//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa, Kesehatan

Marzuki Alie Pingsan Karena Sakit Maag dan Kecapekan

Marzuki Alie Pingsan Karena Sakit Maag dan Kecapekan

Banyak orang bertanya mengapa Marzuki Alie jatuh pingsan di kompleks DPR, Senayan, Jakarta. Anggota DPR dari Fraksi Demokrat, Heriyanto, mengatakan Ketua DPR tersebut mengalami penyakit maag serta letih karena rangkaian acara sidang bersama membuat badan Marzuki menyerah berdasarkan pernyataan dokter di Paviliun Kartika Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Jumat (15/8/2014), seperti yang diberitakan Kompas. “Mag-nya agak kambuh, ya, mungkin kecapekan,” kata Heriyanto.

Heriyanto mengatakan, sejak Kamis (14/8/2014) kemarin, Marzuki sibuk mempersiapkan rapat paripurna untuk hari ini. Bahkan, sudah sejak pagi Marzuki berada dalam rapat paripurna. “Persiapan dan sebagainya. Mempersiapkan pidato, gitu. Ya, namanya manusia,” ucapnya. Heriyanto melanjutkan, Marzuki merupakan sosok pemimpin yang semangat bekerja. Karena aktivitas itu, lanjutnya, Marzuki kecapekan dan mau tak mau harus diperiksa dokter.

Setelah mendapatkan perawatan, kini ia sudah sadar namun masih dalam pengawasan dokter. “Kondisi terakhir alhamdulillah membaik. Sekarang sudah bisa bicara tapi dokter minta supaya jangan teralu banyak bicara,” kata politisi Demokrat, Herianto usai menjenguk Marzuki Alie di RSPAD Gatot Subroto, Jalan , Jakarta Pusat, Jumat (15/8/2014).

Ia menceritakan jika saat ini Marzuki sudah dipindahkan dari ruang ICCU ke ruang kamar. Namun, masih dalam pengawasan dokter. “Sudah di kamar tapi masih diawasi terus sama dokter,” ujar anggota komisi 7 ini. Dari perbincangannya dengan dokter yang menangani Marzuki, ia mendapat informasi penyakit maag serta letih karena rangkaian acara sidang bersama membuat badan Marzuki menyerah dan akhirnya jatuh pingsan.

Selama 30 menit ia berada di ruangan perawatan dan hanya berbincang dengan istri Marzuki, Asmawati yang mendampingi politisi Demokrat itu. Hal ini disebabkan karena Marzuki masih didampingi dokter dan dilarang untuk banyak bicara.

Marzuki Alie Dirawat oleh dr Djokowi dan dr Terawan

Marzuki Ali (58) tengah menjalani perawatan di ICU RSPAD Gatot Subroto. Marzuki dirawat oleh tim dokter kepresidenan yakni dr Djoko Wibisono yang akrab disapa Djokowi dan dokter ahli lainnya. “Beliau dirawat dr Djokowi, dr Terawan dan dr Bambang dari Rumah Sakit Harapan Kita. Kebetulan tim dokter kepresidenan memang bekerja di sana,” jelas Komandan Pengamanan Kompleks (Danplek) dari Paspampres Letkol Kavaleri Urip saat dihubungi detikcom, Jumat (14/8/2014) petang.

Dr Djoko Wibisono, Sp.PD. KGEH merupakan dokter spesialis penyakit dalam yang terlibat dalam pemeriksaan kesehatan capres peserta Pilpres 2014. Sedang Dr Terawan Agus Putranto adalah spesialis radiologi yang populer dengan metodenya membersihkan otak dari penyumbatan. Marzuki sempat pingsan saat menunggu kedatangan SBY di ruang VVIP gedung DPR siang tadi. Setelah ditangani dokter, dia sadar kembali.

“Kondisi beliau siuman, sekarang berada di ICU gedung Kartika RSPAD,” ujar Urip. Di RSPAD, politisi PD itu mendapat perawatan dan pengawasan intensif dari tim dokter kepresidenan. Urip mengatakan sebelum Marzuki pingsan, anggota Paspampres yang bersiaga di ruang VVIP Room DPR melihat kondisi wajah Marzuki yang pucat. Hal ini diduga dampak dari sakit diare empat hari yang diderita Marzuki. Sebelum pergi ke DPR, Marzuki juga sudah mendapat obat dari dokter pribadinya.

“Ya namanya diare pasti menyebabkan dehidrasi, mungkin dipaksakan juga oleh beliau (berangkat ke DPR) melihat tanggung jawabnya dalam acara kenegaraaan untuk hadir. Ditambah lagi kondisi fisik yang letih membuat HB (hemoglobin/kadar darah merah) Pak Marzuki rendah kemudian pingsan,” urai Urip.

Berkat kesigapan dari anggota Paspampres serta tim kedokteran, Marzuki segera siuman begitu mendapat pertolongan pertama. “Begitu beliau sadar sempat diberi air karena kondisi yang dehidrasi, baru kita evakuasi ke rumah sakit,” ungkapnya.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: