//
Anda membaca...
Bisnis

Situs Pendaftaran CPNS 2014, panselnas.menpan.go.id Down

Tampilan Situs Simulasi CAT Tes CPNS panselnas.menpan.go.id

Situs yang digunakan untuk proses penerimaan dan pendaftaran CPNS 2014, panselnas.menpan.go.id ternyata down akibat server mengalami masalah. Situs tersebut adalah panselnas.menpan.go.id yang sampai saat ini (pukul 13.21 WIB, 20 Agustus 2014) masih sering menunjukkan tampilan error. Bahkan belum ada formasi lengkap lowongan CPNS dari masing-masing kementerian, lembaga, dan juga pemerintah daerah.

Hari ini, pemerintah mulai membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) secaraonline. Sebagai perkenalan, digelar acara simulasi Computer Assisted Test(CAT) yang digunakan untuk proses penerimaan CPNS tahun ini. Namun, ternyata simulasi yang diadakan di Wisma Serbaguna, Senayan, Jakarta, itu tidak bisa dilakukan. “Server-nyadown,” ujar salah seorang panitia yang enggan disebutkan namanya, Rabu (20/8/2014). Seharusnya, lanjut si panitia, para peserta akan diajak untuk melakukan simulasi CAT sekitar pukul 12.00 WIB. “Tapi tidak bisa dilanjutkan karena server down,” katanya, seperti yang diberitakan detik.com. (Baca: Pendaftaran Secara Online Seleksi CPNS 2014 Hari Ini Dibuka)

Menurut di panitia, server mengalami masalah karena diakses oleh banyak orang secara serempak. Akhirnya server tidak mampu menampung kunjungan yang begitu deras. Hal ini tentunya membuat mereka yang sudah datang untuk mencoba simulasi CAT menjadi kecewa. “Saya kecewa. Saya mau lihat dan coba, tapi tidak bisa,” kata Aldo, seorang peserta simulasi. Meski masih dari Jakarta, Aldo tetap menggerutu tidak bisa melaksanakan simulasi tes CPNS. “Tahu begini saya tidak usah datang. Toh bisa juga diakses dari rumah,” tuturnya.

Apa kata Kementerian PAN-RB?

Deputi Sumber Daya Manusia (SDM) Kementerian PAN-RB, Setiawan, mengakui daftar lowongan di situs tersebut belum lengkap. “Ini sudah hari ini kita persiapkan, tapi secara bertahap. Nanti masyarakat bisa membuka, tapi daftarnya belum lengkap. Kita masih harus memasukkan daftar-daftar jabatan dan lowongan per instansi,” ungkap Setiawan, Rabu (20/8/2014).

Selain itu, siang ini Kementerian PAN-RB akan melakukan rapat koordinasi dengan sejumlah kepala instansi pemerintah daerah untuk memastikan, Pemda siap dalam proses penerimaan pendaftaran CPNS secara online.

Diakses 2.000 Pengunjung/Jam

“Kami sudah berusaha sekeras mungkin. Ini sudah kami lakukan uji coba selama 2 minggu belakangan ini. Ada 2.000 pengunjung dalam 1 jam. Itu tidak ada masalah,” ujar Tim Audit IT Panselnas perwakilan BPPT, Zainul Azwar Efendi, di Wisma Serbaguna Senayan, Jalan Manila Pintu I Senayan Gelora Tanah Abang, Jakarta, Rabu (20/8/2014). “Persiapan yang kami lakukan ini adalah persiapan panjang dan melelahkan. Jadi kami percaya kerja keras kami ini bisa mengakomodir banyaknya masyarakat yang akan melakukan pendaftaran PNS,” tambahnya.

Supaya situs tersebut bisa menampung lebih banyak pengakses, Panselnas menyatakan sudah ada 12 instansi yang meminjamkan server untuk digunakan sebagai bantuan teknis pendaftaran CPNS online. “Ada 12 instansi yang merelakan server-nya untuk digunakan untuk teknis penerimaan pendaftaran secara online ini. Kemdikbud, Kementerian Keuangan, BKN, BPPT, tim IT dari semua instansi totalnya ada 12. Saat ini sudah siap,” ujarnya.

Mampu Terima 3 Juta Lamaran Per Hari

Situs pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) mampu menerima pendaftaran hingga sebanyak-banyaknya. Namun, konfirmasi pendaftaran sudah berhasil dibatasi hanya sampai 3 juta email saja. “Kan setelah melakukan pendaftaran peserta akan menerima email notofikasi atau pemberitahuan bahwa yang bersangkutan telah berhasil melakukan pendaftaran. Nah itu kita dalam 1 hari bisa mengirimkan notifikasi maksimal 1 juta email. Bila sudah 1 juta email, kita akan tutup, lalu kita akan buka lagi hari berikutnya,” kata Tim Audit IT Panselnas perwakilan BPPT, Zainul Azwar Efendi.

Hal itu ia ungkapkan usai acara launching simulasi CAT online di Wisma Serbaguna Senayan, Jalan Manila Pintu I Senayan Gelora Tanah Abang, Jakarta, Rabu (20/8/2014). “Kan hari pertama ini yang buka pendaftaran baru 9 instansi. Semua instansi pusat. Jadi belum semua makanya yang kita persiapkan untuk pertama 1 juta dulu kalau nanti sudah terlihat ada peningkatan baru kita maksimalkan,” tambahnya.

Kapasitas maksimal situs tersebut dalam menerima pendaftaran dan mengirim email notifikasi adalah maksimal 3 juta email. Kapasitas maksimal ini akan dibuka jika semua instansi sudah membuka pendaftaran. “Tapi itu masih bisa kita tambah sampai 3 juta email sehari. Tapi karena ini baru pertama kemungkinan tahap awal 1 juta dulu,” ujarnya.

Diskusi

3 respons untuk ‘Situs Pendaftaran CPNS 2014, panselnas.menpan.go.id Down

  1. jadi gimana solusi buat yang udah daftar dan pada saat daftar komunikasi terputus saat proses register…
    dan pada saat di cek kembali ternyata akun sudah terdaftar.. ketika mau login kok blum bisa.. dan email balasan sampai hari ini blum ada… sudah 2 hari ini saya menunggu tapi blum ada kejelasan….

    Posted by hardi | September 4, 2014, 9:41 am
  2. Saya mau mengadukan tentang registrasi panselnas.menpan.go.id Saya kemarin malam sudah mengisi form online di website regpanselnas.menpan.go.id , setelah berhasil mendaftar seharusnya mendapat email dari panselnas untuk proses selanjutnya. Tetapi sampai sekarang belum mendapatkan email dari panselnas. Saya sudah mengirim email pengaduan ke [email protected] tapi belum juga dibalas. Saya harus bagaimana? Sedangkan bila mendaftar ulang di regpanselnas.menpan.go.id sudah tidak bisa lagi karena NIK saya sudah di-record kedatabase mereka. Tolong sampaikan keluhan saya, karena jika begini terus saya tidak bisa mencoba daftar CPNS. Terima Kasih

    Posted by adrian | September 4, 2014, 11:48 am
  3. saya juga mengalami hal yang sama sudah 1×24 jam belum dapat balasan email saya,saya sudah mendaftar di panselnas dan berhasil tolong ,tpi saya tidak bisa daftar ke sscn karena belum dapat username dan passwordnya tolong kasih solusinya terima kasih

    Posted by eva sopiana | September 6, 2014, 10:42 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: