//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa

Hamas & Israel Setuju Gencatan Senjata Selama 5 Jam

Penduduk Gaza, Palestina Menyerbu Toko dan Bank

Reuters

Akhirnya pejuang Hamas dan Israel setuju untuk melakukan gencatan senjata selama 5 jam pada hari Kamis, 17 Juli 2014 sesuai desakan PBB kepada kedua belah pihak. Masa jeda ini penting karena dapat digunakan warga Gaza, Palestina untuk memasok barang-barang kebutuhan pokok mereka dengan membeli dari toko dan menarik duit dari Bank.

“Kelompok ini menyetujui gencatan senjata selama lima jam” mulai pukul 10.00 waktu setempat (atau pukul 14.00 WIB) hari Kamis ini, kata Juru Bicara Hamas, Sami Abu Zukhri, dalam sebuah pernyataan, seperti yang diberitakan Reuters. Sebelumnya, militer Israel mengatakan telah menerima permintaan PBB untuk menghentikan serangan di Jalur Gaza yang disebut oleh seorang pejabat senior PBB sebagai “jeda kemanusiaan”. “Pukul 10.00 hingga 15.00 (atau pukul 14.00-19.00 WIB), Angkatan Pertahanan Israel akan menghentikan kegiatan operasional di dalam Jalur Gaza dan menahan tembakan,” demikian pernyataan militer itu.

Abu Zukhri mengatakan hal yang sama. “Faksi-faksi Palestina sepakat untuk menerima tawaran PBB demi mendinginkan suasana di lapangan selama lima jam mulai pukul 10.00 pagi,” katanya kepada AFP. “Adalah kepentingan semua warga Gaza, demi memberi mereka kesempatan untuk pergi ke rumah sakit, mendapatkan pelayanan kesehatan atau mendapatkan makanan,” kata koordinator khusus PBB untuk proses perdamaian Timur Tengah, Robert Serry, kepada televisi Channel Two Israel pada Rabu malam.

Gencatan senjata tersebut bertujuan agar warga sipil Gaza bisa mendapat bantuan kemanusiaan yang dibutuhkan, seperti air, makanan, dan lainnya. Namun, Israel mengancam akan kembali menyerang Hamas apabila selama gencatan senjata berlangsung kelompok tersebut melakukan aksi penyerangan.

Ketegangan antara Hamas dan Israel masih terus bergejolak. Pada Rabu 16 Juli 2014, serangan Israel menyebabkan empat bocah laki-laki tewas di dekat Pantai Gaza. Perwakilan Kementerian Kesehatan Gaza, Ashraf al Qidra, menganggap serangan tersebut merupakan yang paling tragis. Mengingat, serangan itu dilancarkan saat mereka tengah asyik bermain bola pantai.

Sebelumnya Hamas Tolak Proposal Gencatan Senjata Mesir

Sebelumnya, pada hari Selasa, 15 Juli 2014 pihak Hamas menolak proposal gencatan senjata Mesir walaupun disambut baik Israel. Dalam pernyataannya, kelompok militan Palestina itu menolak proposal yang diajukan oleh negara tetangganya tersebut. uru bicara Hamas, Fawzi Barhum menegaskan, Hamas tidak akan menerima tawaran proposal tersebut tanpa adanya kesepakatan penuh antara pihaknya dengan Israel. Tidak dijelaskan lebih lanjut kesepakatan penuh seperti apa yang dimaksud Hamas tersebut.

“Gencatan senjata tanpa tercapainya kesepakatan, akan ditolak. Pada masa perang, Anda tidak bisa begitu saja melakukan gencatan senjata dan kemudian bernegosiasi,” tegas Barhum kepada AFP, Selasa (15/7/2014). Lebih lanjut, Barhum menyatakan, Hamas belum menerima secara langsung tawaran proposal secara resmi dari Mesir. Menurutnya, penghentian serangan Israel di satu sisi, tidak akan berarti banyak setelah kerusakan besar melanda Gaza.

Penolakan terhadap proposal Mesir tersebut juga datang dari sayap pasukan bersenjata Hamas, Brigade Ezzedine al-Qassam. Dalam pernyataannya, Ezzedine menyebut opsi gencatan senjata sebagai bentuk penyerahan diri. Mesir mengajukan proposal gencatan senjata antara Israel dengan Hamas pada Senin (14/7) malam. Dalam proposal tersebut, disebutkan bahwa gencatan senjata antara Israel dengan Hamas akan dimulai pada Selasa (15/7) pukul 06.00 GMT.

Kemudian akan dilanjutkan dengan perundingan terkait alur suplai barang untuk masuk ke dalam wilayah Jalur Gaza yang selama ini diblokade Israel. “Pukul 06.00 GMT telah ditetapkan sebagai awal dari penerapan pengaturan gencatan senjata antara kedua pihak,” demikian bunyi proposal tersebut. Namun tampaknya ketentuan ini akan mengalami penundaan karena kedua belah pihak belum menyampaikan penerimaan secara resmi.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: