//
Anda membaca...
Sejarah dan Politik

Siapakah Diana Wynne Jones yang Ada di Google Doodle?

Foto Penulis Novel Fantasi Terkenal, Diana Wynne Jones

Untuk memperingati ulang tahunnya ke-80 tahun, Diana Wynne Jones ada di Google Doodle hari ini, 16/8/2014. Beliau adalah seorang tokoh terkenal asal Inggris yang merupakan seorang penulis novel fantasi untuk anak-anak dan dewasa. Beberapa karya terkenalnya adalah seri Chrestomanci, seri Dalemark; novel Howl’s Moving Castle dan Dark Lord of Derkholm; serta The Tough Guide To Fantasyland.

Diana lahir pada 16 Agustus 1934 di London dan hidup berpindah-pindah karena terjadinya perang. Dia kuliah Sastra Inggris di Oxford dan sempat dididik oleh beberapa penulis ternama seperti C. S. Lewisdan J. R. R. Tolkien. Berikut adalah profil Diana Wynne Jones yang dikutip dari Wikipedia.

DAFTAR ISI
1. Kehidupan Awal
2. Karya
3. Kematian

.

Kehidupan awal


Diana Wynne Jones lahir di London, dari pasangan Richard Aneurin Jones dan Marjorie Jackson. Ketika Perang Dunia II mulai berkecamuk, setelah ulang tahunnya yang kelima, Jones mengikuti usaha evakuasi warga sipil ke Wales. Setelah itu, ia masih berpindah-pindah beberapa kali, termasuk ke York, sebelum akhirnya kembali ke London.

Pada tahun 1943, keluarga Jones akhirnya menetap di Thaxted, Essex. Di sana, Jones dan dua saudara perempuannya, Isobel (Professor Isobel Armstrong) dan Ursula menghabiskan masa kecil mereka. Setelah lulus dari sekolah, Jones melanjutkan pendidikannya di bidang bahasa Inggris di St Anne’s College di Universitas Oxford, menghadiri kuliah dari C. S. Lewis dan J. R. R. Tolkien, dan lulus tahun 1956.

Pada tahun yang sama, ia menikahi John Burrow, seorah pakar sastra abad pertengahan. Pernikahannya dengan Burrow dikaruniai tiga anak; Richard, Michael, dan Colin. Setelah beberapa tahun menetap di London, pada tahun 1957, mereka kembali ke Oxford sebelum akhirnya pindah ke Bristol tahun 1976. Menurut autobiografinya, Jones memutuskan untuk menjadi seorang atheis sejak kecil.

Kembali ke halaman atas

.

Karya


Tema buku-buku Jones berkisar dari lelucon kocak hingga pengamatan sosial tajam. Karyanya yang paling terkenal adalah The Tough Guide To Fantasyland, dan fiksi lepas pendampingnya, Dark Lord of Derkholm (1998) dan Year of the Griffin (2000).

Buku-buku Harry Potter kerap dibandingkan dengan karya Wynne Jones. Banyak buku karya awal Jones yang tidak lagi dicetak, dicetak dan diterbitkan kembali untuk khalayak muda yang tertarik pada fantasi dengan dorongan membaca yang dipicu oleh kesuksesan seri Harry Potter.

Karya Jones juga dibandingkan dengan karya Robin McKinley dan Neil Gaiman. Jones sendiri berteman dengan McKinley dan Gaiman. Jones dan Gaiman saling menggemari karya masing-masing. Jones mempersembahkan novelnya berjudul Hexwood untuk Gaiman setelah sesuatu hal penah diucapkan Gaiman yang menginspirasi Jones dalam menciptakan inti alur dari kisah dalam novel tersebut. Gaiman sebelumnya telah mempersembahkan buku komik karyanya The Books of Magic (1991) untuk “empat penyihir”, yang salah satunya adalah Jones.

Charmed Life, buku pertama dalam seri Chrestomanci membawa Jones untuk memenangkan Guardian Children’s Fiction Prize tahun 1978, penghargaan sekali seumur hidup dari surat kabar The Guardian dengan tim juri yang beranggotakan penulis-penulis buku anak-anak. Ia juga menjadi pemenang kedua sebanyak tiga kali dalam penghargaan Carnegie Medal yang diadakan oleh Library Association, mendapat prediket buku anak terbaik atas karyanya Dogsbody (1975), Charmed Life (1977), dan novel Chrestomanci keempat, The Lives of Christopher Chant (1988).

Ia juga memenangkan Mythopoeic Fantasy Award pada tahun 1996 lewat novel The Crown of Dalemark dan pada tahun 1999 lewat novel Dark Lord of Derkholm. Untuk 4 tahun berikutnya ia masih menjadi finalis dari anugerah tersebut. Novelnya tahun 1986 yang berjudul Howl’s Moving Castle terinspirasi dari seorang anak laki-laki yang meminta Jones untuk menulis sebuah kisah tentang istana yang berjalan.

Novel tersebut diterbitkan pertama oleh Greenwillow di Amerika Serikat dan menjadi juara kedua untuk anugerah tahunan Boston Globe–Horn Book Award kategori “Fiksi untuk Anak-Anak”. Pada tahun 2004, Hayao Miyazaki membuat film animasi Howl’s Moving Castle, yang masuk nominasi Academy Award for Best Animated Feature.

Sebuah versi dengan sulih suara bahasa Inggris kemudian dirilis di Britania Raya dan Amerika Serikat tahun 2005 dengan suara tokoh Howl diperankan oleh Christian Bale. Pada tahun berikutnya, Jones dan novelnya tersebut juga memenangkan Phoenix Award dari Children’s Literature Association yang memberikan anugerah kepada buku anak-anak terbaik yang diterbitkan 20 tahun sebelumnya dan belum pernah memenangkan anugerah besar apapun.

Kembali ke halaman atas

.

Kematian


Diana Wynne Jones didiagnosis mengidap kanker paru pada awal musim panas 2009. Ia menjalani operasi pada bulan Juli dan dilaporkan bahwa operasi tersebut sukses. Namun, pada bulan Juni 2010, Jones mengumumkan bahwa ia tidak akan melanjutkan kemoterapinya karena hal tersebut membuatnya merasa kesakitan. Pada pertengahan 2010, ia berhenti menulis novel yang telah diselesaikannya setengah dengan harapan akan ada orang lain yang mau melanjutkannya. Jones meninggal dunia pada tanggal 26 Maret 2011 akibat penyakit kanker paru yang dideritanya. Ia meninggalkan seorang suami, tiga putra, dan lima cucu.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: