//
Anda membaca...
Sejarah dan Politik

Video Milisi ISIS Ledakkan Makam Nabi Syits (Seth)

Foto Situs Makam Nabi Shiyt Diledakkan ISIS

Inilah video Youtube yang memperlihatkan kaum milisi dari kelompok Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) kembali ledakkan situs makam Nabi Syits atau Shith atau Shiyth atau Set dalam bahasa Ibrani yang berada di Kota Mosul, Irak pada hari Jumat, 25 Juli 2014 setelah sebelumnya menghancurkan situs bersejarah dan keagamaan lainnya seperti makam Nabi Yunus dan gereja berusia 1.800 tahun.

“Militan ISIS melarang masyarakat untuk mendekat, mereka kemudian menanam bahan peledak di sekitar makam itu dan meledakkannya dari jarak jauh,” kata seorang saksi mata kepada kantor berita Agence France-Presse (AFP). Situs makam Nabi Shiyt, terletak di selatan Irak, berkeping-keping dalam sekejap. Debu membumbung tinggi. Peledakan itu direkam, dan diunggah ke YouTube, liat video di bawah:

Nabi Syits, Shiyt atau Seth merupakan nabi yang sering disebut dalam kitab suci Agama Islam, Kriten dan Yahudi. Ia adalah anak ketiga Adam dan Hawa. Sebagai anak Adam dan Hawa yang paling cerdas, dan berbudi luhur, Shiyt mewariskan tugas kenabian dari sang ayah. Sami al-Massoudi, wakil kepala Badan Wakaf Shiah yang mengawasi tempat-tempat suci, mengatakan ISIS tidak hanya meledakan makam tapi juga mengambil beberapa artefak dan membawanya ke tempat yang tidak diketahui.

“ISIS mengikuti doktrin keagamaan yang tak lazim. Mereka membunuh orang-orang yang dianggap menyimpang, dan menghancurkan apa pun yang dianggap tidak ada hubungan dengan Islam,” ujar Al-Massoudi. Zuhair al-Chalabi, pejabat lokal di Mosul, mengatakan ISIS juga sempat berniat menghancurkan menara Masjid Al Hadba tapi penduduk lokal mencegahnya.

Al Hadba terletak di Masjid Agung, yang membuat kota Mosul terkenal dengan julukan Si Bungkuk. “Sejumlah warga memprotes, dengan cara memasuki masjid dan menolak keluar,” ujar Al Chalabi kepada Al Sumaria News. “Padahal, ISIS telah mengepung Masjid Agung sejak pagi, dan telah menanamkan bahan peledak di kaki menara.” Sempat terjadi pertengkaran. Warga seolah tak takut mati dan terus melakukan perlawanan.

Sementara itu seorang pejabat Mosul, bernama Zuhair al-Chalabi mengatakan kepada jurnalin Sumaria News bahwa pada hari Jumat, 25 Juli 2014, milisi ISIS ingin menghancurkan mesjid terbesar di Mosul, Al-Nuri atau sering dikenal dengan nama Masjid Al-Hadba Minerat yang dikenal sebagai salah satu situs bersejarah di Irak, namun hal itu tidak terjadi karena warga lokal mencegah para kaum militan.

Diskusi

Satu respons untuk “Video Milisi ISIS Ledakkan Makam Nabi Syits (Seth)

  1. Target utama isis adalah Kristen…isis hanya mengelabui mata dunia pura-pura memerangi Islam…sbb ada roh yg mengontrol mereka.islam sengaja diusir dari negara irak dan berhijrah di negara kristen agar isis punya tapak di ñegara2 kristian. Sebuah visi-misi islam untuk mengusai dunia. jika Rusia juga menerima pengungsi syariah, saatnya dunia di ambang kehancuran.sebuah sandiwara yg dikasih masuk dlm kardus yg dibungkus rapi.

    Posted by Doni | Maret 27, 2016, 1:41 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: