//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa

Pesawat Malaysia Airlines MH17 Ditembak Roket, Jatuh di Ukraina

Gambar Hancurnya Pesawat Malaysia Airlines MH17

Pesawat terbang Malaysia Airlines MH17 dikabarkan ditembak jatuh oleh sebuah roket pemberontak Ukraina dan jatuh dari atas udara saat melintas di wilayah Donetsk, Ukraina. Dikabarkan, 295 penumpang diduga kuat tewas. Menurut berita yang dirilis oleh reuters, Kamis (17/7/2014) pesawat itu jenis Boeing 777 dan tengah terbang dari Amsterdam, Belanda menuju Kuala Lumpur. Pesawat itu terbang di dekat Kota Donetsk, yang merupakan wilayah konflik.

Malaysia Airlines (MAS) menyatakan pihaknya telah hilang kontak dengan pesawat bernomor penerbangan MH-17 dari Amsterdam. Posisi terakhir pesawat berpenumpang 295 orang itu di zona angkasa Ukraina. “Malaysia Airlines has lost contact of MH17 from Amsterdam. The last known position was over Ukrainian airspace. More details to follow,” demikian bunyi kicauan MAS dalam twitternya, Kamis (17/7/2014), pukul 22.36 waktu setempat.

Perdana Menteri Ukraina Areseny Yatseniuk memerintahkan penyelidikan atas jatuhnya pesawat Boeing 777-200 milik Malaysia Airlines dengan penerbangan MH17 di timur Ukraina. Melalui Juru Bicaranya Olga Lappo seperti dikutip The Straits Times PM Ukraina meminta segera penyelidikan atas peristiwa tersebut. Wilayah itu tengah terjadi pertikaian antara pemberontak Ukraina yang didukung Rusia dan pihak Pemerintah Ukraina. Belum ada penjelasan resmi di mana lokasi persis pesawat itu jatuh. Namun seperti disampaikan Reuters, bahwa penduduk setempat sudah menemukan pecahan pesawat.

Sementara itu Presiden Amerika Serikat Barack Obama memerintahkan pejabat senior untuk tetap berhubungan dekat dengan para pejabat Ukraina tentang pesawat nahas tersebut. Lihat video detik-detik pesawat Malaysia Airlines MH 17 jatuh ditembak roket di Ukraina di Youtube di bawah ini.

Ditembak Pemberontak Pro Rusia

Kubu pemberontak pro-Rusia, Anton Gerashchenko mengatakan, menambahkan bahwa itu terkena rudal darat ke udara. “Sebuah pesawat sipil perjalanan dari Amsterdam ke Kuala Lumpur baru saja ditembak jatuh oleh sistem anti-pesawat Buk … 280 penumpang dan 15 awak tewas” Interfax-Ukraina mengutip pejabat lain Ukraina mengatakan pesawat hilang dari radar ketika terbang di 10.000 meter, jelajah ketinggian khas untuk pesawat,” ujarnya.

Ini turun di Torez, dekat Shakhtar, beberapa 40 kilometer dari perbatasan Rusia. Daerah ini telah menjadi ajang pertempuran antara pasukan pemberontak dan Ukraina pro-Rusia. Ukraina telah menuduh Rusia mengambil peran aktif dalam konflik empat-bulan-tua dalam beberapa hari terakhir dan menuduh itu sebelumnya pada hari Kamis menembak jatuh sebuah jet tempur Ukraina tuduhan bahwa Moskow membantah.

Menlu Akan Periksa Apakah Ada WNI di Pesawat Tersebut

Kementerian Luar Negeri Indonesia kini sedang mencari tahu mengenai ada atau tidaknya WNI yang menjadi korban tewas dalam penembakan pesawat Boeing 777-200 milik Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH17. Pesawat tersebut ditembak jatuh oleh rudal darat ke udara di langit Ukraina Timur.

“Saya sudah menginstruksikan Dubes RI di Den Haag dan Kuala Lumpur untuk pastikan apakah terdapat penumpang WNI dalam penerbangan tersebut,” kata Menteri Luar Negeri Marty Natalegawadalam pernyataannya kepada Tribunnews.com, Kamis(17/7/2014). Marty mengatakan pemerintah mengikuti berita tentang jatuhnya pesawat Malaysia Airlines dalam penerbangan dari Amsterdam ke Kuala Lumpur dengan penuh keprihatinan. Berita terakhir menyebutkan sSalah satu korbannya adalah Warga Negara Indonesia (WNI) bernama Ninik Yuliani.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: