//
Anda membaca...
Sejarah dan Politik

Mahfud MD: Saya Tak Pernah Lihat Data Bukti PKS

Alasan Mahfud Md Mundur dari Tim Prabowo

Mahfud MD mengatakan bahwa dirinya tidak pernah melihat data dan dokumen atau barang bukti terkait dengan pilpres 2014 atau yang menunjukkan kecurangan pihak tertentu. Mantan Ketua Tim Kampanye Nasional Prabowo Subianto-Hatta Rajasa mengaku setidaknya sejak pilpres digelar pada 9 Juli hingga dia mundur pada 22 Juli, PKS tak pernah menunjukkan data apa pun kepada dirinya atau pun tim pemenangan lainnya.

“Katanya data di PKS itu kan hilang. Saya justru marah sama PKS karena mereka tidak pernah menunjukkan data apa pun ke saya. Saya sendiri heran kenapa data itu tidak pernah ditunjukkan ke saya,” kata Mahfud saat dihubungi Kompas.com, Jumat (25/7/2014) malam. Hal tersebut disampaikan Mahfud saat dikonfirmasi mengenai tudingan yang menyebut dirinya sebagai penyusup dan musuh dalam selimut dalam tim pemenangan. Tudingan itu sebelumnya diberitakan oleh sebuah media online dan tersebar luas di media sosial.

Berita tersebut juga menyatakan, ada sejumlah data terkait barang bukti pilpres Prabowo-Hatta yang dihilangkan. “Kalau begitu tidak ada gunanya saya di situ (tim pemenangan). Katanya sampai ada seratus ribu lembar (data), tetapi tidak pernah ditunjukkan,” tambahnya. Mahfud mengatakan, tak adanya transparansi soal data itu salah satu alasan ia enggan melanjutkan tugasnya ke ranah hukum untuk menggugat di Mahkamah Konstitusi (MK) dan lebih memilih mengundurkan diri. Selain itu, Mahfud memang enggan melakukan hal itu karena merasa akan terjadi konflik kepentingan. Pasalnya, ia pernah menjabat sebagai Ketua MK.

Selama ini, Prabowo-Hatta memang mengandalkan PKS untuk melakukan real count internal hingga pengumpulan data terkait kecurangan hasil pilpres. Kemantapan Prabowo untuk mengajukan permohonan PHPU ke MK pun datang setelah dia bersama Hatta dan sejumlah elite partai koalisi mengecek pusat tabulasi data nasional di Kantor DPP PKS. Permohonan ke MK sudah diajukan pada Jumat malam. Tim hukum Prabowo-Hatta membawa empat tumpuk kertas yang telah dijilid bukan 10 truk kontainer. Di bagian depan terdapat gambar Prabowo-Hatta dan tulisan “Alat Bukti Dalam Sengketa Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2014 Pasangan Calon Prabowo-Hatta”.

Sebagai catatan kubu Prabowo mengatakan akan mengajukan gugatan ke MK, elite PKS mengatakan akan membawa barang bukti sejumlah 10 Truk. Sayangnya keesokan harinya 2 orang pengurus PKS melapor ke Polisi bahwa sejumlah berkas untuk mengajukan gugatan ke MK telah hilang sehingga barang bukti sejumlah 10 truk kini tinggal sejumlah 3 atau 4 bundel saja. Setelah laporan itu diterima Polri, tak lama kemudian keluarlah isu-isu yang menyebutkan Mahfud MD berada dibalik peristiwa hilangnya dokumen milik PKS.

Kubu Prabowo Kecewa Karena Mahfud MD Mundur?

Sebenarnya awal tudingan ini muncul sejak Mahfud MD tidak menjabat Ketua Tim Pemenangan Nasional Prabowo Hatta dengan alasan dia merupakan mantan Ketua MK atau menghindari konflik kepentingan. Walaupun demikian, banyak masyarakat mengira perjalanan Mahfud selama membela Prabowo membuatnya semakin hari semakin menyesal. Tidak ada kebaikan yang terlihat disana sehingga Mahfud memutuskan untuk mundur. Ini terlihat dari pengakuannya bahwa Akbar Tanjung yang mengusulkan Prabowo untuk menolak hasil Pilpres 2014.

Apakah mundurnya Mahfud MD malah membuat orang-orang di kubu Prabowo menjadi kecewa? Sosok Mahfud yang sebelum Pilpres, selama ini dikenal masyarakat luas sebagai sosok yang iujur sehingga menjadi alasan Prabowo untuk merekrutnya untuk membuktikan ada pihak jujur bergabung dengan dirinya. Akan tetapi dengan keluarnya Mahfud bisa diartikan Mahfud sudah tidak sudi bergabung dengan mereka-mereka yang haus kemenangan dan haus kekuasaan.

Ini sangat merugikan buat mereka dan sepertinya mereka berusaha untuk menghukum Mahfud MD dengan menuding sebagai musuh dalam selimut atau penyusup. Namun sepertinya ini merupakan langkah kepanikan Tim Prabowo yang membuat Mahfud MD geram dan mungkin akan semakin buka-bukaan mengenai apa yang sebenarnya yang terjadi dan mungkin saja membuka semua borok yang ada.

Kita masih ingat waktu Mahfud MD diwawancarai Mata Najwa sewaktu memutuskan akan bergabung dengan Tim Prabowo-Hatta bisa dilihat dari sinar matanya betapa galaunya seorang Mahfud. Terlihat ada beban yang sangat berat. Salah satu alasan dirinya bergabung pada saat itu adalah karena kecewa dengan Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar, dan dia ingin membuktikan bahwa Muhaimin keliru tidak mencapreskan dirinya.

Diskusi

2 respons untuk ‘Mahfud MD: Saya Tak Pernah Lihat Data Bukti PKS

  1. Kalau saya menilai Mahfud itu orang yang jujur, awalnya dia mendukung Prabowo karena merasa seide saja…tetapi dia seorang kesatria karena ikhlas mengakui bahwa pilihannya kalah dan yang menang bukanlah orang yang buruk…Tetaplah jujur….salam

    Posted by Mrs. ginting | Agustus 1, 2014, 3:02 am
  2. nyantay aja pak,,,,
    bowo dan pendukungnya
    emang lagi menahan beban
    malu tiada terkira
    dikalahkan oleh wong ndeso,
    ntar juga mereka pada tobat nasuha

    Posted by joko wih | Agustus 2, 2014, 9:43 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: