//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa

AS Rilis Video Serangan Udara Terhadap ISIS di Youtube

Foto Jet Tempur F/A-18 Bombardir Militan ISIS di Irak Utara

Pihak Amerika Serikat merilis video serangan udara terhadap ISIS di Youtube termasuk bantuan kemanusiaan terhadap pengungsi etnis Yazidi di Irak bagian utara. Dua video yang diunggah Komando Tertinggi AS (Centcom) memperlihatkan jet F/A-18C Hornet menhantam dua artileri milik ISIS pada Jumat (8/8/2014).

“Serangan pertama terjadi pada sekitar pukul 06.45 waktu AS ketika dua jet F/A-18 dua buah bom berpemandu laser seberat 250 kilogram terhadap dua mobil artileri ISIS di dekat Arbil, ibu kota wilayah Kurdistan,” demikian pernyataan pemerintah AS. “ISIS menggunakan artileri itu untuk menghujani pasukan Kurdi yang mempertahankan Arbil, di mana personel militer AS ditempatkan,” tambah pemerintah AS. Lihat Video 1 di bawah ini:

Juru bicara Gedung Putih Josh Earnest mengatakan serangan militer AS akan difokuskan untuk melindungi warga AS dan terkait situasi kemanusiaan di pegunungan Sinjar, tempat warga etnis Yazidi mengungsi. Dua serangan lain terjadi di hari yang sama ketika empat jet F/A-18 menhancurkan konvoi tujuh kendaraan ISIS dan sebuah posisi mortir di dekat kota Arbil. Lihat video 2 di bawah ini:

Selain video dua serangan itu, Centcom juga mengunggah video saat AS menjatuhkan bantuan untuk warga Yazidi yang mengungsi di pegunungan. Bantuan itu berupa 5.300 galon air bersih dan 8.000 paket makanan. “Pesawat pengangkut terbang rendah di atas lokasi penerjunan bantuan kurang dari 15 menit,” demikian pemerintah AS. Lihat video pengiriman bantuan di bawah ini.

Ribuan warga etnis minoritas Yazidi mengungsi di pegunungan sekitar kota Sinjar yang jatuh ke tangan pasukan ISIS awal pekan ini. Demi menghindari kejaran ISIS ribuan orang itu terpaksa mengungsi tanpa perbekalan yang memadai.

20 Militan ISIS Tewas

Laporan resmi terkini pihak Kurdi menunjukkan serangan udara AS ke wilayah Khazar, Irak bagian utara menewaskan 20 militan ISIS. Menurut warta laman Bangkok Postpada Sabtu (9/8/2014), serangan itu juga melukai 55 warga Kurdi di situ. Catatan menunjukkan ISIS menempatkan basis di Khazar. Selain itu, basis ISIS ada juga di Mosul dan Erbil. Kelompok Kurdi banyak tinggal di Erbil.

Sebelumnya, pada Kamis (7/8/2014), Presiden AS Barack Obama sudah memberikan kepastian untuk menyerang basis-basis ISIS di Irak. Menurut Obama, serangan itu untuk mencegah pembantaian etnis minoritas Yazid yang terjebak di Gunung Sinjar lantaran ulah militan ISIS yang tengah mewujudkan ambisinya membangun negara Islam di Suriah dan Irak. (Baca: Pesawat Tempur AS Serang Markas ISIS di Irak Utara)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: