//
Anda membaca...

Kecelakaan Pesawat Japan Airlines Penerbangan 123, 1985

Kecelakaan Pesawat Japan Airlines Penerbangan 123, 1985

Japan Airlines Penerbangan 123, 1985

Kecelakaan Pesawat Japan Airlines Penerbangan (JAL) 123 terjadi pada tanggal12 Agustus 1985 dengan korban jiwa ebanyak 15 awak pesawat dan 505 penumpang tewas. Dan ajaibnya ada empat penumpang yang dinyatakan selamat dalam kecelakaan tersebut dimana semuanya adalah wanita. Pesawat ini adalah jenis Boeing 747-146SR, dengan nomor rergistrasi JA8119, jatuh diGunung Takamagahara di Prefektur Gunma, Jepang 100 km dari Tokyo.

JAL 123 lepas landas dari Bandara Haneda pada pukul 6:12 sore waktu setempat, dengan 12 menit lebih dari jadwal. 12 menit kemudian, saat lepas landas, ketika pesawat memasuki ketinggian jelajah di atas Teluk Sagami, bagian penyekat buritan belakang pesawat pecah dan menghasilkan ledakan dekompresi, yang merobek ekor pesawat. Terlepasnya bagian ekor ini merusak seluruh sistem hidraulik pesawat secara keseluruhan, mengakibatkan pesawat kemudian melayang-layang tak terkendali selama sekitar 30 menit sebelum akhirnya jatuh menabrak gunung (dalam masa-masa ini banyak korban menulis surat perpisahan untuk keluarga mereka).

Sebenarnya, pilot mencoba mencari tempat mendarat darurat, mula-mula kembali ke Bandara Haneda di Tokyo, tempat pesawat ini lepas landas. Ketika pesawat semakin tidak terkendali, pilot mencoba terbang menuju pangkalan Angkatan Udara Amerika Serikat di Yokota. Namun, semua usaha tersebut sia-sia. Pada pukul 6:56 waktu setempat, pesawat hilang kontak dengan radar. Pesawat tersebut menabrak punggung gunung dan kemudian menabrak gunung kedua kemudian terbalik dan menghantam tanah dengan punggung pesawat terlebih dahulu.

« Sebelumnya Berikutnya »

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s