//
Anda membaca...
Rumah dan Taman

Cara Cepat Membersihkan Dapur Kotor Secara Harian

Gambar Desain Dapur Bersih Minimalis Yang Modern

Sebenarnya ada cara cepat membersihkan dapur yang kotor secara harian. Ya, kadang memang kegiatan ini dianggap sebagai momok dan tugas yang menghabiskan banyak waktu karena biasanya bukan kegiatan memasak yang segan dihadapi oleh pemilik rumah, namun kegiatan membersihkan dapur dan membereskan barang-barang di dalamnya. Tidak heran, membersihkan dapur bagi sebagian orang begitu intimidatif.

Berikut adalah dua cara yang direkomendasikan untuk membersihkan daput kotor secara harian. Intinya adalah kesiapan pemilik rumah dan sistem yang mumpuni sehingga anda seharusnya memiliki segala perlengkapan yang diperlukan sebelum mulai membersihkan dapur!

Bersihkan Dapur Dalam Waktu 20 Menit

Inilah rahasia untuk membersihkan dapur hanya dalam 20 menit menurut situs brightnest.com. Yang anda butuhkan adalah satu cangkir baking soda, sebuah lap lembut, spons, lima iris lemon, mangkuk (pastikan aman digunakan dalam microwave), kaus kaki, karet gelang, sapu, dan satu cangkir cuka. Beberapa bahan pembersih yang telah disebutkan sebelumnya tentu sudah Anda kenal.

Mulailah dengan membersihkan bak cuci piring selama lima menit. Sebelum membersihkan bak cuci, tentu saja pemilik rumah harus menyelesaikan semua cucian kotor yang masih menumpuk di dalam bak tersebut. Kemudian, basahkan kembali seluruh permukaan bak cuci dengan air hangat. Taburkan baking soda ke permukaannya, gosok dengan kain lembut atau spons hingga membentuk pasta. Kemudian bilas.

Selama dua menit, singkirkan barang-barang menumpuk di dalam dapur sampai menit ketujuh. Jika dapur Anda benar-benar berantakan, tentu dua menit tidak akan cukup. Namun, tidak ada salahnya Anda mulai membersihkan dapur sedikit demi sedikit. Mulailah dengan membersihkan sampah yang berserakan. Sampah yang dimaksud adalah kertas-kertas, kupon, tas plastik, dan barang-barang tidak terpakai lainnya di meja dapur (countertop) Anda.

Selanjutnya, bersihkan microwave dengan lemon. Masukkan satu cangkir air dan lima iris lemon ke dalam mangkuk tahan microwave. Panaskan mangkuk beserta isinya tersebut selama tiga menit. Kemudian, biarkan mangkuk ini diam di dalam microwave selama dua menit. Sementara Anda memanaskan mangkuk dan mendiamkannya, Anda bisa melakukan langkah lain. Setelah itu, keluarkan mangkuk dengan hati-hati.

Sembari menunggu microwave “membersihkan dirinya sendiri” dengan air dan lemon, bersihkan bagian bawah kulkas. Gunakan sapu untuk membersihkan debu di lantai bawah kulkas. Kemudian, sarungkan kaus kaki usang ke gagang sapu, kuatkan dengan karet gelang. Seka bagian bawah kulkas dengan kaus kaki dan gagang sapu tersebut.

Ketika microwave Anda sudah bersih, cobalah membersihkan spons dengan menggunakan microwave tersebut. Bunuh bakteri yang ada di spons dengan cara memasukkan spons basah ke dalamnya, pasang dengan “setting” tertinggi selama dua menit. Hati-hatilah ketika mengambil kembali spons dari microwave, dan biarkan mendingin sebelum digunakan kembali.

Pada menit ke-15 hingga satu menit setelahnya, bersihkan dishwasher atau mesin cuci piring dengan menaruh cuka putih di dasar dishwasher dan mulailah satu putaran pada pengaturan temperatur tertinggi. Jika Anda tidak memiliki mesin cuci piring, langkah ini bisa dilongkapi. Terakhir, lap permukaan meja dapur (counter) dan kompor. Singkirkan sisa makanan, debu, dan noda membandel. Gunakan produk pembersih yang bisa menguraikan minyak. Selain itu, gunakan tisu dapur atau kain lembut untuk menyekanya.

Cara Kilat Membersihkan Dapur Dengan Berkala

Proses membersihkan dapur di bawah ini hanya membutuhkan waktu kurang dari sepuluh menit. Anda bisa menjamin dapur selalu bersih. Hanya saja, Anda perlu melakukan hal berikut ini secara berkala. Bila perlu, lakukan setiap selesai menyantap makanan.

Pertama, segera bereskan sisa makanan. Simpan makanan yang belum sempat Anda santap, dan bersihkan permukaan meja dari tumpahan makanan. Manfaatkan cairan pembersih dapur untuk memastikan permukaan meja makan dan meja dapur bersih dari sisa makanan, lemak, dan kotoran lainnya. Selain itu, rendam pula panci berlemak dalam air sabun hangat selama beberapa menit sebelum mencucinya.

Kedua, mulailah mencuci piring. Jika Anda menggunakan mesin pencuci atau dishwasher, pastikan menaruh piring, sendok, dan garpu secara berkelompok menurut jenisnya. Hal ini disampaikan oleh penulis buku The Organically Clean Home, Becky Rapinchuk. Jangan lupa, pastikan juga Anda membongkar perlengkapan memasak, seperti spatula, agar air kotor tidak terjebak antara spatula dan gagangnya. Sementara, jika Anda mencuci piring dan perlengkapan makan lainnya secara manual, cobalah mencuci menurut jenisnya. Misalnya, mulailah dengan mencuci sendok dan garpu, kemudian piring, baru terakhir panci.

Ketiga, jangan lupa membersihkan keran dan bak cuci piring setelah Anda mencuci piring. Tanpa Anda sadari, minyak dan kotoran dari sisa makanan bisa menumpuk di keran. Rapinchuk juga mengingatkan untuk membersihkan gagang lemari es, tombol microwave, dan kenop kompor.

Keempat atau terakhir, sapu daerah di sekitar meja makan dan kompor, serta ikat plastik sampah, dan bawa keluar.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: