//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa

Jenis Senjata yang Boleh Dimiliki Satpol PP Sesuai Peraturan

Satpol PP Boleh Gunakan Senjata Kejut Listrik

Sebenarnya jenis senjata apakah yang boleh dimiliki satpol PP (Satuan Polisi Pamong Praja) sesuai Peraturan Mentri Dalam Negeri, Permendagri? Apakah mereka boleh menggunakan senjata api sesuai rencana Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama walaupun pada akhirnya Ahok mengaku pernyataan dia sebelumnya hanya ingin memancing oknum TNI yang “melindungi” pedagang kaki lima (PKL) Monas.

Pernyataannya itu, kata dia, bukan berarti ia menantang anggota TNI untuk baku tembak bersama Satpol PP. “Yang gue pancing kan oknum TNI, bukan TNI. Gue mana berani sih lawan TNI. Ha-ha-ha,” kata Basuki terkekeh, Selasa (5/8/2014) malam, seperti yang diberitakan kompas.com. (Baca: Ahok Marah Karena Ada Oknum TNI Bekingi PKL di Monas)

Sebenarnya, Satpol PP sendiri telah memiliki peraturan dalam hal penggunaan senjata api. Peraturan tersebut tertuang dalam Peraturan Mentri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 26 Tahun 2010 tentang penggunaan senjata api bagi anggota satuan polisi pamong praja. “Sebab memang satpol PP itu dibina oleh Mendagri,” kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto, Sabtu (9/8/2014).

Dalam Permendagri tersebut, pada Pasal 1 ayat 3 yang dimaksut senjata api adalah senjata gas air mata berbentuk pistol/revolver, senapan yang dapat ditembakkan dengan peluru gas atau peluru hampa dan stick (pentungan), senjata kejut listrik berbentuk stick (pentungan) dengan menggunakan aliran listrik. Sementara pada pasal 2 mengatur jenis senjata api yang diperbolehkan digunakan anggota satpol PP, yakni terdiri atas senjata peluru gas, semprotan gas, dan alat kejut listrik.

Adapun anggota yang dapat menggunakan senjata api, tertuang pada pasal 3 ayat 1 yaitu pejabat satuan Satpol PP meliputi Kepala Satuan, Kepala Bagian/bidang, kepala seksi, komandan pleton, dan komandan regu. Selain pejabat satuan, anggota satuan polisi PP yang dapat menggunakan senjata api adalah yang melaksanakan tugas di lapangan. Namun, penggunaannya dibatasi yaitu paling banyak satu pertiga dari seluruh anggota satpol PP. Begitupun penggunaannya setelah mendapatkan perizinan penggunaan dari Kepolisian Negara RI.

Kapolda Metro Jaya Tidak Sependapat Gunakan Senjata Api

Kapolda Metro Jaya Irjen Dwi Priyatno menilai, rencana Pemprov DKI untuk membekali Satpol PP DKI dengan senjata api belum menjadi hal yang mendesak. Sebab, sesuai dengan urgensi penugasannya, penertiban oleh satpol PP lebih ditujukan terhadap masyarakat, bukan penjahat. “Satpol PP lebih pada menertibkan masyarakat, bukan penjahat. Misalnya PKL. Kita harus ngemong mereka, PKL itu,” katanya di Mapolda Metro Jaya, Jumat (8/8/2014), seperti yang diberitakan kompas.com.

Dia menuturkan, penggunaan senjata api oleh pihak kepolisian dilakukan dalam penindakan yang bersifat tugas kepolisian. Senjata dipergunakan bila polisi ternyata menerima perlawanan dalam menjalankan tugas, yang kemudian membahayakan diri mereka. “Oleh sebab itu, tindakan polisionil (berhubungan dengan tugas kepolisian) harus betul-betul tepat. Ada upaya preventif terlebih dahulu, baru kemudian upaya paksa penegakan hukum,” ucap Dwi.

Dalam menggunakan senjata pun, Dwi melanjutkan, polisi perlu menjalani pelatihan dan pendidikan. “Polisi yang memegang senjata itu harus terdidik dan terlatih serta menjalani psikotes.” Untuk penertiban yang kerap dilakukan satpol PP, pihak Pemprov DKI menurutnya bisa meminta bantuan kepada polisi. “Kami dukung sepenuhnya, seandainya ada oknum-oknum yang bermain, seperti oknum Polri. Jika demikian, maka akan kami tindak,” ujar Kapolda.

“Saya sudah sampaikan kepada Ahok, kami akan backupsepenuhnya untuk hal yang ada kaitannya dengan oknum, yang katakanlah melindungi, entah itu premanisme, termasuk adanya PKL yang tidak bisa ditertibkan,” sambungnya.

Diskusi

Satu respons untuk “Jenis Senjata yang Boleh Dimiliki Satpol PP Sesuai Peraturan

  1. Selamat siang, http://anekainfounik.net/ perkenalkan saya egi, saya mempunyai game android bernama POMIBO saati ini baru 1600 downloader, bisakah game saya di publish di http://anekainfounik.net ?

    teima kasih

    Posted by mailtoagi1 | Agustus 9, 2014, 6:39 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: