//
Anda membaca...
Sejarah dan Politik

Megawati Akan Datang ke Upacara HUT RI di Istana Tahun Depan

Foto SBY Pimpin Upacara HUT RI di Istana Terakhir Kali

Megawati Soekarnoputri tidak terlihat hadir pada upacara HUT RI di Istana Merdeka selama 10 tahun masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, SBY termasuk yang terakhir kali pada tanggal 17/8/2014. Menanggapi hal ini, politisi senior PDI-P Pramono Anung berseloroh bahwa Megawati baru akan menghadiri upacara di Istana tahun depan atau ketika Jokowi menjadi presiden.

“Nanti akan datang tahun depan,” ungkap Pramono sambil tertawa di Istana Merdeka, Minggu (17/8/2014), seperti yang diberitakan Kompas.com. Adik Megawati, Guruh Soekarnoputra, pun tampak enggan menjawab soal kemungkinan SBY dan Megawati rujuk. “Tanya saja sama beliau,” ungkap politisi sekaligus seniman tersebut sambil berlalu. Pihak Istana mengundang mantan presiden dan mantan wakil presiden beserta keluarganya untuk hadir dalam peringatan detik-detik proklamasi pagi tadi. Namun, Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri tak terlihat hadir.

Sekretaris Jenderal PDI-P Tjahjo Kumolo mengatakan, ketidakhadiran Megawati lantaran dia menjadi inspektur upacara di kantor DPP PDI-P, Lenteng Agung, pada waktu yang sama. Sejak tidak lagi menjabat sebagai presiden, Megawati tak pernah sekali pun memenuhi undangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk ikut upacara di Istana. Tahun ini adalah tahun ke-10 Megawati absen berupacara di Istana.

Banyak pihak yang mengaitkan alasan ketidakhadiran Megawati lantaran putri sulung proklamator Bung Karno itu masih memiliki konflik pribadi dengan SBY. Seperti diketahui, hubungan SBY dan Megawati merenggang sejak SBY memutuskan maju dalam Pemilu Presiden 2004. Saat itu, SBY merupakan Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan era Presiden Megawati. Dalam Pemilu 2004, Megawati yang maju berpasangan dengan Hasyim Muzadi dikalahkan oleh pasangan SBY dan Jusuf Kalla.

Puan Berharap Ada Rekonsiliasi Megawati-SBY

Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani, yang juga putri Ketua Umum DPP PDI-P Megawati Soekarnoputri, berharap rekonsiliasi antara Megawati dan Susilo Bambang Yudhoyono. Menjelang pengujung masa baktinya, SBY dikabarkan akan berekonsiliasi dengan Megawati. Sejak 2004, hubungan keduanya renggang. Puan pun berdoa agar rekonsiliasi itu terjadi.

“Saya selalu mendukung dan selalu mendoakan agar hal itu tercapai karena sebagai orang yang pernah memimpin dan tokoh senior, akan sangat baik, apalagi misalnya hal itu (rekonsiliasi) terjadi dalam waktu dekat,” ujar Puan seusai pembacaan pidato kenegaraan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Kompleks Parlemen, Jumat (15/8/2014). Menurut Puan, Indonesia masih membutuhkan bimbingan dari tokoh sekaliber Megawati dan SBY. Selama ini, kata Puan, hubungan kekeluargaan antara keluarganya dan SBY tidak pernah terputus.

“Tadi saya kebetulan bertemu Bu Ani dan Pak SBY saat turun lift, tidak ada batas antara kami. Hubungan kekeluargaan juga tetap dijaga,” kata Puan. Persoalan pribadi antara SBY dan Megawati, lanjut dia, tidak akan menyurutkan kedua tokoh itu untuk membawa perbaikan bagi Indonesia. Menurut Puan, PDI-P juga tidak selalu mengkritik pemerintahan SBY, tetapi sebagai penyeimbang yang mendukung program yang baik dan mengkritisi kekurangan yang ada.

Saat ditanya lebih lanjut soal keseriusan rekonsiliasi ini, Puan mengaku sudah sering kali bertemu dengan elite Partai Demokrat. Namun, dia belum bisa memastikan kapan SBY dan Megawati akan bertemu. “Semoga dalam waktu dekat,” katanya.

Puan juga mengungkapkan Megawati akan hadir dalam upacara pengibaran bendera Merah Putih di Istana Negara pada 17 Agustus mendatang. Untuk pidato kenegaraan hari ini, kata dia, Megawati memang tidak pernah hadir dalam acara tersebut. “Setiap tahunnya memang Ibu tidak hadir,” katanya.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: