//
Anda membaca...
Sejarah dan Politik

Mahfud MD Pesimis Prabowo-Hatta Menang di Sidang MK

Pengamat: Prabowo Akan Kalah di MK karena Saksi Terbatas

Mahfud MD mengatakan dia pesimis bahwa tim hukum Prabowo-Hatta mampu menang di sidang MK (Mahkamah Konstitusi) terutama dapat membuktikan angka dan jumlah suara yang disengketakan. Pernyataan mantan Ketua Tim Pemenangan pasangan nomor urut satu itu didasarkan singkatnya waktu yang tersisa untuk melengkapi data untuk memperkuat bukti yang diperkarakan.

“Kalau dari angka, saya pesimistis karena waktu hanya tersisa besok dan lusa. Kemungkinan MK tak sempat periksa ulang,” kata Mahfud di Hotel Le Meridien, Jakarta, Rabu (13/8/2014), seperti yang diberitakan kompas.com. Hingga saat ini, Mahfud melihat tim hukum Prabowo belum mampu membuktikan perolehan 67 juta suara berdasarkan yang dihimpun tim Prabowo-Hatta dari real count internal. Agar bisa membuat MK memutuskan penyelenggaraan pemilu ulang, tim Prabowo-Hatta harus menyediakan bukti-bukti yang dimaksud Mahfud. (Baca: Alat Bukti Prabowo di MK: Formulir C1, Jilbab dan Cairan Kimia)

“Kita tunggu saja bagaimana keputusan hakim MK,” ujar Mahfud yang juga mantan Ketua MK. Kalaupun nanti MK memutuskan untuk pemungutan suara ulang, Mahfud tak serta-merta mengatakan kemenangan berada di pihak Prabowo-Hatta. Ia juga meyakini suara yang diperkarakan oleh tim Prabowo-Hatta bisa jadi adalah suara milik Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Sarankan Tim Hukum Prabowo Buktikan Data Angka di MK

Mantan Ketua Tim Pemenangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa, Mahfud MD, menyarankan kepada tim hukum Prabowo-Hatta agar memanfaatkan waktu yang tersisa untuk dapat membuktikan data angka pada persidangan gugatan perselisihan hasil pemilihan umum di Mahkamah Konstitusi. Hal ini dianggap Mahfud lebih penting daripada membuktikan ada kecurangan terstruktur, sistematis, dan masif.

“Angkanya berdasar tim Prabowo-Hatta ada 67 juta suara, tinggal itu dibuktikan sidang ke depan,” kata Mahfud saat ditemui di Hotel Le Meridien Jakarta, Rabu (13/8/2014). Mahfud berpandangan, apabila angka itu tak bisa dibuktikan, persidangan di MK saat ini hanya untuk mengupayakan adanya bentuk pelanggaran terstruktur, sistematis, dan masif oleh pihak tertentu.

Kalaupun pelanggaran positif bisa dibuktikan, hal ini, menurut Mahfud, tidak akan berpengaruh signifikan bagi tim Prabowo-Hatta karena tidak akan mengalami perubahan angka. “Kalau pembuktiannya hanya pelanggaran terstruktur, sistematis, dan masif, tidak akan ada gunanya bagi perubahan angka yang didalilkan sampai sekarang itu. Kalau saya sarankan, ya, hitung angka itu. Bagaimana dia, kok, bisa 67 juta. Dan itu adanya dokumen, bukan saksi,” ujar mantan Ketua MK ini. (Baca: Refly Harun: Gugatan Prabowo Akan Ditolak MK)

Mahfud yang saat ini masih berada di dalam tim pemenangan Prabowo-Hatta mengaku masih akan menunggu apa pun yang diputuskan Hakim MK nanti. Ia menolak untuk diminta menebak bagaimana hasil putusan MK pada gugatan yang diajukan pasangan Prabowo-Hatta. Mahfud melihat saat ini setiap saksi dari Prabowo-Hatta ataupun saksi dari Komisi Pemilihan Umum sama-sama dalam posisi menguatkan. “Kita lihat saja bagaimana hakim memutuskan,” ucap dia.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: