//
Anda membaca...
Sejarah dan Politik

Hasil Coblos Ulang 13 TPS di Jakarta: Jokowi Menang

Suasana Pemungutan Suara Ulang di TPS 5 Benhil, Jakarta

Tempo.co

Hasil pemilihan presiden atau coblos ulang yang diadakan 13 TPS di wilayah DKI Jakarta menyatakan bahwa pasangan Jokowi-JK unggul jauh atas pasangan Prabowo-Hatta. Sebagai informasi pemungutan suara ulang (PSU) di 16 Tempat Pemungutan Suara (TPS). PSU tersebut akan dilaksanakan Sabtu (19/7/2014) mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB.

Alasan PSU ini diulang karena Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DKI menemukan pelanggaran di 13 TPS tersebut. Pelanggaran yang dominan ditemukan Bawaslu adalah banyaknya pemilih tambahan tak sesuai aturan karena adanya pemilih di TPS tersebut yang memilih dengan menggunakan KTP daerah. Walaupun alasan ini diprotes oleh Kubu pasangan nomor urut dua karena cacat hukum.

Ketua KPU DKI Jakarta Sumarno menyatakan, PSU digelar karena diduga ada pelanggaran terhadap Peraturan KPU Nomor 19 Tahun 2014 pasal 11 terkait dengan pemberian hak pilih kepada pemilih yang tidak memenuhi syarat administrasi yakni pengguna KTP daerah yang oleh petugas dimasukkan dalam DPKTb. PSU tersebut merupakan tindak lanjut dari gugatan pasangan nomor satu ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Bawaslu melakukan kajian dan kemudian memberikan rekomendasi terhadap KPU DKI untuk melakukan PSU.

Bawaslu menemukan dugaan kecurangan di 16 TPS di Kelurahan Warakas dan Papanggo di Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara. 16 TPS itu terdiri dari sembilan di Kelurahan Papanggo yakni TPS 2, 15, 26, 29, 40, 46, 51, 52, dan 68. Enam di Kelurahan Warakas yakni TPS 11, 17, 40, 51, 52 dan 68. Kemudian satu di Jakarta Timur.
Berikut hasil coblos ulang berdasarkan formulir C1 ke-13 TPS itu yang telah diunggah ke situs resmi KPU. Dari hasil pantauan detik.com, tercatat di 13 TPS itu Jokowi-JK unggul atas Prabowo-Hatta. Berikut hasil perhitungan suara 13 TPS itu pada 9 Juli lalu berdasarkan formulir C1 yang telah diunggah ke KPU, yaitu

TPS 03 Kelurahan Cideng
Prabowo-Hatta 234
Jokowi-JK 282

TPS 09 Kelurahan Bangka
Prabowo-Hatta 114
Jokowi-JK 152

TPS 03 Kelurahan Bendungan Hilir
Prabowo-Hatta 205
Jokowi-JK 350

TPS 05 Kelurahan Bendungan Hilir
Prabowo-Hatta 242
Jokowi-JK 332

TPS 99 Kelurahan Lagoa
Prabowo-Hatta 192
Jokowi-JK 240

TPS 33 Kelurahan Kebon Bawang
Prabowo-Hatta 181
Jokowi-JK 279

TPS 40 Kelurahan Kebon Bawang
Prabowo-Hatta 144
Jokowi-JK 214

TPS 60 Kelurahan Kebon Bawang
Prabowo-Hatta 142
Jokowi-JK 274

TPS 95 Kelurahan Sunter Jaya
Prabowo-Hatta 21
Jokowi-JK 361

TPS 26 Kelurahan Sunter Agung
Prabowo-Hatta 33
Jokowi-JK 402

TPS 103 Kelurahan Sunter Agung
Prabowo-Hatta 22
Jokowi-JK 448

TPS 24 Kelurahan Karet Tengsin
Prabowo-Hatta 98
Jokowi-JK 239

TPS 31 Kelurahan Jatinegara
Prabowo-Hatta 272
Jokowi-JK 313

Prabowo Minta Pencoblosan Ulang di 5.800 TPS di DKI

Prabowo mengatakan pihaknya tak hanya meminta pemungutan ulang di 13 TPS itu, tapi juga di banyak TPS lain di Jakarta. Sebelumnya tim sukses pasangan nomor urut satu ini juga meminta KPU tunda pengumuman hasil Pilpres. Prabowo telah meminta Bawaslu DKI merekomendasikan pemungutan ulang di 5.800 TPS di Jakarta. Bawaslu DKI menindaklanjuti permintaan itu dengan meminta KPU DKI melakukan pengecekan terlebih dahulu ke 5.800 TPS.

