//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa, Pariwisata

Menkominfo Tifatul Bantah Minta Naik Fortuner di Raja Ampat

Agenda Acara Sail Raja Ampat 2014, Akan Dihadiri Presiden

Melalui akun Twitter resminya @tifsembiring, Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring membantah kabar yang menyatakan dirinya hanya ingin menaiki Fortuner selama berada di Raja Ampat untuk membuka acara Sail Raja Ampat pada akhir Agustus ini, seperti berita yang dirilis oleh tempo.co.

Beredarnya kabar permintaan spesial Tifatul itu bermula dari akun Twitter sutradara Joko Anwar, yang mengunggah screenshot cuit berseri dari akun milik seseorang bernama Fitra Haris. Screenshot yang diunggah @jokoanwar diberi caption “Hmm… Apalagi ini…”. Lewat akunnya, @TanBatupahat, Fitra Haris menceritakan kisah panitia Sail Raja Ampat yang kewalahan saat harus mencari mobil Fortuner untuk Menteri Tifatul.

“Panitia di Raja Ampat mengeluh kewalahan karena anak buah @tifsembiring bilang bahwa menkominfo enggak mau pakai mobil yang disediakan oleh panitia,” cuit Fitra pada 10 Agustus 2014. “Anak buah Pak @tifsembiring bilang Bapak maunya pakai mobil Fortuner, sementara di Waisai tidak ada mobil Fortuner,” cuit Fitra.

“Jadi terpaksalah panitia bawa mobil Fortuner menyeberang dari Sorong ke Wasai hanya untuk memenuhi permintaan Bapak,” ujar akun tersebut. “@tifsembiring kenapa tidak pakai mobil Avanza atau Inova saja selama di Wasai, Raja Ampat itu negeri kepulauan. Tidak semua merek mobil ada disana,” cuit Fitra.

Gambar cuitan yang diunggah sutradara tersebut ramai diperbincangkan di dunia maya. Akun ‏@lukitaperak, misalnya, ikut berkomentar. “Kalo ini benar….alangkah kasihan pak tifatul….habis ini pensiun jadi rakyat jelata, pasti Post Power Syndrome,” ujarnya.

Tifatul Sembiring membantah kabar ini. Selama menjadi menteri, Tifatul mengatakan, dia tak pernah meminta mobil jenis apa pun saat berkunjung ke daerah. Tifatul mengaku heran ada informasi simpang-siur di media sosial ihwal permintaan itu. “Bahkan di Bengkalis saya pernah memboncengkan camat setempat,” kata Tifatul ketika dihubungi Senin, 11 Agustus 2014.

Kicauan Bantahan Tifatul Sembiring

Berikut adalah kicauan Menkominfo, Tifatul Sembiring via Twitter @tifsembiring yang membantah atas kabar dirinya meminta naik mobil Fortuner selama berada di Raja Ampat pada tanggal 23 Agustus 2014.

1. Jadi rame, judul tempo rada menuduh, “Di Raja Ampat, Tifatul Minta Fortuner?”. Mungkin penulis akan bilang, “Itu kan pakai tanda tanya”.

2. Memang pada tanggal 23 Agustus 2014 mendatang akan diselenggarakan oleh Kemenko Kesra, “Sail Raja Ampat”. Ini acara tahunan.

3. Kemenkominfo dapat tugas penyediaan Media Center dan fasilitas telekomunikasi bekerja sama dengan operator.

4. Dapat saya jelaskan sbb: Selama 5 tahun di Kemenkominfo, saya tidak pernah minta kendaraan jenis apapun. Saya terima apa yg ada saja.

5. Termasuk kunjungan ke daerah, saya memahami sulitnya penyediaan sarana transportasi. Saya bukan tipe2 yg neko2 dg fasilitas “dunia” ini.

6. Ketika ke Pulau Rupat, Bengkalis. Saya dibonceng sepeda motor oleh camat. Namun saya minta, saya yg bawa dan pak camat yang dibonceng…

7. Soal ada yg mengaku-ngaku staff minta spt itu, akan saya cek, karena Kemenkominfo tdk punya pegawai tetap di Sorong atau di Raja Ampat.

8. Kalau ada kendaraan yg akan dipakai di acara Sail Belitong, dll, biasanya disewa oleh masing2 kementerian.

9. Saya kutipkan pertanyaan mbak Sundari dari Tempo online dan jawaban dari saya, agar beritanya lebih berimbang.

10. Assalamualaikum wrwb, Pak Tify. Saya Sundari dr tempo-co. Mau konfirmasi terkait info fortuner di sail Raja Ampat, apakah itu benar?

11. Www, saya tdk pernah minta mobil ini itu selama kunjungan ke daerah manapun selama 5 tahun. Bahkan di bengkalis saya pernah ..

12. .. memboncengkan camat setempat. Saya yg bawa sepeda motor, pak camat yg membonceng. Isu2 di sosmed ini perlu di cek kebenarannya.

13. Saya belum tentu hadir di Raja Ampat, tapi gunjingannya soal mobil sdh luar biasa. Saya akan cek staf mana yg bcr spt itu.

14. Oh ya mbak Sundari yth, nama saya Tifatul ya, kok di ubah jadi Tify?????

15. Lalu muncul judul tempo spt diatas. Saya perlu luruskan. Wallahu A’lam.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: