//
Anda membaca...
Teknologi

Kini Kirim Pesan FB Harus Via Aplikasi Facebook Messenger

Gambar Tampilan Facebook Messenger di Android

Mulai pekan ini kirim pesan FB harus lewat aplikasi Facebook Messenger baik untuk ponsel atau smartphone yang menggunakan platform Android maupun iOS (iPhone). Jadi anda harus meng-install aplikasi ini supaya bisa membaca atapun membalas pesan dari teman Facebook. Diberitakan sebelumnya, minggu ini Facebook berencana untuk menghilangkan fitur chatting yang ada di situs mereka dan mendorong para penggunanya yang ingin melakukan chatting untuk mengunduh dan menginstal Facebook Messenger terlebih dahulu di perangkat mobile mereka.

Walaupun terkesan memaksa dan ribet, namun Facebook mengobati kekecewaan penggunanya itu dengan banyak fasilitas menarik yang sudah disematkan di dalam Facebook Messenger. Dalam kabar sebelumnya, penghilangan fasilitas chatting itu akan dimulai tidak secara serempak. Para pengguna Facebook yang akan terimbas dengan kebijakan ini terlebih dahulu adalah yang ada di Eropa yang menggunakan iPhone. Kemudian setelah itu akan merata ke seluruh dunia.

Facebook memang pernah mengatakan bahwa komunikasi via aplikasi Messenger akan menguntungkan user karena 20% lebih cepat dibanding berkomunikasi viaMessage dari dalam aplikasi Facebook. “Dalam beberapa pekan ke depan, kami akan memberitahu lebih banyak pengguna, ketika mereka ingin mengirim dan menerima pesan Facebook, mereka perlu mengunduh aplikasi Messenger,” ujar Facebook seperti dikutip dari TheNextWeb.

Facebook Messenger sudah dapat anda download untuk platform Android, iOS (iPhone) serta Windows Phone. Aplikasi chatting di jejaring sosial ini didedikasikan khusus untuk versi iPad. Versi iPad ini dirilis pada 3 Juli 2014 dan tampil dalam versi 7.0. Aplikasi chatting ini dapat berjalan untuk perangkat iPhone atau iPad di versi iOS 7. Update aplikasi Facebook Messenger untuk tablet Apple ini menghadirkan perbaikan bug serta peningkatan performa. Aplikasi ini juga kini mendukung perangkat Android Wear.

Download Facebook Messenger di Google Play (Android)

Facebook Messenger Bakal Dijadikan Alat Pembayaran?

Facebook kemungkinan akan menambah kemampuan baru di fitur pesan instan Facebook. Facebook disinyalir akan berusaha mendapatkan uang dari aplikasi Messenger setelah menjadikannya fasilitas pembayaran. Prediksi tersebut muncul pasca bergabungnya Marcus karena ia dikenal sebagai sosok yang membangun kesuksesannya lewat penggunaan dan pengembangan program pembayaran mobile. Seperti kita ketahui, hampir dua bulan yang lalu, David Marcus yang menjabat sebagai Presiden PayPal ditarik untuk bergabung dengan Facebook. Marcus masuk ke perusahaan jejaring sosial itu untuk mengisi posisi Vice President di unit Messenger milik Facebook.

Menurut yang dilaporkan laman Phone Arena, Senin (28/7/2014), pengamat menganggap logis bila perusahaan jejaring sosial yang telah memiliki pengguna lebih dari 1,25 miliar ini berencana menghasilkan uang tambahan dari fitur hasil kembangannya. Selain itu, aplikasi ini memiliki fungsi dasar yang cukup diminati kebanyak orang di dunia, mengobrol lewat pesan instan.

Facebook sebagai perusahaan besar sudah memiliki kekuatan yang cukup besar di industri layanan pesan instan. Sejak dibuka jadi aplikasi terpisah, Facebook Messenger diketahui tumbuh dengan sangat pesat. Layanan chit-chat dengan teman Facebook itu diketahui telah tumbuh menjadi 200 juta pengguna di seluruh dunia.

Belum lagi kekuatan yang dimiliki WhatsApp yang belum lama ini baru diakuisis perusahaan dengan nilai fantastik, US$ 19 miliar. Meski harganya sangat tinggi, tapi Facebook yakin bahwa 500 juta pengguna yang ada di WhatsApp bakalan bisa dimanfaatkan oleh perusahaan. Menambahkan fitur pembayaran di Messenger masih berupa prediksi yang beredar di kalangan pengamat industri teknologi.

Namun, cara apa yang akan dilakukan Facebook secara pasti kepada layanan Messenger supaya bisa memberikan penghasilan masih belum diketahui. Apakah Facebook Messenger dapat mengalahkan hegemoni aplikasi chat di smartphone seperti BBM, Whatsapp, Yahoo Messenger, Skype, WeChat dan lainnya.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: