//
Anda membaca...
Olahraga

Apa Alasan AC Milan Jual Mario Balotelli ke Liverpool?

Statistik Penampilan Mario Balotelli di AC Milan 2013-2014

Banyak pihak mempertanyakan alasan dibalik penjualan Mario Balotelli ke Liverpool terutama para Milanisti seluruh dunia. Benarkah AC Milan melakukan blunder membuat Rossoneri terancam makin kehilangan daya saingnya di Serie A? Atau mengapa harga jual striker timnas Italia itu dianggap sangat murah, hanya sekitar 16 juta poundsterling, harga yang hampir sama ketika Milan memboyongnya dari Manchester City?

Seperti yang dirilis oleh detik.com, memang penampilan Balotelli di Serie A musim lalu tidak begitu baik, hanya 14 gol tercipta. Jumlah itu jelas tidak buruk, apalagi mempertimbangkan Milan tengah dalam grafik menurun yang pada akhirnya cuma bisa finis di posisi delapan. Tapi Milanisti di seluruh dunia punya ekspektasi lebih tinggi pada Balotelli. Mereka ingin Balotelli mencetak lebih banyak gol, sebagaimana terjadi di enam bulan pertamanya dalam seragam Milan.

Ketika baru didatangkan dari Manchester City di musim dingin 2012, Balotelli membuat 12 gol dari 13 pertandingan paruh kedua kompetisi. Dalam kondisi Milan sangat terpuruk dan butuh sosok bintang untuk menjaring banyak gol, Balotelli sering dinilai malas. Dia memang kerap terlihat ogah-ogahan dan seperti kurang punya semangat bertarung di atas lapangan.

Bagaimanapun, melepaskan Balotelli bisa menjadi blunder besar buat Milan. Super Mario itu adalah pemain dengan skill paling oke sekaligus paling bertalenta di Milan. Sejak memulai debutnya dalam seragam Merah-Hitam pada Januari 2013, Balotelli menjadi pemain yang paling banyak mencetak gol di Serie A (26). Dalam kurun yang sama, di Premier League cuma Daniel Sturridge (30) dan Luis Suarez (37) yang mencetak lebih banyak gol dibanding Balotelli.

Bahkan saat Balotelli masih berada dalam skuat, Milan memiliki banyak gap dengan tim-tim papan atas lainnya. Gap itu kini makin besar setelah Balotelli pergi. Pertimbangan ekonomi dicurigai menjadi dasar keputusan Milan melepas striker internasional Italia itu. Apalagi Diavolo Rosso dalam beberapa tahun terakhir punya kebiasaan menjual pemain-pemain bernilai jual tertinggi yang mereka punya. Andriy Shevchenko dan Kaka mengawali tren tersebut, yang kemudian diikuti Zlatan Ibrahimovic plus Thiago Silva.

Milan kini memang belum pulih dari terpaan masalah keuangan, hal mana membuat mereka tidak mampu melakukan pembelian besar (kecuali dengan status pinjam atau bebas transfer). Ingat, pemasukan Milan juga akan terpangkas banyak musim mendatang karena mereka sama sekali tidak main di kompetisi Eropa. Betapa Milan tidak punya skuat yang oke mungkin bisa dilihat pada fakta bahwa pemain bergaji terbesar di skuat mereka saat ini adalah Phillipe Mexes.

Namun jika ekonomi menjadi dasar keputusan Milan melepas Balotelli, maka nilainya yang cuma sekitar 16 juta poundsterling layak dipertanyakan. Liverpool baru saja mendapat 75 juta poundsterling dari penjualan Luis Suarez. Karena Balotelli doproyeksikan akan menjadi penggantinya, Milan disebut paling tidak bisa meminta sampai kisaran 25 juta poundsterling.

Milan harus punya rencana sangat matang sebelum memutuskan melepas Balotelli. Filippo Inzaghi tinggal punya Giampaolo Pazzini yang berstatus penyerang tengah. Satu nama yang bakal sangat dinantikan adalah bintang muda Stephan El Shaarawy. Jika menyimak statistik Pazzini dan El Shaarawy yang lebih sering cedera musim lalu, Rossoneri jelas harus punya rencana cadangan.

Belanja pemain? Jika benar terjadi itu akan menjadi kejutan besar. Kondisi keuangan yang kurang oke telah memaksa Milan sangat pasif menggelontorkan uangnya untuk membeli pemain baru. Beberapa nama memang sempat digosipkan tengah jadi incaran Milan, mulai dari Alvaro Negredo, Luis Muries (Udinese), Mattia Destro sampai Radamel Falcao.

Siapa yang akhirnya datang akan sangat mempengaruhi daya saing Milan di musim 2014/2015, yang akan kick off 30 Agustus mendatang. Menurut para milanisti, siapakah pemain yang harus dibeli Milan yang pantas menggantikan posisi Mario Balotelli?

Liverpool Siapkan Klausul Khusus di Kontrak Balotelli

Mario Balotelli, dikabarkan Sky Sports akan terbang ke Inggris pada Jumat (22/8/2014) malam untuk menyelesaikan transfernya ke Liverpool. Namun, transfer diyakini belum akan selesai saat Liverpool melakoni laga Premier League melawan mantan klub Balotelli, Manchester City, di Etihad, Minggu (25/8/2014). Balotelli didatangkan Milan dari City pada Januari 2013 dan masih terikat kontrak hingga Juni 2017. Milan sudah mengonfirmasi bahwa mereka tengah menegosiasikan transfer Balotelli dengan Liverpool.

Menurut pemberitaan di Inggris, Liverpool dan Milan menyepakati nilai transfer Balotelli sebesar 16 juta poundsterling. Liverpool disebut memasukkan klausul soal perilaku baik dalam kontrak personal, yang harus ditandatangani Balotelli, jika Balotelli ingin transfer terealisasi. Jika betul begitu, boleh jadi Liverpool memasukkan klausul itu karena Balotelli suka melakukan hal-hal yang tidak lumrah, setidaknya untuk ukuran bagi pesepak bola profesional. Perilaku tidak lumrah itu antara lain merokok dan main petasan di dalam rumah.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: