//
Anda membaca...
Kesehatan, Teknologi

3 Alasan Sebaiknya Jangan Bawa Ponsel ke Tempat Tidur

Foto Ponsel Samsung Galaxy S4 Terbakar di Balik Bantal

Dailymail

Inilah tiga alasan mengapa anda sebaiknya jangan tidur dekat ponsel atau meletakkannya di kasur atau tempat tidur. Memang dengan semakin canggihnya smartphone, membuat gadget ini bagian dari gaya hidup dan mewarnai kebiasaan umat manusia di kehidupan modern. Tidak jarang orang asyuk ngobrol atau ber-BBM ria dengan teman atau kekasih sampai dini hari sehingga membuat penggunanya ketiduran dan terlelap sambil menggunakan headset di telinga dan ponsel di tempat tidur.

Ada juga beberapa orang yang mempunyai kebiasaan buruk untuk meletakkan ponsel di dekat bantal agar bisa cepat mengeceknya jika ada pesan masuk. Menurut survey yang dilakukan Pew Internet Project, 44 persen pemilik ponsel tidur di dekat ponsel mereka untuk memastikan tidak ketinggalan pesan atau panggilan di ponsel mereka.

Meski Anda beralasan tak bisa jauh-jauh dari ponsel sepanjang hari, tetapi saat tidur sebaiknya simpan ponsel atau gadget jauh dari tempat tidur karena dapat menimbulkan resiko bahaya bagi kesehatan anda. Tidak percaya? Simak 3 alasan berikut ini seperti yang dirilis oleh health.com.

1. Dapat Menyebabkan Kebakaran

Ya, banyak kejadian dimana smartphone dapat meledak dan terbakar di tempat tidur terutama membakar sprei dan bantal. Seorang remaja di Texas, Amerika Serikat terbangun karena mencium bau terbakar. Ponsel Samsung Galaxy S4 yang diletakkannya di bawah bantal tiba-tiba terbakar yang menyebabkan sebagian sprei dan kasur ludes terbakar.

Apa penyebabnya? Ternyata smartphone Samsung tersebut menggunakan baterai yang tidak sesuai dengan spesifikasi ponsel. Oleh karena itu, sebaiknya kita memilih aksesoris ponsel yang asli dan menjauhkan ponsel dari tempat tidur di malam hari, seperti yang tertulis di panduan instruksi manual ponsel tersebut dimana ada peringatan untuk tidak menggunakan baterai dan charger yang tidak sesuai atau yang palsu. Buku manual tersebut juga melarang ponsel diletakkan di bawah bantal atau dibungkus oleh material yang tebal. Jadi sebaiknya anda menggunakan aksesories smartphone yang asli dan jangan letakkan di kasur.

2. Dapat Mengganggu Tidur atau Menyebabkan Insomnia

Semua ponsel, tablet, TV dan gadget yang menggunakan layar LED dapat menyebabkan tidur anda terganggu dan tidak nyenyak karena perangkat tersebut mengeluarkan cahaya biru. Dalam suatu penelitian dinyatakan, cahaya tersebut mempunyai panjang gelombang seperti sinar matahari yang dapat menghambat pembentukan atau produksi hormon melatonin yang menyebabkan kita mengantuk atau bisa tidur. (Baca: Cara Mengatasi dan Mengobati Insomnia Secara Alami)

Sehingga hal ini dapat menjadi penyebab terjadinya kasus insomnia dan mengganggu jam biologis tubuh yang dapat merusak kesehatan. Supaya anda dapat memperoleh kualitas tidur yang baik, disarankan untuk mematikan semua perangkat elektronik, dua jam sebelum tidur. Sebaiknya letakkan ponsel dan laptop anda di ruangan berbeda.

3. Resiko Kesehatan Karena Radiasi Elektromagnetik

Walaupun tidak ada riset yang dapat membuktikan 100 persen, ponsel dapat menyebabkan kanker atau menurunkan kualitas sperma (Baca: Ponsel Dapat Menurunkan Kualitas Sperma), tetapi secara umum ponsel dan gadget lain mengeluarkan radiasi elektromagnetik dalam dosis rendah. Jumlah yang sama juga dikeluarkan oleh microwave dan alat rontgen, X-rays.

Pada tahun 2011, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan bahwa radiasi tersebut bisa bersifat karsinogen pada manusia, terutama pada anak-anak yang mempunyai jaringan lunak kepala dan tulang lebih tipis dibandingkan orang dewasa. Itu sebabnya, jika Anda masih memiliki anak kecil, jauhkan perangkat gadget dari kamar tidur untuk mencegah resiko kanker.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: