//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa, Otomotif

3 Mobil Unimog Massa Prabowo Milik Purnawirawan Jenderal TNI?

Penampakan 3 Unimog Saat Diamankan di Mapolda Metro Jaya

Benarkah 3 mobil Unimog yang digunakan massa pendukung Prabowo-Hatta berdemo di kawasan Jl Medan Merdeka Barat milik purnawirawan Jenderal TNI? Polisi masih terus menelusurinya. Seorang sumber detikcom di lingkungan politisi membisikkan, Jumat (22/8/2014), Unimog itu punya pensiunan jenderal TNI. Mobil-mobil garang itu kerap digunakan saat demo di depan MK sebelumnya.

Sebagai informasi, Unimog itu diamankan polisi lantaran saat unjuk rasa kemarin, tiga Unimog itu diparkir persis di depan pagar kawat berduri yang didirikan polisi di depan Bundaran Patung Kuda, di sekitar kantor Indosat. Pendukung Prabowo-Hatta merangsek melewati kawat berduri dengan menggunakan Unimog tersebut hingga memicu terjadinya kerusuhan.

Sumber lainnya membenarkan kabar ini. Disebut-sebut ada empat unit mobil yang dimiliki sang jenderal, namun hanya tiga yang digunakan kemarin. Namun hingga kini belum ada konfirmasi dari pihak terkait soal ini. Tim Prabowo-Hatta juga belum mau bicara soal siapa pemilik Unimog tersebut. “Saya tidak tahu siapa pemilik pasti mobil itu. Tapi relawan seperti teman-teman FKPPI, Laskar Merah Putih, dan PPM yang mengoperasikan mobil-mobi itu,” kata penangung jawab aksi demo, Andre Rosiade.

Polisi belum memberikan informasi resmi terkait kepemilikan mobil tersebut. Yang jelas, dari nomor polisinya, ada indikasi melanggar ketentuan. “Sedang kami periksa, nomornya tidak sesuai dengan ketentuan. Dan sudah kami cek nomor rangkanya, di Samsat wilayah Polda Metro Jaya tidak terdaftar,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Rikwanto kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (22/8/2014).

Selanjutnya, pihak Kepolisian Daerah Metro Jaya akan mengecek kendaraan tersebut ke Polda Jawa Barat. Saat ini 3 unit unimog tersebut diamankan di Markas Polda Metro Jaya. Tiga Unimog tersebut disita polisi saat demo di kawasan Patung Kuda, Jl Medan Merdeka Selatan, kemarin. Para pendukung Prabowo menggunakan kendaraan yang lazim dipakai untuk militer tersebut untuk membawa pengeras suara. Mobil itu juga jadi tameng untuk melindas kawat berduri yang dipasang polisi. Ketiga mobil tersebut kini terparkir di Polda Metro Jaya. Polisi masih mencari siapa pemiliknya.

Polisi: Pelat Nomor 3 Unimog Tak Terdaftar

Petugas menemukan kejanggalan dari 3 mobil unimog tersebut. Nomor rangka dan nomor mesin tidak terdaftar di kepolisian. “Nomornya tidak sesuai dengan seharusnya,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Rikwanto di ruang kerjanya, Jumat (22/8/2014), seperti yang diberitakan liputan6.com.

Rikwanto menjelaskan, pemeriksaan yang dilakukan terkait keabsahan mobil yang digunakan para pendemo sebagai mobil komando. Mobil jenis Unimog yang terbilang langka itu memang sempat 2 kali dibawa pendemo selama sidang MK berlangsung. “Kita periksa nomor rangka dan mesin tidak terdaftar. Kita akan coba cek ke polda tetangga,” ungkap Rikwanto.

Ketiga mobil berukuran besar dengan corak loreng hijau itu memang hanya 1 yang berpelat nomor Jakarta. Sisanya berpelat nomor luar Jakarta. Ketiganya bernopol B 9321 TI, D 8139 DI, dan Z 8333 BM. Kondisi ketiga mobil itu juga mengalami kerusakan. Salah satunya mobil bernopol D 8139 DI. Kaca mobil tampak pecah di bagian depan. Tampak lubang besar di kaca depan. Bagian dalam pun penuh pecahan kaca.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: