//
Anda membaca...
Hiburan

Aktor Robin Williams Punya Riwayat Gangguan Jiwa Bipolar?

Foto Robin Williams dengan Istrinya, Susan Schneider

Benarkah aktor Robin Williams punya riwayat gangguan jiwa bipolar yang menyebabkan depresi, seperti juga yang diduga dialami Marshanda? Ia dikabarkan meninggal dunia akibat asfiksia atau kekurangan oksigen, diduga karena bunuh diri. “Dia menghadapi depresi parah akhir-akhir ini,” kata seorang juru bicara, Mara Buxbaum, dikutip dari CNN, Selasa (12/8/2014).

Aktor yang membintangi film Good Will Hunting ini diketahui sudah lama punya masalah dengan kesehatan jiwa. Situs TMZ mencatat, Williams berjuang mengatasi kecanduan kokain dan alkohol sejak tahun 1980-an. Sekurang-kurangnya, sudah 2 kali ia menjalani rehabilitasi. Saat ditemukan meninggal di kediamannya di Tiburon California, Williams baru saja kembali menjalani rehabilitasi.

Seorang penulis kesehatan mental, Therese Borchard, menyebut Williams punya gangguan jiwa bipolar sama seperti dugaan yang dialami Marshanda, artis Indonesia. “Robin Williams menggunakan siklus manik dan depresif dari gangguan bipolarnya untuk menciptakan kelucuan yang jenius di layar maupun di luar layar,” tulis Therese yang juga editor Psych Central, dikutip daripbs.org. Selain memiliki masalah kejiwaan, Williams juga bermasalah dengan kesehatan fisiknya. TMZ menyebut, aktor berusia 63 tahun ini pernah menjalani operasi jantung pada tahun 2009.

Menurut Wikipedia, gangguan bipolar adalah jenis penyakit psikologi, ditandai dengan perubahan mood (alam perasaan) yang sangat ekstrim, yaitu berupa depresi dan mania. Pengambilan istilah bipolar disorder mengacu pada suasana hati penderitanya yang dapat berganti secara tiba-tiba antara dua kutub (bipolar) yang berlawanan yaitu kebahagiaan (mania) dan kesedihan (depresi) yang ekstrim.

Setiap orang pada umumnya pernah mengalami suasana hati yang baik (mood high) dan suasana hati yang buruk (mood low). Akan tetapi , seseorang yang menderita bipolar disorder memiliki mood swings yang ekstrim yaitu pola perasaan yang mudah berubah secara drastis. Suatu ketika, seorang pengidap bipolar disorder bisa merasa sangat antusias dan bersemangat (mania). Namun, ketika mood-nya berubah buruk, ia bisa sangat depresi, pesimis, putus asa, bahkan sampai mempunyai keinginan untuk bunuh diri (depresi).

Sebelumnya Robin Williams Terlihat Sehat

Beberapa jam sebelum ditemukan meninggal dunia, Robin Williams tersebut masih terlihat baik-baik saja. Tentu saja kematian bintang film ‘Good Will Hunting’ diakui sebagai kabar yang tragis dan sangat mengejutkan berbagai pihak termasuk keluarga. Menurut keterangan pihak berwajib, sang istri, Susan Schneider, adalah orang terakhir yang melihat Robin sebelum ditemukan meninggal dunia Senin (11/8) siang. Susan terakhir kali melihat sang aktor dalam keadaan baik-baik saja pada Minggu (10/8) pukul 10.00 malam waktu setempat.

Sayang, hingga kini pihak keluarga belum bisa dimintai keterangan lebih lanjut mengenai kabar duka ini. Namun, seorang sumber terdekat sebelumnya telah meminta publik untuk menjaga privasi mereka saat ini. “Keluarga meminta dengan hormat untuk menjaga privasi mereka dalam waktu yang sulit seperti ini,” ujar sumber tersebut dilansir dari E! News, Selasa (12/8/2014).

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: