//
Anda membaca...
Bisnis

Alur, Tata Cara Pendaftaran dan Tahapan Seleksi CPNS 2014

Diagram Alur Pendaftaran Seleksi CPNS 2014

Inilah alur, tahapan dan tata cara pendaftaran seleksi CPNS 2014 menurut Kepala Bagian Komunikasi Publik Kementerian PAN-RB, Suwardi. Pendaftaran secara online mulai dibuka mulai tanggal 20 Agustus sampai 3 September 2014 mendatang. Bagi masyarakat yang berminat sebaiknya mempelajari bagaimana alur cara daftar online CPNS 2014 agar tidak terjadi kesalahan.

Demi wujudkan penerimaan CPNS 2014 yang bebas dari KKN, pemerintah lakukan seleksi dengan sistem CAT. Sistem ini dilakukan serentak di seluruh Tanah Air. Terkait dengan registrasi onine, sebenarnya alur pendaftaran CPNS 2014 dapat disimak melalui situs panselnas.menpan.go.id/demo. Anda juga harus mengetahui lowongan kerja atau Formasi Nasional CPNS 2014 yang terdiri dari formasi K/L (Kementerian dan Lembaga) dan formasi di Instansi Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota. Jumlah formasi disesuaikan dengan kebutuhan insitusi, lembaga, atau kementerian. Sehingga, di masing-masing lembaga itu pastinya tidak miliki jumlah formasi yang sama. (Baca: Daftar Kementerian dan Instansi Yang Buka Lowongan CPNS 2014)

Berikut beberapa tahapan dan hal yang wajib anda ketahui.

Seleksi Administrasi

1. Proses pendaftaran secara online. Para pendaftar harus membuka situs resmi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di alamat panselnas.menpan.go.id. Lakukan pendaftaran dengan mengisi kolom NIK, Nama, Email, dan Pilihan Instansi yang Dilamar

2. Pelamar akan mendapatkan Username, Password dan Link (tautan) Pendaftaran Online Instansi yang Dilamar.

3. Pendaftar diminta membuka Link (tautan) pendaftaran yang sudah diterima. Pelamar akan melihat tampilan pendaftaran CPNS di instansi yang dituju.

4. Pendaftar diminta melakukan Login dengan memasukkan Username dan Pasword yang sudah diterima sebelumnya. Lengkapi pendaftaran, dan lengkapi dokumen. Kelengkapan dokumen seperti Ijazah dan lainnya disampaikan dalam bentuk data dengan format pdf dan di-upload pada kolom dokumen yang sesuai.

5. Para pendaftar akan memperoleh kartu registrasi. Cetak kartu registrasi sebagai bukti telah mendaftar.

6. Pendaftar menunggu hasil verifikasi berkas pendaftaran oleh tim verifikator.

7. Hasil verifikasi akan diumumkan dalam situs ssc.bkn.go.id atau situs resmi masing-masing lembaga. Bila lulus verifikasi administrasi, pelamar akan mendapat kartu peserta tes.

Tes dan Ujian dengan CAT

Laporkan data yang tertera pada kartu pesert tes. “Nanti peserta akan mendapat pemberitahuan tentang Lokasi, Waktu dan Jam pelaksanaan tes dan ujian menggunakan CAT,” ucap Suwardi. Setelah mendapat lokasi, waktu dan jam pelaksanaan ujian, peserta diminta datang tepat waktu sesuai dengan pemberitahuan.

“Karena dalam 1 hari bisa ada lebih dari 1 gelombang tes. Waktunya kan 90 menit, jadi sehari bisa ada 3-5 gelombang pelaksanaan tes. Kalau peserta terlambat, tidak bisa mengikuti gelombang berikutnya. Dengan kata lain, gugur,” sebutnya.

Tahap selanjutnya adalah mencetak kartu tanda peserta ujian dan tes yang diperoleh dari proses seleksi administrasi tadi. “Bawa Kartu Peserta Tes yang sudah di cetak saat mengikuti tes CAT di tempat yang ditunjuk oleh instansi yang dituju pelamar,” katanya. “Tunggu hasil tesnya, dan ikuti prosesnya selanjutnya. Jangan berbuat curang,” serunya.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: