//
Anda membaca...
Teknologi

6 Aplikasi Android Untuk Bantu Perjalanan Mudik Lebaran

4. JasamargaLive, Informasi Jalan Tol dari PT. Jasamarga

JasamargaLive adalah aplikasi Android yang dapat meberikan informasi jalan tol dari PT. Jasamarga secara real-time sehingga dapat embantu anda dalam melakukan rencana perjalanan terutama bagi pengguna jalan tol untuk mengetahui kondisi jalan yang akan dilaluinya.. Fitur yang tersedia adalah informasi kepadatan lalu lintas, berita/ kejadian, cctv lansung dari lokasi dan ratusan kamera area Pulau Jawa.

Pengguna tinggal memilih jalur tol yang akan dilalui maka akan terpampang kondisinya. Apakah lancar, padat, atau ada kejadian lain yang terjadi di jalan tol. Tak cuma itu, Jasamargalive juga punya fitur streaming foto bila pengguna menginginkan pantauan langsung di titik tertentu. Foto jepretan CCTV tersebut akan ter-update tiap 10 menit sekali.

Namun bagi pemudik yang menggunakan jasamargalive, coverage-nya cuma mentok sampai gerbang tol Cikampek dan Purbaleunyi. Tapi tetap saja pasti berguna, apalagi untuk memantau arah menuju atau di gerbang tol Cikampek yang merupakan titik utama jalur mudik di Pulau Jawa.

Download Via Google Play

5. Fitur Baru Google Maps Untuk Mudik Lebaran

Google Maps baru saja memperkenalkan fitur terbaru dari layanannya yang bernama Explore Nearby. Fitur ini dapat membantu pengguna menjelajahi tempat-tempat terbaru di sekitar lokasi pengguna. Menurut laporan yang dilansir dari The Next Web (23/7/2014), fitur Explore Nearby akan segera digulirkan minggu ini. Jika benar demikian, sepertinya fitur ini cukup bermanfaat membantu pengguna menjelajahi daerah sekelilingnya saat melakukan perjalanan mudik Lebaran 2014 atau berpergian di masa libur Lebaran.

Menurut siaran pers Google yang diposting melalui blognya, fitur Explore Nearby akan menjadi panduan bagi pengguna untuk menjelajahi berbagai tempat dan mengetahui aktivitas yang dapat beradaptasi dengan daerah masing-masing. Bahkan fitur ini juga berguna ketika pengguna melakukan browsing ke lingkungan atau kota-kota lain di peta sehingga dapat memanfaatkan waktu liburan dengan efisien.

Fitur penjelajah di Google Maps ini tidak hanya menjelaskan apa saja yang ada di sekitar pengguna, namun dapat disesuaikan berdasarkan cuaca maupun waktu sehingga pengguna tidak berada di lokasi yang disarankan di saat yang tidak tepat. Untuk memperoleh hasil terbaik, pengguna disarankan sign in dengan melaporkan lokasi dan riwayat.

Tombol Explore Nearby akan diletakan di sudut kanan bawah Google Maps. Pengguna yang menggunakan perangkat Android dapat memperoleh informasi yang lebih relevan setelah tiba di tujuan dengan menekan tombol My Location di kanan bawah atau titik biru di peta. Bagi mereka yang mudik dengan kendaraan pribadi, aplikasi ini tentu saja wajib anda install di smartphone anda.

Download Via Google Play

6. Waze Social GPS Maps & Traffic

Waze Social GPS Maps & Traffic merupakan aplikasi Android yang memungkinkan penggunanya untuk berbagi informasi di jalan raya. Sebut saja jika terjadi kecelakaan, keberadaan polisi, dan lainnya. Hubungkan dengan Facebook maka akan tertampil lokasi teman terdekat dari tempat Anda berada. Waze kerap digunakan sebagai aplikasi wajib untuk digunakan untuk memandu perjalanan hingga menghindari kemacetan.

Waze dimanfaatkan pengguna di Indonesia untuk berbagi informasi dan mengetahui situasi lalu lintas, dengan memanfaatkan fitur GPS. Tak heran jika Indonesia masuk dalam 10 besar pengguna Waze secara global. Waze dapat merekomendasikan rute berdasarkan jarak dan kondisi macet yang dilaporkan para pengguna.

Jika ada jalur warna merah, berarti sedang terjadi kemacetan di sana berdasarkan laporan dari pengguna. Laporan macam ini disebut laporan aktif. Sedangkan yang disebut laporan pasif, pengguna tak harus melaporkan kondisi jalur yang dilewati. Dengan mengaktifkan Waze dan menentukan tempat tujuan, sudah berupa laporan pasif yang merekam data kecepatan rata-rata.

Download Via Google Play

Sebenarnya ada aplikasi Android yang lain yang dapat membantu anda dalam memberikan informasi saat mudik lebaran seperti Darisini (untuk info ATM, pom bensi, apotek dan rumah sakit) dan Agoda (hotel dan biayanya) serta Tiket Kereta Api KAI (untukm emesan tiket kereta api cepat dan mudah dan tanpa ribet).

Kembali Ke Halaman Sebelumnya…

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: