//
Anda membaca...
Kecantikan, Kesehatan

10 Cara Mudah Mendetoksifikasi Tubuh Secara Alami

Minum Air Putih Untuk Hilangkan Racun dalam Tubuh

Walau dianggap sulit dilakukan, sebenarnya ada cara yang mudah dan alami untuk mendetoksifikasi tubuh dan kulit wajah secara alami dengan tujuan agar menghilangkan racun. Berbagai ancaman terhadap kesehatan dan kecantikan kulit wanita, sebagian besar terjadi dari pola makan yang salah. Oleh karena itu, kini banyak wanita yang memilih untuk mengonsumsi makanan sehat demi mempertahankan kecantikan dan kesehatan kulit serta tubuh. (Baca: Makanan untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit Wajah)

Detoksifikasi berarti suatu proses di mana racun berbahaya yang dibuang dari tubuh secara alami atau dinetralisir melalui paru-paru, hati, usus, limpa, kulit, ginjal, dan usus sehingga membantu tubuh menjadi lebih sehat dengan mengeluarkan toksin atau racun, pengganggu aliran sehat dan normal dalam tubuh yang dapat membuat kita merasa lelah, sakit dan depresi. (Baca: Cara Mengatasi Depresi atau Stress)

Racun juga dapat menyebabkan penyakit serius, seperti kanker, artritis, diabetes dan alergi. Ada ribuan racun dan bahan kimia sintetik berbahaya di udara, air, ruangan bahkan makanan. Dengan makan makanan yang sehat dan mengikuti gaya hidup yang lebih baik, dapat meningkatkan kemampuan untuk menghilangkan zat-zat berbahaya dan mengembalikan kemampuan penyembuhan alami tubuh.

Setelah tubuh melakukan proses detoksifikasi, maka tubuh akan merasa lebih kreatif, bersemangat, produktif, rileks dan nyaman. Berikut merupakan beberapa cara mudah untuk mendetoksifikasi tubuh secara alami yang dapat anda lakukan setiap hari, yang diperoleh dari berbagai sumber, termasuk kompas.com.

1. Minum Air Hangat dan Lemon
Buatlah air hangat dicampur dengan perasan jus lemon di pagi hari setelah bangun tidur. Air memberi hidrasi untuk tubuh sementara lemon menyeimbangkan keasaman tubuh dan melancarkan pencernaan.

2. Minum Air Putih
Mengkonsumsi air putih secara teratur sesuai kebutuhan tubuh dapat menghilangkan racun, membersihkan sistem pencernaan, serta mengeluarkan sisa-sisa makanan yang melekat di usus. Dengan demikian, limbah makanan tidak menumpuk dalam perut dan tubuh.

3. Olahraga Agar Berkeringat
Olah raga adalah cara terbaik untuk bekeringat. Keringat adalah cara tubuh menghilangkan racun tubuh. Berkeringat juga bisa dilakukan di dalam ruangan steam atau sauna.

4. Pola Makan Sehat dan Alami
Menjaga pola makan sehat dan alami adalah cara terbaik dan efektif untuk mendetoksifikasi tubuh setiap hari. Pola makan sehat terdiri dari sayur dan buah segar. Pilihlah sayuran yang mendukung kinerja lever dan ginjal sehat seperti kubis, bit dan sayur-sayuran hijau.

5. Lakukan Yoga
Pose twist atau memutar tubuh dalam yoga adalah pose terbaik untuk detoksifikasi. Sistem pencernaan dan organ-organ di dalam perut mendapatkan manfaat dari postur ini.

6. Minum Air Kelapa
Sudah diketahui sejak lama bahwa air kelapa dapat membersihkan racun-racun dalam tubuh secara alami. Mengonsumsi air kelapa bermanfaat untuk membersihkan saluran pencernaan, menjaga tubuh tetap terhidrasi, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

7. Minum Jus Labu
Jus labu dapat digunakan sebagai obat alami bagi penderita gangguan pencernaan. Dr Rathod menerangkan bahwa sifat basa labu dan kandungan seratnyalah yang sangat bermanfaat menyembuhkan masalah pencernaan

8. Masak Sendiri di Rumah
Dengan memasak sendiri kita bisa mengontrol hanya bahan-bahan sehat yang digunakan untuk membuat makanan kita. Kita tak pernah tahu restoran tempat kita makan menggunakan bahan apa saja untuk dimasak. Carilah resep-resep makanan sehat yang juga bermanfaat mendetoksifikasi tubuh.

9. Minum Susu
Susu juga berguna sebagai penawar racun, karena bersifat antidotum dan susu dapat mengendapkan racun-racun dalam tubuh yang kemudian dikeluarkan melalui feses. Sebaiknya konsumsilah minuman tersebut sebelum sarapan agar proses detoksifikasi berjalan baik dan Anda pun bisa merasakan manfaatnya.

10. Minum Teh Hijau
Minum terlalu banyak kopi menstimulasi tubuh kita secara berlebihan dan menyebabkan kita jadi cemas dan tak fokus. Gantilah kopi dengan teh hijau yang kaya akan antioksidan. Teh hijau kaya akan katekin yang mempercepat kerja lever dan meningkatkan produksi enzim untuk detoksifikasi.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: