Pengerjaan Proyek MRT

Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Dwi Priyatno, mengatakan pipa gas yang meledak itu adalah milik PT PGN. Ia pun menduga, ledakan itu disebabkan pengerjaan proyek MRT di kawasan tersebut. Mendengar ledakan tersebut, Menteri BUMN Dahlan Iskan langsung menelepon Direktur Utama PGN Hendy Prio Santoso.

“Nantilah saya tanya direksi PGN. Saya tanya nanti. Apa betul begitu. Apa mau saya tanya sekarang?” kata Dahlan usai rapat pimpinan di Jakarta, Kamis (17/7/2014). Saat menelepon Dirut PGN tersebut, Dahlan mengaku, semburan gas diduga terkena dampak proyek Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta. “Kena proyek MRT,” kata Hendy kepada Dahlan dalam sambungan telpon.

Masih menurut Hendy, PGN masih mendalami masalah yang terjadi tersebut. “Sudah ditangani dari jam 2 pagi sampai subuh tadi,” jelasnya. Akibat peristiwa itu, Hendy kepada Dahlan mengaku jaringan dan pasokan gas sementara waktu dihentikan kepada pelanggan-pelanggan PGN. “Yang penting kita sudah tutup sektor valve (pipa) dulu yang ke sana. Sampai kita periksa extense of damaged (kerusakan),” papar Hendy.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: