//
Anda membaca...

Kecelakaan Pesawat Korean Air Penerbangan 007 1983

Kecelakaan Pesawat Korean Air Penerbangan 007 1983

Korean Air Penerbangan 007 1983

Kecelakanan pesawat terbang Korean Air Penerbangan 007 pada tahun 1983 adalah yang terbesar dalam sejarah penerbangan Korea Selatan dengan korban jiwa 269 orang dan tahu di Laut Okhatsk, dekat Pulau Moneron, Uni Soviet. Pesawat Korean Airlines ini mengalami kerusakan sistem navigasi saat dalam perjalanan dari New York, AS, ke Seoul, Korea Selatan. Sesaat setelah lepas landas dari tempat transit di Anchorage, Alaska, pesawat ini menyimpang sedikit ke Utara.

Setelah menyadari melalui jalur yang salah, kru pesawat mencoba mengembalikan ke jalur yang benar. Saat itu, pesawat berada di atas pangkalan militer Uni Soviet. Pesawaat naas ini memang tak seharusnya melewati pangkalan Soviet, melainkan melewati Samudra Pasifik dan Jepang.

Radar Soviet pun menangkap keberadaan pesawat ini dan langsung menganggapnya sebagai pesawat mata-mata milik AS. Saat itu hubungan kedua negara adidaya ini memang tidak harmonis. Maka, kontan saja Soviet mengirim beberapa jet tempur Sukhoi Su-15 untuk menembaknya. Setelah ditembak, api menyala di bagian belakang pesawat. Kemudian, pesawat itu tidak seimbang dan terbelah menjadi dua bagian. Pesawat lalu jatuh ke laut Okhatsk 12 menit kemudian.

Berikutnya »

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s