Ya saya prihatin ada dapat laporan dari tim saya banyak kejanggalan dan indikasi kecurangan di banyak tempat. Tentunya kita minta diulangi, kita akan minta diulangi,” kata Prabowo usai bertemu BJ Habibie di Kompleks Patra Kuningan 13 Blok L XV Kav 5, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (19/7/2014), seperti yang diberitakan detik.com. “Ini harus kita lakukan pemilihan ulang supaya sah. Kita tidak bisa menjalankan suatu pemilihan yang tidak sah,” ujarnya.

Capres nomor urut satu ini masih yakin keluar sebagai pemenang Pilpres 2014. “Insya Allah kita menang. Kalau tidak ada kecurangan kita menang,” tuturnya. Tim Prabowo-Hatta sebelumnya juga telah meminta pengunduran waktu pengumuman hasil rekapitulasi nasional yang sedianya digelar 22 Juli.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DKI Jakarta Mimah Susanti mengaku memberi rekomendasi kepada Komisi Pemilihan Umum Daerah Jakarta untuk melakukan pemilihan ulang di 5.802 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Langkah ini ditempuh karena Bawaslu mengendus berbagai kejanggalan saat pencoblosan di sejumlah TPS wilayah ibu kota. Berdasarkan surat edaran Bawaslu DKI Jakarta nomor 276/BawasluProv-DKIJakarta/VII//2014, yang ditujukan kepada KPU DKI Jakarta, Bawaslu meminta KPU segera menindaklanjuti temuan dugaan pelanggaran itu yaitu petugas KPPS membiarkan para pemilih mencoblos di TPS yang tidak sesuai dengan alamat identitas serta tidak menggunakan formulir A5 atau surat keterangan coblos.

Permintaan ini menghadapi resistensi, salah satunya dari Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) yang menilai semua tahapan Pilpres 2014 sudah berjalan dengan baik, sehingga tak perlu ada penundaan pengumuman. Menurut DKPP, pengumuman hasil rekapitulasi suara nasional tetap harus digelar pada 22 Juli.

Diskusi

2 respons untuk ‘Hasil Coblos Ulang 13 TPS di Jakarta: Jokowi Menang

  1. Bagaimanapun Jokowi -JK menang……………………………Apalagi minta di ulang, apa tidak sekalian seluruh Indonesia di ulang saja wkwkwkwkwkw aneh Prabowo ini

    Posted by [email protected] | Juli 20, 2014, 8:43 am
  2. JANGAN DILADENI org gila semua, cuma mau ngeruk duit si wowo. ud terbukti diulang di 8 TPS, Jokowi menang 7. semuanya mau diacak2. TPS Rawabuaya n Kembangan Utara dibilang curang dll. Gue yg tinggal di Rawabuaya gak ada apa2 tuh, mulus2 aja. ASBUN. dibegoin sama timsesnya….wkwkkkkk. yg dibegoin gak sadar….tapi gpp d, duit wowo kan ud gak ada seri nya…didpt dr korup (maklum ex mantu soeharto). gw jg kalo dpt duit dr korup, gw umbar jg.. giliran di Bangkalan, Madura belasan TPS Jokowi dpt 0, mereka diam aja. Mana mungkin dr belasan TPS dpt 0 ??????? wkwkkkk…..sedangkan Bangkalan basis PKB…..wkwkwkkkkk…..CAPEK kalau LADENI org STRESSSSS

    Posted by hendrik widjaja | Juli 31, 2014, 4:52 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: