//
Anda membaca...
Sejarah dan Politik

Hasil Putusan MK Soal Sengketa Pilpres 2014 Adalah…

Foto Ribuan Massa Prabowo Demo Jelang Putusan MK

Benarkah hasil Keputusan MK Soal Sengketa Pilpres 2014 menyatakan gugatan kubu Prabowo-Hatta ditolak? Anda harus sabar karena putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) yang diajukan kubu Prabowo-Hatta.akan dibacakan pukul 14.00 WIB di Gedung MK, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta, Kamis (21/8/2014).

Tak hanya Jokowi-JK dan Prabowo-Hatta, seluruh rakyat Indonesia menantikan putusan MK. Banyak pihak menantikan apakah MK akan mengabulkan gugatan Prabowo-Hatta atau memantapkan penetapan Jokowi-JK menjadi presiden dan wakil presiden terpilih. Semua pihak berharap MK mengambil keputusan secara objektif dan seadil-adilnya. Tak sedikit yang menggelar aksi demonstrasi, namun demonstran tak bisa merapat ke Gedung MK karena disterilisasi polisi. Gedung MK memang dijaga ketat aparat menjelang keputusan penting ini.

Putusan Gugatan Pilpres Lebih dari 3.000 Halaman

Sekretaris Jenderal Mahkamah Konstitusi (MK), Janedjri M Gaffar, mengatakan, putusan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) presiden dan wakil presiden ditulis hingga ribuan halaman. Berdasarkan informasi yang didapatkan Janedjri dari ketua MK, Hamdan Zoelva, lembar putusan mencapai lebih dari tiga ribu halaman.

“Ini kan teknis bukan substansi, hasil dari obrolan ringan bersama pak Ketua memang putusannya nanti ribuan halaman. Ada tiga ribu (lembar) lebih. Tapi saya kan tidak tahu kenyataannya seperti apa. Nanti kita lihat bersama-sama,” ujar Janedjri saat ditemui di kantornya, Jakarta, Kamis (21/8/2014), seperti dikutipTribunnews.com.

Berhubung ditulis dalam ribuan halaman, Janedjri mengatakan, putusan tersebut tidak akan dibacakan halaman per halaman. MK tidak akan membacakan lagi substansi yang sudah dianggap diabacakan, misalnya duduk perkara. “Itu kan cara membaca putusan. Kalau dibacakan satu-satu bisa memakan waktu yang lama. Tetapi kalu membaca putusannya seperti ketika perselisihan Pileg bisa cepat. Ada yang dianggap sudah dibacakan. Terutama biasanya ketika membacakan duduk perkara itu dianggap sudah dibacakan,” ucap Janedjri.

Mahkamah akan mulai membacakan putusan permohonan yang diajukan pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa pukul 14.00 WIB. Kubu Prabowo-Hatta menuding penyelenggara pemilu melakukan kecurangan secara terstruktur, sistematis, dan masif hingga menetapkan pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla sebagai presiden dan wakil presiden terpilih.

Din Syamsuddin: Hormati Putusan MK

Ketua Umum PP Muhammadiyah, Din Syamsuddin, mengimbau apapun keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait sengketa hasil Pilpres yang akan diputuskan hari ini agar dihormati dan diterima semua pihak. Dia menyerukan dua pihak yang bersengketa segera bertemu demi persatuan bangsa. Pihak yang menang diminta segera merangkul yang kalah.

“MK adalah perisai konstitusi yang menjaga seluruh konstitusi negara. Keputusannya final dan mengikat. Namun yang menang tak perlu mentang-mentang menang, yang kalah jangan marah. Islah sangat diperlukan untuk persatuan bangsa. Buat apa ada perpecahan. Yang menang diharapkan bisa merangkul yang kalah.” Imbauan tersebut disampaikan Din Syamsuddin kepada wartawan usai membuka Kejurnas Bela Diri Tapak Suci Putra Muhammadiyah di GOR Manahan, Solo, Kamis (21/8/2014).

Din mewanti-wanti seluruh rakyat Indonesia, terutama kepada pihak yang memilih menyelesaikan sengketa di MK, harus menunjukkan sikap yang taat kepada konstitusi. Sikap itu harus ditunjukkan dengan legowo menerima putusan yang diambil oleh MK. “Tidak ada sikap yang lebih baik, kecuali menerima, menghormati dan mengindahkan keputusan MK. Seperti itulah sikap yang harus kita tunjukkan saat ini, yaitu sikap taat kepada berkonstitusi,” lanjutnya.

Mayoritas Dalil Permohonan Prabowo-Hatta Ditolak MK

Sidang putusan sengketa Pilpres 2014 telah berlangsung selama kira-kira 5 jam. Saat membacakan pertimbangannya, MK telah banyak menolak dalil yang diajukan kubu Prabowo-Hatta, belum satupun permohonan kubu Prabowo dikabulkan. Salah satunya terkait dugaan pelanggaran oleh panitia pemilu di Kabupaten Sarmi, Papua. Majelis berpendapat bahwa dalil pemohon tidak memiliki bukti yang kuat.

“Dalil pemohon tidak benar bahwa ada pengalihan suara dari pemohon ke pasangan calon lainnya. Tidak ada keberatan dari kedua saksi saat rekapitulasi,” kata hakim MK Patrialis Akbar saat sidang di MK, Jl Medan Merdeka Barat, Kamis (21/8/2014) malam. Dalil lainnya yang ditolak MK terkait dugaan pengerahan massa untuk memilih pasangan Jokowi-JK di Kabupaten Kaimana, Papua Barat. Menurut majelis hakim Muhammad Alim, dalil tersebut tidak beralasan.

“Pihak terkait tidak punya kapasitas menggerakan struktur di Papua Barat. Sebagian besar struktur merupakan pendukung pasangan calon (nomor satu),” jelas Alim. Terkait dugaan pengalihan suara, mahkamah juga menolak dalil kubu Prabowo-Hatta di Papua. “Dalil pemohon terbantahkan saat saksi pihak termohon bernama Imam menyatakan ada pencoblosan surat suara yang dilakukan oleh petugas,” jelas hakim MK Patrialis Akbar.

Selain itu MK juga menolak dalil terkait dugaan pelanggaran yang dilakukan kubu Jokowi-JK di Bodowoso, Jawa Timur. Disebutkan pasangan nomor urut dua melakukan pembagian sarung dan sembako agar dipilih dalam pilpres. Tuduhan tersebut dimentahkan majelis hakim.

MK Tolak Seluruh Gugatan Prabowo

Mahkamah Konstitusi (MK) telah mengambil keputusan terkait gugatan PHPU yang diajukan Prabowo-Hatta. MK menolak seluruh permohonan Prabowo-Hatta. “Menolak permohonan pemohon untuk seluruhnya,” kata Ketua MK Hamdan Zoelva dalam sidang putusan MK di Gedung MK, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (21/8/2014).

Hamdan lantas menutup persidangan yang digelar sejak pukul 14.30 WIB tadi siang. Putusan MK tersebut setebal 4.390 halaman. “Dengan demikian sidang selesai dan dinyatakan ditutup,” kata Hamdan. Acara dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara. Tidak ada protes dari kubu Prabowo-Hatta terkait putusan MK ini, sementara kubu Jokowi-Jk langsung melempar salam tiga jari sembari tertawa.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: