//
Anda membaca...

Panjang Jembatan Nasional Suramadu 5,438 Km

Panjang Jembatan Nasional Suramadu 5,438 Km

3. Jembatan Suramadu

Jembatan Nasional Suramadu mempunyai panjang 5,438 kilometer, yang membentang di atas Selat Madura untuk menghubungkan wilayah Surabaya dan Madura. Dari situlah nama Suramadu berasal, Sura dari kata Surabaya dan Madu dari kata Madura. Jembatan Suramadu terdiri dari tiga bagian yaitu jalan layang (causeway), jembatan penghubung (approach bridge), dan jembatan utama (main bridge).

Jembatan ini diresmikan awal pembangunannya oleh Presiden Megawati Soekarnoputri pada tanggal 20 Agustus 2003 dan diresmikan pembukaannya oleh Presiden SBY pada 10 Juni 2009. Pembangunan jembatan ini ditujukan untuk mempercepat pembangunan di Pulau Madura, meliputi bidang infrastruktur dan ekonomi di Madura, yang relatif tertinggal dibandingkan kawasan lain di Jawa Timur. Perkiraan biaya pembangunan jembatan ini adalah 4,5 triliun rupiah.

Pembuatan jembatan ini dilakukan dari tiga sisi, baik sisi Bangkalan maupun sisi Surabaya. Sementara itu, secara bersamaan juga dilakukan pembangunan bentang tengah yang terdiri dari main bridge dan approach bridge. Dibuka untuk umum sejak 10 Juni 2009, Jembatan Suramadu kini menjadi salah satu objek wisata di Surabaya dan Madura.

« Sebelumnya Berikutnya »

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s